4 Cara Menghadapi Persaingan Bisnis agar Apotek Berjalan Lancar

4 Cara Menghadapi Persaingan Bisnis agar Apotek Berjalan Lancar

4 Cara Menghadapi Persaingan Bisnis agar Apotek Berjalan Lancar

  • Sept 07, 2023

Setiap bisnis yang dibangun pasti memiliki pesaing yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis, begitu pula dengan bisnis apotek . Dewasa ini, prospek bisnis apotek semakin menjanjikan, hal ini tentu saja membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membangun apotek. Akibatnya, muncul banyak persaingan bisnis. Lalu bagaimana cara menghadapi persaingan bisnis ini?

Apotek merupakan pelayanan kefarmasian yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia ketika ingin hidup sehat. Kebutuhan akan hidup sehat inilah yang membuat bisnis apotek banyak dicari-cari oleh para pengusaha. Jumlah gerai apotek di wilayah Indonesia sendiri selalu meningkat setiap tahunnya. Kementerian Kesehatan memperkirakan bahwa jumlah apotek ini akan terus meningkat melihat potensinya.

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis dalam Bisnis Apotek

Keadaan tersebut membuat persaingan bisnis apotek tidak dapat Anda hindari, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Melalui teknologi, Anda bisa mendapatkan banyak informasi sebagai bahan pembanding antara bisnis Anda dengan orang lain.

Adanya persaingan bisnis sebenarnya membawa manfaat untuk bisnis Anda. Sebab, melalui persaingan ini, Anda akan diajak untuk lebih berpikir kritis dan kreatif agar produk bisa terjual. Selain itu, setiap perusahaan akan meningkatkan kualitas produk yang diproduksi.

Oleh karena itu, dalam melawan persaingan bisnis ini, Anda perlu membangun strategi yang baik. Berikut beberapa cara menghadapi persaingan bisnis yang bisa dilakukan:

Riset Kompetitor

Setiap perusahaan pasti memiliki keunikan untuk menonjolkan produk yang akan dipasarkan. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis perlu mencari tahu siapa saja kompetitor dan apa saja kelebihan yang dimiliki.

Jika Anda mengetahui kelebihan yang pelanggan mereka sukai, maka Anda bisa membuat strategi bisnis yang lebih tepat untuk menandinginya. Artinya, Anda tidak perlu terlalu fokus pada siapa kompetitornya tapi lebih kepada apa keunggulan mereka.

Prioritaskan Kebutuhan Pelanggan

Dalam menghadapi persaingan bisnis, Anda perlu memprioritaskan kebutuhan dari pelanggan. Jika apotek Anda bisa mencukupi semua kebutuhan pelanggan, maka pelanggan juga akan senang untuk datang kembali.

Dengan menyediakan produk yang lengkap di apotek, maka Anda sudah selangkah lebih depan daripada pihak kompetitor. Sebab, ketika pelanggan tidak bisa menemukan apa yang dicari, maka mereka akan datang ke apotek Anda.

Fokus pada Target Penjualan

Cara menghadapi persaingan bisnis yang selanjutnya adalah dengan memfokuskan perhatian Anda pada target penjualan. Dengan menentukan target pasar yang jelas, maka Anda akan mudah dalam memasarkannya sehingga penjualan pun bisa meningkat.

Tingkatkan Value Apotek

Value apotek adalah nilai yang didapatkan oleh pelanggan ketika mendatangi apotek untuk membeli sebuah produk. Ketika pelanggan puas dengan pelayanan apotek Anda dan mendapatkan produk yang dicari, maka value apotek bisa meningkat.

Salah satu cara dalam meningkatkan value apotek ini adalah apotek harus dapat menjawab atau memberikan solusi dari pertanyaan dan kebutuhan pelanggan. Semakin tinggi value ini, semakin tinggi pula peluang pelanggan untuk menjadi loyal.

Nah, itu dia berbagai cara menghadapi persaingan bisnis yang bisa Anda terapkan pada bisnis apotek Anda. Apabila Anda memilih untuk menggunakan franchise Apotek K-24, maka dalam menghadapi persaingan bisnis ini Anda akan dibantu oleh pihak franchisor.

Jadi, Anda sebagai pemilik gerai apotek tidak akan sendiri dalam mengelola bisnis apotek, Jadi, tunggu apa lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis apotek yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat