Persaingan Bisnis Adalah: Pengertian dan Kata Para Ahli

Persaingan Bisnis Adalah: Pengertian dan Kata Para Ahli

Persaingan Bisnis Adalah: Pengertian dan Kata Para Ahli

  • Sept 08, 2023

Persaingan bisnis adalah hal yang biasa terjadi atau pasti ada setiap kali Anda membangun sebuah bisnis, baik bisnis kuliner, bisnis apotek, atau jenis bisnis lainnya. Hal ini karena pelaku bisnis di Indonesia tidak hanya 1 atau 2 saja, tapi bisa beratus-ratus hingga beribu-ribu. Jadi, tidak heran jika Anda perlu melakukan strategi yang cocok dalam menghadapi persaingan bisnis.

Anda mungkin sering mendengar kalimat seperti, “Susah jualan di sini, banyak saingan.” atau “Wah, tokonya lebih lengkap daripada toko itu.” dan lain sebagainya. Apabila Anda sudah melayangkan komentar seperti itu, tandanya Anda sudah merasakan apa itu persaingan bisnis. Apalagi jika Anda mengelola bisnis apotek, di mana perkembangan bisnis apotek ini cukup pesat tiap tahunnya.

Persaingan Bisnis Adalah…

Pada umumnya, persaingan usaha atau bisnis muncul karena para pebisnis saling berusaha untuk merebut hati pelanggan. Pelaku-pelaku bisnis ini berlomba-lomba untuk menawarkan produk dan jasa mereka yang menarik.

Menarik hati pelanggan sendiri perlu memperhatikan 3 faktor penting, yaitu segi harga, kualitas produk atau jasa, hingga pelayanan pada para pelanggan. Dalam memenangkan ketiga faktor tersebut, Anda harus bisa berinovasi, memanfaatkan teknologi dengan tepat, dan manajemen yang baik.

Selain itu, para pebisnis juga perlu mempelajari semua apa yang dimiliki oleh pesaingnya. Hal ini dapat berguna dalam membentuk strategi menghadapi persaingan bisnis di masa depan. Sebab, ketika persaingan bisnis sudah terjadi, para pelaku akan berupaya keras untuk menjadi pemenangnya.

Jadi singkatnya, persaingan bisnis adalah suatu keadaan di mana para pelaku usaha di bidang yang sama saling berlomba-lomba untuk mencapai tujuan bisnis, yaitu memenangkan pasar yang lebih besar. Hal ini berlaku pada semua jenis bisnis yang bukan monopoli, seperti bisnis kuliner atau bisnis apotek.

Persaingan Bisnis Menurut Para Ahli

Selain pengertian singkat di atas, ternyata banyak ahli dalam bidang ekonomi yang ikut mendefinisikan apa itu persaingan bisnis. Berikut adalah pengertian persaingan bisnis menurut para ahli yang penting untuk diketahui:

  • Marbun (2003), persaingan bisnis adalah usaha-usaha dari dua pihak perusahaan atau lebih yang masing-masing bergiat untuk memperoleh pesanan dan menawarkan harga yang menguntungkan.

  • Zahra dan Chaples, persaingan usaha merupakan sebuah proses di mana setiap perusahaan berusaha mengenali industri-industri yang ada, mulai dari pasar hingga pesaingnya.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian persaingan bisnis dan apa yang katakana para ahli. Persaingan bisnis ini sering terjadi pada bisnis apotek, apalagi melihat kini perkembangan apotek sangatlah pesat.

Jika Anda ingin membangun bisnis apotek tapi takut akan persaingan bisnis yang ada, maka gunakan saja franchise Apotek K-24. Dengan franchise Apotek K-24, Anda akan memasuki persaingan bisnis menggunakan brand yang sudah besar dan dipercaya masyarakat Indonesia.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis apotek yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

 Demikian penjelasan singkat mengenai persaingan bisnis adalah dan pengertiannya menurut para ahli, semoga bermanfaat.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat