Industri Farmasi Adalah: Pengertian dan Contohnya di Yogyakarta

Industri Farmasi Adalah: Pengertian dan Contohnya di Yogyakarta

Industri Farmasi Adalah: Pengertian dan Contohnya di Yogyakarta

  • Jun 30, 2023

Industri farmasi adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan, bahkan menduduki posisi teratas di area ASEAN. Peluang ini terus meningkat karena kebutuhan dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat juga semakin meningkat. Apalagi dengan kondisi jumlah penduduk Indonesia yang mencapai angka 270 juta lebih.

Oleh karenanya, potensi pasar untuk bisnis farmasi di Indonesia ini sangatlah besar. Peningkatan peluang pada bisnis farmasi ini juga dikarenakan adanya peristiwa COVID-19 yang terjadi di semua negara. Hal ini membuat berbagai produk obat dan multivitamin selalu dibutuhkan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, industri farmasi sangat berkembang dengan baik di Indonesia.

Industri Farmasi Adalah…

Selama perjalanannya, industri farmasi di Indonesia berkembang dengan pesat. Ada beberapa indikator yang mendorong perkembangan tersebut, yaitu:

  • Jumlah penduduk Indonesia yang selalu meningkat.

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

  • Semakin mudahnya akses pada obat dan meningkatnya perekonomian negara.

  • Ada BPJS yang bisa dimanfaatkan.

Hakikatnya, industri farmasi adalah sebuah badan usaha yang sudah mendapatkan izin dari Menteri kesehatan untuk membuat obat. Sedangkan berdasarkan KBBI, obat merupakan bahan yang berfungsi untuk mengurangi, menghilangkan penyakit, atau menyembuhkan seseorang dari penyakit.

Bahan-bahan yang dimaksud ini termasuk produk biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan, dan kontrasepsi untuk manusia.

Selain memproduksinya, industri farmasi juga bisa mendistribusikan hasil produksi ke apotek, klinik, instalasi rumah sakit, pedagang besar farmasi, dan pusat kesehatan lainnya. distribusi obat-obatan ini harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan supaya tidak terjadi kerusakan.

Kualitas obat dari industri farmasi harus memenuhi ketentuan dan standar yang sudah ditentukan. Ada faktor yang mempengaruhi kualitas obat, yaitu: bahan baku, peralatan untuk membuat obat, hingga bahan untuk mengemas obat.

Tujuan dari industri farmasi adalah untuk mendapatkan obat yang bermutu baik (quality), ada khasiat (efficacy), dan aman digunakan masyarakat (safety). Oleh karena itu, ada panduan dalam memproduksi obat, biasanya dikenal dengan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik).

CPOB juga dapat berguna untuk mengendalikan mutu obat. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas atau mutu benar-benar masuk dan dibentuk di dalam produk obat.

ODIXA Pharma Laboratories sebagai Industri Farmasi

Salah satu contoh industri farmasi yang ada di Yogyakarta adalah PT ODIXA Pharma Laboratories. Pabrik obat herbal berlokasi di Sentolo, Kulon Progo, dan sudah berdiri sejak tahun 2020 lalu. Latar belakang berdirinya industri farmasi ini adalah keprihatinan dr. Gideon Hartono terhadap beberapa hal, yaitu:

  • Penelitian anak bangsa Indonesia kurang dihargai.

  • Keanekaragaman tanaman obat dengan efek terapeutik di Indonesia yang belum termanfaatkan dengan baik.

  • Harga jual obat yang semakin mahal.

  • Masih banyak produk kosmetik yang menggunakan bahan kimia dan berbahaya untuk kulit.

  • Adanya peredaran obat herbal yang masih dicampur dengan bahan-bahan kimia.

dr. Gideon Hartono sebagai pendiri Apotek K-24, mengharapkan kekayaan tanaman di Indonesia ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik. Tujuan ODIXA Pharma Laboratories sebagai industri farmasi adalah menghasilkan produk-produk kesehatan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Anda dapat menemukan produk-produk dari ODIXA Pharma Laboratories ini di Apotek K-24 terdekat. Jadi, kalau Anda ingin ikut dalam menyalurkannya ke masyarakat, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang menguntungkan ini.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat