Skill Apoteker Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Bisnis Apotek?

Skill Apoteker Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Bisnis Apotek?

Skill Apoteker Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Bisnis Apotek?

  • Sept 20, 2023

Apotek adalah sebuah bisnis yang menyediakan produk farmasi dan memberikan pelayanan kefarmasian. Untuk bisa berjalan dengan lancar, bisnis apotek tentu membutuhkan seorang apoteker agar bisa tumbuh dan berkembang. Sebab, apotek hanya bisa dijalankan oleh apoteker dalam hal pelayanan. Jika demikian, apa saja skill apoteker yang dibutuhkan dalam bisnis apotek?

Menurut Permenkes Nomor 14 Tahun 2021, apotek dapat diselenggarakan oleh pelaku perseorangan dan non-perseorangan. Hal ini berarti apabila pelaku usaha ada seorang apoteker, maka bisa menjadi penanggung jawab dan pemilik sarana. Namun, bila pemilik sarana ini bukanlah apoteker, maka harus bekerja sama dengan apoteker agar bisa membangun bisnis apotek.

Skill Apoteker untuk Bisnis Apotek

Peran apoteker dalam bisnis apotek sangatlah penting sehingga mereka memerlukan banyak kemampuan yang bisa membantu perkembangan bisnis. Sebab, apoteker ini seperti menjadi garda terdepan dalam perjalanan bisnis apotek.

Tanpa apoteker, apotek tidak akan bisa berjalan dengan baik dan mendapat kepercayaan dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu, berikut beberapa kemampuan apoteker yang mungkin harus dimiliki agar bisnis apotek bisa bertahan dan berkembang dengan baik:

Kemampuan Pengelolaan Persediaan

Apoteker tentu harus memiliki kemampuan pengelolaan persediaan farmasi, alat kesehatan, dan BMHP yang baik dan benar. Cara kerja dari pengelolaan persediaan ini sendiri sudah diatur dalam Permenkes Nomor 73 Tahun 2016, jadi para apoteker hanya perlu menyesuaikannya.

Skill apoteker dalam pengelolaan persediaan ini di antaranya:

  • Membuat perencanaan pengadaan produk sesuai dengan kebutuhan apotek.

  • Memperhatikan legalitas PBF sebelum memesan sebuah produk.

  • Melakukan penerimaan produk sesuai dengan surat pesanan yang tertera dalam kondisi yang baik.

  • Paham cara menyimpan obat sesuai dengan stabilitas obat.

  • Mengerti cara memusnahkan obat yang rusak, kadaluarsa, atau dicabut izin edarnya.

  • Melakukan pengendalian persediaan obat dan alat kesehatan.

  • Paham dalam pencatatan yang ada di apotek, mulai dari pesanan, faktur, kartu stok, dan lain sebagainya.

Kemampuan Pelayanan Kefarmasian

Selain mengurus persediaan obat, skill apoteker yang diperlukan adalah melakukan pelayanan kefarmasian kepada pelanggan atau calon pasien. Pelayanan yang satu ini berhubungan erat dengan obat yang akan diberikan kepada pasien. Jadi, beberapa pelayanan kefarmasian ini bisa berupa:

  • Melakukan pengkajian resep obat, baik dari segi administratif dan kesesuaian farmasetik.

  • Dapat menyiapkan, menyerahkan, dan memberikan informasi obat kepada pelanggan.

  • Melayani obat non-resep dan memilihkan obat bebas atau obat bebas terbatas yang cocok untuk pasien.

  • Melakukan konseling tentang obat kepada pasien.

  • Bisa melakukan pelayanan kefarmasian di rumah-rumah masyarakat sekitar apotek.

  • Pemantauan dan monitoring efek samping obat.

Kemampuan Entrepreneur

Selain yang berhubungan dengan kefarmasian atau obat-obatan, skill apoteker yang dibutuhkan dalam bisnis apoteker adalah kemampuan entrepreneur. Umumnya, kemampuan kewirausahaan yang dibutuhkan dalam bisnis apotek adalah kepemimpinan, kreatif dan inovatif, komunikasi, pemasaran, dan memecahkan masalah.

Kemampuan yang satu ini penting dimiliki agar Anda bisa membangun strategi dalam meningkatkan jumlah penjualan tiap bulannya. Tanpa ada peningkatan penjualan, bisnis apotek dianggap stuck dan tidak berkembang sama sekali.

Jika zaman terus berkembang, maka bisnis juga harus berkembang. Melihat banyaknya skill yang dibutuhkan, tentu bukan hal yang mudah untuk bisa menerapkan itu semua dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, Anda bisa memilih franchise Apotek K-24 untuk memudahkan Pembangunan dan pengelolaan apotek.

Sebab, dengan franchise Apotek K-24, Anda tidak akan sendiri dalam mengelola bisnis apotek. Pihak franchisor Apotek K-24 akan memberikan dukungan penuh untuk kelancaran bisnis. Salah satunya pembimbingan dan pelatihan untuk meningkatkan skill apoteker agar bisa melayani masyarakat dengan baik.

Anda tidak perlu takut bisnis apotek akan stuck, karena Apotek K-24 selalu mengedepankan perkembangan dan kemajuan. Jadi, untuk mendapatkan bisnis apotek yang terus berkembang ini, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat