Pengertian Kepuasan Pelanggan itu Apa? Dan Apa Saja Faktornya?

Pengertian Kepuasan Pelanggan itu Apa? Dan Apa Saja Faktornya?

Pengertian Kepuasan Pelanggan itu Apa? Dan Apa Saja Faktornya?

  • Sept 21, 2023

Pengertian kepuasan pelanggan mungkin sudah banyak diketahui orang-orang dalam tahap yang umum. Di mana sekadar pelanggan puas atau senang berbelanja di suatu toko dan bisa saja datang kembali. Padahal kepuasan pelanggan ini masih bisa digali secara dalam. Selain itu, banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan yang tidak boleh Anda tinggalkan.

Tingkat kepuasan pelanggan menjadi indikator yang sangat penting untuk berkembangnya sebuah bisnis. Sebab, semua bisnis, apalagi bisnis apotek, membutuhkan pelanggan agar bisnisnya bisa mendapatkan jumlah penjualan yang diinginkan. Tanpa adanya pelanggan yang puas, maka bisnis bisa mati dan gulung tikar. Artinya, Anda tidak boleh menyepelekan pelanggan yang datang.

Apa Pengertian Kepuasan Pelanggan?

Pada umumnya, kepuasan pelanggan dapat diartikan sebagai ukuran yang menentukan bagaimana produk dan layanan dalam memenuhi harapan mereka. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka semakin besar pula peluang untuk mereka datang kembali ketika memiliki masalah serupa.

Oleh karena itu, kepuasan pelanggan ini nantinya bisa mempengaruhi tingkat penjualan dan loyalitas pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Mengukur tingkat kepuasan pelanggan ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sebuah bisnis, mengapa demikian?

Tujuan utama dari kepuasan pelanggan adalah memastikan bahwa pelanggan merasa puas dan memiliki pengalaman yang baik selama berhubungan dengan bisnis Anda. Manfaatnya sendiri bisa berupa meningkatnya loyalitas pelanggan, mengurangi biaya akuisisi, dan meningkatkan citra atau reputasi brand.

Pengertian kepuasan pelanggan ini juga dijelaskan oleh beberapa ahli. Salah satunya Howard dan Sheth yang menyebutkan bahwa kepuasan pelanggan adalah sebuah situasi kognitif pembelian berkaitan dengan kesamaan atau ketidaksamaan antara hasil yang didapatkan dibandingkan dengan pengorbanan yang dikeluarkan.

Selain itu, Saladin juga mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang asalnya dari perbandingan kesannya terhadap suatu produk atau layanan dan berbagai harapannya.

Indikator Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan tentu tidak datang begitu saja, bukan seperti pelanggan datang lalu merasa puas. Namun, tingkat kepuasan pelanggan ini memiliki beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya. Jadi, Anda sebagai pemilik bisnis bisa menciptakan suasana yang membuat pelanggan merasa puas.

Berikut adalah beberapa indikator kepuasan pelanggan yang perlu diketahui;

  • Pelayanan yang baik, ramah, dan memberikan solusi.

  • Kualitas produk yang sepadan dengan harga.

  • Harga yang cocok dengan kantong masyarakat.

  • Pengalaman pelanggan yang berkesan.

  • Aksesibilitas terhadap bisnis yang mudah.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian kepuasan pelanggan dan beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya. Bagi Anda yang sedang mengelola bisnis, jangan sampai mengabaikan kepuasan pelanggan ini ya.

Saking pentingnya tingkat kepuasan ini, banyak pemilik bisnis yang perlu membentuk SOP (standar operasional prosedur) tentang pelayanan agar pelanggan mau datang lagi. Begitu pula bisnis apotek juga membutuhkan SOP yang komprehensif agar pelayanan bisa berjalan efektif.

Apabila Anda ingin membuat bisnis yang sudah memiliki SOP agar kepuasan pelanggan bisa maksimal, maka pilih saja franchise Apotek K-24. Dengan Apotek K-24, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dari pihak franchisor jadi akan lebih mudah dalam mengelola bisnis.

Selain itu, Apotek K-24 juga sudah memiliki SOP dalam pelayanan kefarmasian, jadi pengertian kepuasan pelanggan ini bisa lebih besar lagi. Segera hubungi hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat