3 Keuntungan Usaha Apotek, Jadi Pertimbangan untuk Memulainya

3 Keuntungan Usaha Apotek, Jadi Pertimbangan untuk Memulainya

3 Keuntungan Usaha Apotek, Jadi Pertimbangan untuk Memulainya

  • Dec 05, 2023

Setiap jenis usaha pasti memiliki risiko dan kelebihannya masing-masing, termasuk usaha apotek sekalipun. Sebab, semakin besar risiko sebuah usaha, maka semakin besar juga keuntungan dan potensi untuk suksesnya. Oleh karena itu, sebelum benar-benar mendirikan apotek, Anda perlu tahu apa saja risiko dan keuntungan usaha apotek yang mungkin harus dihadapi.

Fasilitas kesehatan di Indonesia kini memang semakin ramai didatangi oleh masyarakat. Hal ini karena semakin mudahnya akses dan juga meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Salah satu contohnya adalah fasilitas apotek yang peluang bisnisnya selalu terbuka luas setiap tahunnya. Kendati demikian, Anda tidak boleh sembarangan, ya, dalam menyiapkan bisnis apotek.

Keuntungan Usaha Apotek

Setiap orang pasti tidak ingin sakit tapi gangguan kesehatan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu, ketika masyarakat merasakan keluhan kesehatan tapi tidak terlalu parah, mereka biasanya akan memilih untuk datang ke apotek saja daripada rumah sakit.

Hal inilah yang membuat bisnis apotek selalu berkembang tiap tahunnya. Namun, sayangnya dalam mengelola bisnis apotek ini tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebab, selain mempelajari tentang bisnis dan legal, Anda juga paham betul mengenai produk-produk farmasi.

Seperti yang Anda tahu, produk farmasi merupakan hal yang sangat rentan karena berhubungan langsung dengan kesehatan dan bahan kimia. Kendati demikian, ada beberapa keuntungan usaha apotek yang bisa menjadi bahan pertimbangan, seperti:

Permintaan akan Obat Tinggi

Dewasa ini, obat-obatan ternyata sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia yang sangat penting, lho. Sebab, kebiasaan masyarakat ketika mereka merasa sakit adalah cenderung pergi ke apotek untuk langsung membeli obat dibanding konsultasi ke dokter atau rumah sakit.

Oleh karena itu, kebutuhan masyarakat akan obat, alat kesehatan, vitamin, dan suplemen selalu meningkat tiap tahunnya. Berdasarkan data yang ada, setiap hari bisa ada puluhan hingga ratusan konsumen yang datang ke apotek untuk mencari obat. Jadi, apotek ini menjadi salah satu bisnis yang datang dari kebutuhan masyarakat.

Biaya Pemasaran yang Relatif Rendah

Keuntungan usaha apotek yang selanjutnya adalah biaya pemasarannya yang terbilang cukup rendah. Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan dalam memasarkan produk apotek, seperti cara tradisional dengan mencetak brosur atau menggunakan sosial media.

Selain itu, karena apotek adalah bisnis yang datang dari kebutuhan, maka pemasaran tidak perlu dilakukan dengan cara besar-besaran. Bahkan, jika Anda menggunakan sosial media, biaya untuk pemasaran akan lebih murah daripada beriklan dengan cara tradisional.

Mudah untuk Dikelola

Dalam mengelola bisnis apotek ini terbilang lebih mudah daripada bisnis kuliner. Mengapa demikian? Sebab, dengan apotek, Anda hanya tinggal menyediakan lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis apotek agar memperoleh keuntungan yang maksimal.

Anda sebagai pebisnis tidak perlu memikirkan bagaimana cara memproduksi obat, tapi tinggal mencari PBF (Pedagang Besar Farmasi) dan PAK (Produsen Alat Kesehatan). Namun, saat mencari PBF dan PAK ini, Anda harus benar-benar memastikan sertifikasi dan kelegalannya, ya.

Nah, itu dia beberapa keuntungan usaha apotek yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mendirikan apotek. Berbagai keuntungan di atas akan bertambah dan lebih maksimal lagi jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24, lho.

Sebab, Apotek K-24 akan memberikan berbagai kemudahan dan dukungan penuh untuk pengelolaan bisnis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memikirkan hal-hal yang diperlukan dalam membangun apotek atau cara pengelolaanya.

Jika Anda masih penasaran dengan keuntungan usaha apotek lewat franchise Apotek K-24, langsung hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat