Brand Experience Adalah: Pengertian, Indikator, dan Manfaat

Brand Experience Adalah: Pengertian, Indikator, dan Manfaat

Brand Experience Adalah: Pengertian, Indikator, dan Manfaat

  • Jul 13, 2023

Brand experience adalah salah satu faktor yang membuat Apotek K-24 bisa mendapatkan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023. Artinya, keberadaan dari brand experience ini sangat penting untuk mengukur seberapa masyarakat mengenal brand yang Anda miliki. Jika demikian, sebenarnya apa itu brand experience dan sebagaimana pentingnya untuk membangunnya?

Berbicara mengenai brand memang tidak sesimpel Anda membuat logo dan nama saja. Namun, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk dan mengembangkan sebuah brand, mulai dari brand image, brand identity, brand positioning, brand awareness, dan lain sebagainya. Semua faktor tersebut sama-sama memiliki tujuan utama untuk mengenalkan dan dipahami masyarakat.

Brand Experience Adalah…

Dalam sebuah brand tidak hanya identitas dan bagaimana Anda mengenalkan ke masyarakat yang penting. Namun, Anda juga perlu memikirkan bagaimana pengalaman pelanggan terhadap brand yang Anda ciptakan.

Sebab, pengalaman inilah yang nantinya akan terukir di pikiran masyarakat dan membuat mereka mengenali secara dalam. Hal inilah cara kerja dari brand experience yang menjadi kunci utama dalam mengenalkan brand ke masyarakat umum.

Secara umum, brand experience adalah perilaku atau reaksi pelanggan terhadap brand yang sedang dihadapi. Ebrahim et al. dalam jurnalnya mengartikan brand experience sebagai subjek dan respon masyarakat yang muncul pada tingkatan interaksi secara langsung atau tidak langsung.

Reaksi pelanggan atau konsumen ini terdiri dari sensorial experience, intellectual experience, emotional experience, dan behavioral experience. Pengalaman yang tak terlupakan merupakan salah satu dasar untuk membangun kepercayaan, preferensi, dan komitmen terhadap sebuah merek.

Indikator dari Brand Experience

Sebuah pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik dan yang paling berharga. Artinya, pengalaman akan lebih melekat pada pikiran pelanggan daripada hanya kata-kata saja. Dalam mendapatkan brand experience, ada beberapa indikator yang perlu dikenali.

Indikator-indikator dari brand experience adalah:

  • Sensorial experience, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik jika menggunakan produk secara langsung.

  • Emotional experience, hal ini akan muncul ketika pelanggan sudah merasakan pengalaman, seperti rasa senang, kecewa, takut, atau yang lainnya.

  • Intellectual experience, yang didapatkan ketika pelanggan mendapatkan informasi tentang produk/jasa. Informasi ini bisa berupa harga, promo, dan lain-lain.

  • Behavioral experience, ketika pengalaman pertama diulangi terus-menerus.

Manfaat Brand Experience

Brand experience dikatakan sebuah hal yang krusial karena manfaatnya terhadap brand yang Anda miliki. Salah satu peran penting dari brand experience adalah meningkatkan permintaan konsumen secara keseluruhan melalui pemahaman akan brand preference.

Preferensi ini nantinya akan menjadi kunci utama dalam menciptakan strategi pemasaran yang cocok dan baik untuk masyarakat. Selain itu, Asian Journal of Management Sciences & Education menjelaskan bahwa brand experience bisa meningkatkan brand loyalty hingga citra merek (brand image).

Tidak hanya itu saja, brand experience yang baik juga akan meningkatkan customer willingness-to-pay (kesediaan pelanggan untuk membayar produk/jasa).

Urgensi dari brand experience inilah yang membawa Apotek K-24 untuk mendapatkan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023. Selama perjalanannya, Apotek K-24 selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan kefarmasian terhadap masyarakat.

Melalui pelayanan inilah, masyarakat akan percaya terhadap Apotek K-24. Oleh karena itu, jika Anda ingin ikut dalam membangun pelayanan bersama Apotek K-24, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat