Surat Izin Praktik Apoteker, Apakah Penting untuk Bisnis Apotek?

Surat Izin Praktik Apoteker, Apakah Penting untuk Bisnis Apotek?

Surat Izin Praktik Apoteker, Apakah Penting untuk Bisnis Apotek?

  • Agust 24, 2023

Dalam menjalankan bisnis apotek, Anda perlu mengurus beberapa surat izin yang penting untuk keberlangsungan usaha. Selain izin lokasi, izin bangunan, dan izin usaha, Anda juga perlu memikirkan bagaimana mengurus surat izin praktik apoteker (SIPA) atau mencari apoteker yang memiliki surat izin di lokasi setempat. Sebab, apoteker adalah bagian penting dalam operasi apotek yang harus ada.

Tanpa adanya apoteker dengan surat izin praktik, maka Anda tidak bisa mendirikan dan menjalankan bisnis apotek. Apotek adalah tempat pelayanan kefarmasian yang hanya bisa jalan jika terdapat apoteker yang mengurus gerai. Selain itu, untuk mendapatkan surat izin apotek, Anda harus mengantongi SIPA sebagai salah satu syaratnya

Apa itu Surat Izin Praktik Apoteker?

Apoteker adalah profesi kesehatan yang mempunyai spesialisasi dalam bidang kefarmasian, seperti menggunakan, menyimpan, dan menyediakan obat. Umumnya, apoteker bertugas untuk memberikan informasi obat sesuai resep, penelitian, dan pengujian obat baru.

Tidak hanya di apotek, para apoteker juga bisa bekerja di klinik kesehatan, rumah sakit, lembaga pemerintahan, dan universitas. Namun, dalam bertugas ini, apoteker tidak boleh sembarangan bekerja begitu saja. Sebab, paling tidak mereka harus memiliki izin praktik jika ingin melayani di bidang farmasi.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka bisnis apotek sangat penting untuk mencari apoteker yang memiliki SIPA. Surat izin praktik apoteker adalah legalitas yang diberikan pada apoteker untuk melaksanakan pelayanan kefarmasian di berbagai fasilitas kesehatan, seperti apotek, puskesmas, rumah sakit, dan lain-lain.

Surat izin yang satu ini akan diterbitkan oleh pemerintah kabupaten/kota setempat sesuai dengan lokasi apotek yang akan didirikan. Selain SIPA masih ada STRA atau surat registrasi apoteker, sebagai bukti bahwa apoteker sudah teregistrasi.

Kedua surat ini menjadi penting ketika Anda ingin merekrut apoteker yang akan bertanggung jawab pada apotek Anda. Mengurus SIPA atau mencari apoteker yang memiliki SIPA sesuai lokasi tentu tidak semudah yang dibayangkan.

Namun, beda keadaan jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24, yang nantinya proses rekrutmen apoteker akan dibantu oleh franchisor. Jadi, Anda tidak usah pusing memikirkan mencari di mana apoteker yang sudah memiliki surat izin praktik apoteker.

Jika tertarik, Anda tinggal menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih. Ada diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional atau cashback sebesar 20 juta franchise fee.

Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat