Pelanggan Tidak Puas dengan Apotek Anda? Apa Alasannya?

Pelanggan Tidak Puas dengan Apotek Anda? Apa Alasannya?

Pelanggan Tidak Puas dengan Apotek Anda? Apa Alasannya?

  • Sept 14, 2023

Dalam berjalannya sebuah bisnis, apalagi bisnis apotek , kepuasan pelanggan sangatlah berharga bagi Anda sebagai pengusaha. Sebab, ketika pelanggan merasa puas, maka peluang untuk mereka datang kembali begitu besar. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan bisa menjadi faktor penting dalam berkembangnya bisnis apotek. Lalu apa saja penyebab pelanggan tidak puas dengan apotek Anda?

Pelanggan yang merasa tidak puas dengan satu apotek, maka akan kecewa dan mencari apotek lainnya yang dapat memuaskannya. Oleh karena itu, seberapa pelanggan puas dengan apotek Anda, maka akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis apotek. Sebab, dengan pengalaman yang baik, pelanggan akan memberikan rasa percaya pada apotek Anda dan nantinya menjadi loyal.

Penyebab Pelanggan Tidak Puas terhadap Apotek

Penting bagi Anda sebagai pemilik apotek untuk memuaskan pelanggan yang datang ke apotek Anda. Selain mendapatkan pelanggan yang loyal, apotek Anda juga akan mengalami peningkatan penjualan. Jadi, jangan sampai Anda menyepelekan pelanggan yang datang, ya, walau hanya berjumlah sedikitpun.

Nah, berikut adalah beberapa alasan mengapa pelanggan merasa tidak puas dengan apotek Anda yang tentu saja harus diwaspadai:

Tidak Mendapatkan Produk yang Dicari

Calon pelanggan datang ke apotek untuk mendapatkan produk kesehatan, seperti obat, alat kesehatan, dan lain-lain. Jika pelanggan datang dan tidak mendapatkan produk yang dicari, maka tentu saja akan merasa kecewa. Tentu saja untuk memenuhi kebutuhannya, pelanggan tersebut akan datang ke apotek lainnya.

Ketika pelanggan merasa kecewa, maka mereka akan malas untuk datang kembali ke apotek Anda. Jadi, persediaan obat ini sangat penting untuk berlangsungnya bisnis apotek.

Pelayanan Buruk

Alasan pelanggan tidak puas lainnya adalah pelayanan dari apotek yang buruk, tidak ramah, dan tidak menyelesaikan masalah pelanggan. Pelayanan yang tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan nantinya akan membuat pelanggan merasa jengkel, tidak nyaman, dan marah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk apoteker melayani dengan ramah dan tidak menampakkan wajah jutek. Apoteker bisa menerapkan salam, sapa, empati, dan sigap untuk melayani pelanggan.

Harga Kemahalan

Harga produk yang kurang pas dengan dompet pelanggan juga bisa menjadi penyebab pelanggan tidak puas dengan apotek Anda. Ketika Anda menerapkan harga yang terlalu maha, maka pelanggan bisa saja pergi dan memilih produk dengan harga yang lebih murah di tempat lain.

Metode Pembayaran Terbatas

Dewasa ini, metode pembayaran produk tidak hanya menggunakan uang tunai (cash) saja. Kini banyak orang yang lebih suka menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau QRIS (barcode) dari m-banking. Hal ini karena dinilai lebih praktis dan tidak perlu membawa banyak uang.

Nah, jika Anda sebagai pemilik apotek tidak menyediakan metode pembayaran yang sangat beragam ini, maka pelanggan akan kebingungan untuk membayarnya. Jadi, Anda harus menyesuaikan pelanggan dengan menyediakan berbagai metode pembayaran.

Apotek Tidak Terlihat Bersih

Tampang depan atau pemandangan apotek ternyata bisa mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Biasanya pelanggan tidak puas jika apotek terlihat kotor, tatakan yang tidak rapi, dan pertukaran udara yang buruk.

Kerapihan etalase dan kebersihan memang berperan penting untuk pelanggan dalam memberi keputusan apakah jadi datang ke apotek Anda atau tidak.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika Anda membuka dan mengelola bisnis apotek ke depannya. Ingat, kepuasan pelanggan adalah kunci penting dalam berlangsungnya bisnis apotek. Sebab, tanpa adanya pelanggan, bisnis Anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Alasan-alasan pelanggan tidak puas di atas sebenarnya bisa dikurangi atau ditangani dengan menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, Apotek K-24 sudah memiliki SOP pelayanan yang efektif. Selain itu, tatanan apotek yang rapi nantinya juga akan dibantu dari pihak franchisor.

Dengan franchise Apotek K-24, dalam mengelola bisnis apotek ini Anda akan didukung dan dibantu dengan penuh dari franchisor. Jadi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis apotek yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat