Sarana Prasarana Apotek yang Dibutuhkan untuk Membuka Bisnis

Sarana Prasarana Apotek yang Dibutuhkan untuk Membuka Bisnis

Sarana Prasarana Apotek yang Dibutuhkan untuk Membuka Bisnis

  • Jul 04, 2023

Dalam mendirikan bisnis apotek , Anda tidak boleh sembarangan membangun bangunan begitu saja. Sebab, menurut Permenkes Nomor 14 Tahun 2021, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, mulai dari lokasi, bangunan, ketenangan, sarana prasarana, dan peralatan. Jika demikian apa saja sarana dan prasarana apotek yang harus disiapkan dalam bisnis apotek?

Apabila persyaratan dalam peraturan belum terpenuhi, maka Anda belum bisa melakukan standar pelayanan kefarmasian yang baik. Tidak hanya itu saja, apotek yang Anda bangun tidak akan memiliki perlindungan hukum, baik dari tenaga kefarmasian, karyawan, bahan pelanggan sekalipun. Oleh karena itu, penting sekali untuk memenuhi persyaratan yang ada, salah satunya sarana dan prasarana.

Sarana dan Prasarana Apotek yang Dibutuhkan

Pada umumnya, sarana dan prasarana menjadi faktor penting dalam menunjang aktivitas manusia. Lebih jelasnya, sarana dan prasarana merupakan semua benda, baik bergerak atau tidak, yang berguna untuk meraih tujuan bersama.

Walaupun terbilang mirip, sarana dan prasarana ini merupakan dua hal yang berbeda. Sarana dan prasarana dalam apotek sendiri memiliki fungsi untuk menjamin pelayanan kefarmasian dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sarana dan prasarana:

a. Sarana Apotek

Dalam menjalankan pelayanan dan aktivitas lainnya, apotek membutuhkan sarana ruang yang lengkap. Berdasarkan Permenkes Nomor 14 Tahun 2021, bangunan apotek memerlukan saran ruang paling tidak 6 jenis, yaitu:

  • Ruang penerimaan resep, yang biasanya ditempatkan di bagian depan dan harus terlihat oleh pelanggan yang datang. Pada ruang resep membutuhkan satu set meja, kursi, dan komputer untuk melakukan input penjualan.

  • Ruang pelayanan resep atau peracikan, yang umumnya berupa ruangan berisikan rak obat sesuai kebutuhan dan meja untuk meracik obat.

  • Ruang penyerahan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan BMHP. Ruangan ini biasanya digabungkan dengan ruang penerimaan resep kareena berupa konter penyerahan obat.

  • Ruang konseling, yang salah satu syaratnya harus menjamin privasi pelanggan karena berguna untuk proses interaktif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman obat. Umumnya, ruangan ini memiliki satu set meja kursi, buku referensi, poster, alat bantu konseling, buku catatan, dan lain-lain.

  • Ruang penyimpanan sediaan farmasi, alat kesehatan, BMHP, dan komoditi lainnya.

  • Ruang arsip, yang berfungsi untuk menyimpan dokumen aktivitas pengelolaan dan dokumen catatan pelayanan.

b. Prasarana Apotek

Sarana dan prasarana apotek tidak hanya berkaitan dengan ruang bangunan saja. Oleh karena itu, apotek juga perlu dilengkapi dengan prasarana yang sesuai, seperti:

  • Instalasi air bersih dan sanitasi

  • Instalasi listrik

  • Sistem penerangan

  • Instalasi sirkulasi udara atau ventilasi

  • Sistem proteksi kebakaran

  • Sistem komunikasi

  • Papan nama apotek

Nah, itu dia sarana dan prasarana apotek yang dibutuhkan jika Anda ingin membuat bisnis farmasi. Kelengkapan sarana dan prasarana in sangat diperlukan ketika Anda mengurus izin apotek, lho. Jadi, berbagai syarat ini jangan sampai ketinggalan demi kelangsungan bisnis.

Persyaratan apotek yang lengkap ini tidak akan tertinggal apabila Anda menggunakan waralaba Apotek K-24 sebagai bisnis Anda. Sebab, melalui franchise, semua kebutuhan gerai apotek Anda akan diatur atau disiapkan oleh pihak franchisor.

Apotek K-24 adalah apotek asli Indonesia yang buka selama 24 jam dan sudah berdiri lebih dari 20 tahun. Artinya, bisnis franchise ini sudah dipercaya dapat memberikan keuntungan yang berkelanjutan.

Segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka gerai dengan brand lokal. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat