Pendapatan Pasif dan Aktif, Apa Bedanya?

Pendapatan Pasif dan Aktif, Apa Bedanya?

Pendapatan Pasif dan Aktif, Apa Bedanya?

  • Jul 10, 2023

Hidup tenang dan finansial terjamin pastinya menjadi impian semua orang, apalagi jika sudah mulai memasuki masa tua. Dengan finansial yang stabil, Anda bisa memenuhi kebutuhan, bahkan menjalankan lifestyle yang diinginkan. Keuangan yang stabil ini bisa Anda dapatkan melalui pendapatan pasif dan aktif yang mungkin dilakukan semasa hidup. Namun, apa beda keduanya?

Dewasa ini, tidak heran apabila seseorang memiliki sumber penghasilan lebih dari satu, mulai dari full time, kerja sampingan, investasi, dan lain-lain. Walaupun berbagai kegiatan tersebut sama-sama menghasilkan uang atau pendapatan, tapi apa Anda tahu kalau jenis penghasilan ini bisa terbagi menjadi dua jenis? Ada active income dan juga passive income.

Perbedaan Pendapatan Pasif dan Aktif

Secara umum, pendapatan aktif merupakan semua penghasilan yang datangnya dari hasil melakukan tugas dengan imbalan uang. Pendapatan ini bisa Anda peroleh setiap hari, minggu, atau bulan, tergantung pekerjaan dan perjanjian yang Anda miliki.

Sedangkan penghasilan pasif adalah pemasukan yang bisa Anda peroleh melalui aset aktif yang mungkin Anda miliki. Artinya, bukan Anda yang bekerja secara aktif, tetapi aset atau kekayaan Anda lah yang menghasilkan pendapatan.

Kedua jenis penghasilan ini sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai finansial yang stabil. Walaupun memiliki tujuan yang sama, pendapatan pasif dan aktif ini memiliki perbedaan, yaitu:

Cara Mendapatkannya

Pendapatan aktif biasanya akan diperoleh ketika Anda sudah melakukan suatu pekerjaan atau usaha. Apabila pekerjaan selesai, maka Anda akan mendapatkan bayaran yang setimpal, biasanya disebut dengan gaji, komisi, atau honor.

Sedangkan pendapatan pasif seperti namanya, Anda tidak perlu aktif bekerja tapi penghasilan sudah datang dengan sendirinya. Penghasilan ini datang dari investasi, sewa properti, atau royalty suatu karya yang bisa berjalan terus-menerus.

Cara Kerja

Gambaran yang tepat dari active income adalah manusia harus mengejar uang tersebut. Sebab, Anda harus bekerja atau menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu baru akan mendapatkan sejumlah uang. Berbeda dengan passive income, di mana Anda perlu mengalokasikan sejumlah aset, materi, atau kekayaan lainnya.

Nantinya, aset-aset tersebutlah yang akan bekerja untuk manusia, sehingga uang penghasilan atau uang akan masuk ke rekening tanpa harus Anda kejar-kejar.

Besar Nominal

Perbedaan pendapatan pasif dan aktif yang selanjutnya adalah dari besaran nominal penghasilan. Pada umumnya, nominal dari pendapatan aktif akan bergantung pada kualitas atau kuantitas pekerjaan yang dilakukan. Artinya, keterampilan atau keahlian akan mempengaruhi besaran jumlah pendapatan.

Sementara jumlah nominal dari pendapatan pasif biasanya tergantung pada jumlah modal yang digunakan. Selain itu, biasanya passive income akan dihitung berdasarkan persentase.

Risiko

Dalam perjalanannya, pendapatan aktif tidak memiliki risiko karena jarang mengalami pengurangan. Sebab, sudah ditentukan dalam perjanjian atau ada dasar minimal penghasilan. Berbeda dengan passive income yang bisa berubah-ubah setiap waktu.

Hal ini karena passive income banyak berasal dari investasi, di mana harganya bisa naik atau turun atau bahkan mengalami cut loss. Keadaan tersebut merupakan saat ketika Anda mengalami kerugian ketika berinvestasi.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, maka berbisnis menggunakan franchise Apotek K-24 termasuk dalam sumber penghasilan pasif (passive income). Sebab, Anda hanya perlu menggunakan modal awal sebagai franchise fee dan setelahnya anda akan memiliki gerai apotek yang diinginkan.

Seluruh pembangunan gerai hingga operasi bisnis akan dibantu secara penuh dari franchisor. Artinya, Anda tidak perlu repot-repot mengurus bisnis dari awal yang kadang bisa menghabiskan banyak waktu. Melalui franchise Apotek K-24, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan.

Jadi, jika ingin mendapatkan pendapatan pasif tanpa harus bekerja secara aktif, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan jenis investasi jangka panjang ini.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat