5 Usaha Setelah Pensiun, Menarik untuk Dimanfaatkan!

5 Usaha Setelah Pensiun, Menarik untuk Dimanfaatkan!

5 Usaha Setelah Pensiun, Menarik untuk Dimanfaatkan!

  • Jun 03, 2023

Pensiun merupakan masa-masa yang bisa ditunggu-tunggu atau justru ditakuti oleh banyak orang. Ditunggu-tunggu karena Anda tidak perlu bekerja dengan datang ke kantor setiap hari lagi. Namun, juga ditakuti karena tentu Anda tidak akan mendapatkan penghasilan tiap bulan seperti sedia kala. Oleh karenanya banyak yang melakukan usaha setelah pensiun untuk mendapatkan penghasilan.

Namun, berbisnis tidaklah sama dengan bekerja kantoran yang terkadang memiliki aktivitas yang sama. Apalagi jika sebelumnya Anda bukan bekerja di perusahaan yang berlatar belakang bisnis atau penjualan. Hal ini membuat banyak dari para pensiunan yang bingung untuk melakukan apa setelah dibebastugaskan dari posisinya.

Usaha Setelah Pensiun yang Bisa Dilakukan

Setelah pensiun ngapain? Pertanyaan tersebut mungkin sering berputar pada orang tua yang akan memasuki masa pensiun. Umumnya, usia pensiun adalah kurang lebih 60 tahun, tergantung kebijakan dari perusahaan di mana Anda bekerja.

Pensiun mengharuskan Anda untuk tidak bekerja lagi karena sudah memasuki usia tidak produktif. Terkadang ada orang-orang yang merasa bosan karena sudah tidak bekerja lagi. Ada juga yang merasakan perekonomiannya kurang karena sudah tidak bekerja lagi.

Oleh karena itu, Anda bisa membuka sebuah bisnis atau usaha agar tidak bosan dan tetap mendapatkan penghasilan. Berikut adalah beberapa contoh usaha yang cocok dilakukan untuk para pensiunan:

a. Rumah Kos atau Kontrakan

Usaha setelah pensiun yang bisa dilakukan adalah bisnis rumah kos atau kontrakan. Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki tempat tinggal yang dekat dengan kantor, kampus, atau tempat ramai lainnya. Tidak hanya mudah dalam mengelolanya, tapi kos-kosan dan kontrakan ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Artinya, usaha ini tidak akan mati dan akan semakin naik tiap tahunnya. Namun, tentu saja Anda perlu merawatnya dengan baik agar banyak yang tertarik.

b. Toko Kelontong

Selain usaha tempat tinggal, toko kelontong juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sudah pensiun. Toko kelontong adalah usaha di mana Anda menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari, seperti beras, bumbu dapur, sabun, dan lain sebagainya.

Jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar sehingga bisa dijalankan siapa saja. Anda tinggal membuka toko kelontong di rumah atau tempat ramai lainnya, nantinya pembeli akan datang dengan sendirinya.

c. Bisnis Properti

Usaha setelah pensiun selanjutnya adalah bisnis properti. Walaupun sulit dan membutuhkan modal yang besar, tapi bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang tidak akan terdampak inflasi. Sebab, harga tanah dan bangunan sulit untuk turun, justru akan terus naik tiap tahunnya.

Dengan mempunyai sebidang tanah, Anda bisa melakukan investasi yang menguntungkan.

d. Usaha Persewaan

Tidak hanya tempat tinggal yang bisa Anda sewakan, tapi juga barang-barang yang mungkin diperlukan orang lain dalam waktu yang singkat. Contohnya adalah alat-alat pertanian, genset, mobil, sound system, peralatan untuk pernikahan, hingga tenda sekalipun.

Anda dapat memanfaatkan kebutuhan tersebut dan dijadikan sebagai bisnis persewaan. Umumnya, orang akan menyewakan barang-barang tertentu dengan batas waktu tertentu dan biaya yang telah ditentukan.

e. Bisnis Franchise

Berbisnis dengan cara waralaba juga bisa menjadi usaha setelah pensiun, lho. Bisnis waralaba atau franchise cocok bagi Anda yang ingin berbisnis tapi tidak memiliki pengetahuan memulai usaha yang cukup.

Sebab, melalui waralaba Anda hanya tinggal menyiapkan modal, lalu segala urusan untuk pembukaan bisnis atau gerai akan diurus oleh pihak franchisor. Bahkan, dalam perjalanannya Anda akan terus diberikan pelatihan mengenai cara mengelola bisnis yang baik.

Oleh karenanya, Apotek K-24 cocok untuk Anda yang sudah pensiun dan memiliki modal tapi bingung ingin digunakan untuk apa. Apotek K-24 menggunakan sistem waralaba yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan ketika sudah pensiun nanti.

Caranya mudah sekali, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka gerai Apotek K-24 sekarang juga. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat