Brand Image Adalah: Indikator dan Pentingnya dalam Bisnis

Brand Image Adalah: Indikator dan Pentingnya dalam Bisnis

Brand Image Adalah: Indikator dan Pentingnya dalam Bisnis

  • Jun 10, 2023

Banyak pihak yang mengatakan brand image adalah suatu hal yang penting dan berdampak besar pada peningkatan penjualan bisnis. Hal ini karena brand merupakan garda paling depan dari sebuah produk dan hal yang dilihat langsung oleh masyarakat luas. Tanpa adanya brand image, sebuah produk atau jasa tidak akan bisa dikenal masyarakat dengan mudah.

Mungkin Anda sudah sering melihat gerai Apotek K-24 yang memiliki dominan warna hijau, kuning, dan merah. Berangkat dari namanya sendiri, Apotek K-24 sebenarnya hadir dengan citra merek yang komplit persediaan obatnya dan buka selama 24 jam. Hal ini bermula karena pendiri Apotek K-24 yang sulit untuk mendapatkan obat di tengah malam.

Brand Image Adalah…

Melihat penjelasan di atas, Apotek K-24 sendiri sejak awal sudah membentuk image di mana pada saat itu menjadi satu-satunya gerai apotek yang buka selama 24 jam. Jika demikian, sebenarnya apa itu brand image yang dikatakan sangat penting ini?

Pada umumnya, brand image adalah impresi atau kesan dari masyarakat terhadap brand yang Anda hadirkan. Impresi ini tentu hadir dari popularitas secara umum dan juga pengalaman serta interaksi masyarakat dengan brand Anda.

Persepsi masyarakat ini tentu bisa berubah dari waktu ke waktu dan tidak akan selalu berkaitan dengan layanan. Namun, untuk menjaga brand image agar tetap konsisten tentu Ada perlu memberikan produk atau layanan yang benar-benar mencerminkan identitas brand.

Oleh karena itu, membangun brand image tidaklah mudah dan memerlukan waktu yang panjang.

Pentingnya Brand Image

Masih banyak pebisnis yang mungkin belum sadar akan betapa pentingnya brand image. Sebab, tanpa adanya brand image yang kuat, maka tidak akan ada kesan menarik di dalam benak masyarakat terhadap merek Anda.

Berikut adalah beberapa pentingnya brand image untuk bisnis Anda:

  • Pelanggan akan lebih tertarik untuk mencari tahu bisnis Anda apabila brand terlihat unik di luar.

  • Dapat membentuk segmen pasar yang tepat. Ketika masyarakat atau pelanggan sudah tertarik dengan brand Anda, maka mereka akan mencari layananmu lebih dalam dan hal ini bisa menciptakan segmen pasar yang solid.

  • Pentingnya brand image adalah bisa meningkatkan daya tarik agar masyarakat mau untuk berinteraksi dengan merek Anda. Kesan yang positif nantinya dapat membantu dalam menyebarluaskan layanan brand.

  • Selain menarik perhatian dan mendatangkan pelanggan baru, brand image juga penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Indikator Brand Image

Membangun brand image tentu tidak boleh sembarangan dan tidak bisa hanya dalam waktu singkat saja. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan tadi, brand image datang dari pengalaman dan interaksi masyarakat terhadap brand Anda.

Ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan ketika membangun brand image, yaitu:

  • Cara memasarkan atau mengenalkan brand.

  • Variasi layanan atau produk yang ditawarkan.

  • Keunikan dari brand Anda.

  • Desain dari gerai, website, dan lokasi bisnis.

  • Hal yang istimewa bagi pelanggan.

  • Kemudahan masyarakat dalam berinteraksi dengan brand Anda.

Melihat penjelasan di atas, tidak salah jika membangun brand image membutuhkan waktu lama dan tenaga yang lebih. Hal inilah yang mungkin membuat banyak pengusaha tidak sabar dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, sebenarnya Anda bisa menggunakan bisnis franchise yang mereknya sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Contohnya saja waralaba Apotek K-24, sebuah bisnis apotek yang bisnisnya telah berjalan lebih dari 20 tahun dan memiliki brand image di masyarakat.

Caranya sangat mudah untuk mendapatkannya, Anda tinggal menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka gerai dengan brand lokal. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan mengenai brand image adalah serta pentingnya brand image, semoga dapat bermanfaat!

  

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat