Surat Izin Apotek Adalah: Pengertian dan Dasar Hukumnya

Surat Izin Apotek Adalah: Pengertian dan Dasar Hukumnya

Surat Izin Apotek Adalah: Pengertian dan Dasar Hukumnya

  • Agust 25, 2023

Surat izin apotek adalah salah satu berkas penting yang harus Anda miliki ketika ingin mendirikan bisnis apotek. Sebab, tanpa adanya perizinan tersebut, Anda bisa dianggap melakukan praktik ilegal dalam bidang farmasi. Oleh karena itu, Anda perlu mengurus hingga tuntas berbagai perizinan yang dibutuhkan ketika akan membangun bisnis apotek di Indonesia.

Sama dengan izin lokasi, izin bangunan, dan izin usaha, surat izin apotek ternyata menjadi salah satu izin dasar yang harus ada pada bisnis apotek. Walaupun akses ke pemerintah sudah mudah, tapi mencari dan mengurus perizinan ini tidaklah gampang. Anda perlu menyiapkan berbagai berkas-berkas penting. Untuk lebih lanjutnya, lihat penjelasan di bawah ini.

Surat Izin Apotek Adalah…

Apotek dan apoteker memang memiliki hubungan yang sangat erat. Sebab, apoteker adalah satu-satunya orang atau profesi yang bisa menjalankan bisnis apotek dalam hal pelayanan kefarmasian. Selain itu, hal ini juga didukung oleh persyaratan dari surat izin apotek (SIA) yang harus memasukkan surat izin praktik apoteker (SIPA).

Oleh karena itu, sebelum mencari SIA, Anda terlebih dahulu sudah mengantongin SIPA dan surat tanda registrasi apoteker (STRA). Pada umumnya, SIA atau surat izin apotek adalah surat yang diterbitkan Dinas Kesehatan kabupaten/kota yang menunjukkan apotek berdiri secara sah di mata hukum.

Perizinan apotek ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Sektor Kesehatan. Proses pembuatan SIA tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, Anda perlu bersabar dan jeli dalam menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Jika Anda tetap ingin mendirikan bisnis apotek tapi masih bingung dalam mengurus perizinan apotek, maka gunakan saja franchise Apotek K-24. Melalui franchise Apotek K-24, Anda akan mendapat bantuan dari franchisor dalam proses mengurus perizinan.

Artinya, Anda tidak sendiri dalam mencari surat perizinan di pemerintahan. Jadi, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 kini sedang hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus 2023, lho. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih. Ada diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional atau cashback sebesar 20 juta franchise fee.

Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut. Demikian ulasan tentang surat izin apotek adalah, semoga bermanfaat. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat