Apa itu Apoteker? Pentingkah untuk Bisnis Apotek Anda?

Apa itu Apoteker? Pentingkah untuk Bisnis Apotek Anda?

Apa itu Apoteker? Pentingkah untuk Bisnis Apotek Anda?

  • Sept 01, 2023

Mungkin banyak orang mengenal apoteker sebagai orang yang berjaga di apotek dan bertugas untuk melayani pelanggan. Namun, tidak banyak orang yang tahu peran apotek yang sebenarnya, di mana profesi ini sangat esensial untuk keberlangsungan bisnis apotek yang ada. Jika demikian, sebenarnya apa itu apoteker dan seberapa penting peran mereka dalam bisnis apotek?

Dewasa ini, bisnis apotek memang memberikan prospek yang menjanjikan di Indonesia. Namun, apa Anda tahu bahwa keberlangsungan bisnis apotek ini sangat bergantung pada ada tidaknya seorang apoteker yang bekerja di dalamnya. Tanpa adanya apoteker, sebuah apotek tidak akan mampu untuk melayani pelanggan dan menghasilkan omzet untuk bisnis.

Apa itu Apoteker?

Apoteker adalah sebuah profesional kesehatan yang memiliki spesialisasi tersendiri, yaitu menggunakan, menyimpan, dan menyediakan obat-obatan. Sama dengan profesi kesehatan lainnya, untuk menjadi apoteker, Anda perlu melalui sekolah, spesialisasi, dan juga sertifikasi.

Hal ini karena peran apoteker yang sangat penting dan hanya bisa dilakukan oleh mereka saja. Peran-peran ini berupa meracik obat dengan dosis yang tepat dan mencegah interaksi berbahaya yang mungkin terjadi pada obat-obatan.

Pada umumnya, apoteker harus memiliki hubungan yang baik dengan dokter. Sebab, terkadang apoteker harus memberikan obat kepada pelanggan sesuai dengan resep dokter. Selain itu, apoteker juga bisa berkontribusi pada sebuah penelitian atau pengujian obat baru.

Apoteker tidak hanya bekerja di apotek saja lho, mereka juga bisa bekerja di klinik kesehatan, lembaga pemerintah, rumah sakit, dan universitas.

Tugas Apoteker

Jika Anda sudah mengenal apa itu apoteker, maka mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya juga penting. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apoteker adalah profesi medis yang keterampilannya ada di bidang pengolahan obat.

Oleh karena itu, apoteker akan akrab dengan peran obat, susunan biokimia obat, pengaruhnya, efek samping, implikasi keefektifannya, dan interaksinya dengan bahan lain. Berikut adalah tugas apoteker yang umum dimiliki:

  • Memberikan atau mengeluarkan obat sesuai dengan resep atau perintah dokter.

  • Melayani konsultasi pasien tentang penggunaan obat.

  • Berkomunikasi dengan dokter apabila resep obat dirasa kurang cocok dan perlu mengganti dengan yang lain.

  • Mengarahkan pasien untuk membeli obat yang dijual bebas untuk mengatasi gejala penyakit tertentu.

Dalam mempraktikan tugas-tugas di atas, seorang apoteker perlu melalui beberapa persyaratan terlebih dahulu, seperti:

  • Menyelesaikan pendidikan farmasi terakreditasi.

  • Menjadi magang di bawah apoteker berlisensi.

  • Lulus ujian negara.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu apoteker dan tugas-tugasnya yang sangat esensial pada bisnis apotek. Melihat hal tersebut, Anda perlu mencari apoteker yang kompeten jika ingin membuka bisnis apotek.

Sebab, nantinya apoteker itulah yang akan melakukan pelayanan kefarmasian dan memberikan kepuasan pada pelanggan. Jadi, jangan sembarangan dalam merekrut apoteker untuk bisnis apotek Anda.

Apabila Anda masih bingung untuk rekrutmen apoteker ini, maka gunakan saja bisnis franchise Apotek K-24. Nantinya pihak franchisor Apotek K-24 akan membantu dalam mencarikan apoteker yang kompeten dan cocok dengan bisnis apotek.

Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing dalam mencari apoteker. Oleh karena itu, segera hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang minim kesalahan dan risiko. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat