Persaingan Bisnis di Era Digital, Bagaimana Menghadapinya?

Persaingan Bisnis di Era Digital, Bagaimana Menghadapinya?

Persaingan Bisnis di Era Digital, Bagaimana Menghadapinya?

  • Jan 12, 2024

Perubahan era menjadi masa digitalisasi tentu memaksa masyarakat untuk lebih beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Begitu pula dengan dunia bisnis yang mau tidak mau mengubah strategi bisnisnya untuk menghadapi era teknologi. Sebab, tanpa adaptasi yang baik, Anda bisa saja kalah dalam persaingan bisnis di era digital yang semakin ketat.

Memasuki era digital sebenarnya memberikan banyak peluang baru pada bisnis dan juga keuntungan yang diperoleh. Namun, sejalan dengan kelebihan ini, pasti juga muncul tantangan dan risiko yang lebih besar daripada sebelumnya. Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda perlu menyikapinya dengan bijak dan jangan sampai kalah start dengan pebisnis lainnya.

Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital

Persaingan bisnis dengan bantuan teknologi dan internet ini semakin ketat karena jumlahnya yang bertambah juga kemudahan dalam mengaksesnya. Berkembangnya digitalisasi membuat banyak bermunculan media yang menjadi tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli.

Artinya, transaksi antara penjual dan pembeli ini semakin mudah untuk dilakukan. Bahkan, dalam proses pembayaran untuk transaksi ini juga terbilang lebih mudah juga lebih banyak pilihan. Sebab, kini tidak hanya dengan uang cash saja tapi juga cashless.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan strategi yang baik untuk menghadapi persaingan bisnis di era digital, contohnya:

Manfaatkan Digitalisasi dan Teknologi yang Ada

Dewasa ini, agaknya Anda akan merugi besar jika tidak memanfaatkan perkembangan teknologi dalam berbisnis. Di era digital ini perputaran informasi di masyarakat semakin cepat sehingga Anda perlu beradaptasi dengan tren yang sedang berkembang.

Dengan mengikuti tren, Anda bisa ikut dalam mengenalkan produk/jasa Anda pada masyarakat sehingga penjualan bisa meningkat. Anda perlu ingat bahwa teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, khususnya dalam bidang bisnis.

Gunakan Media Sosial untuk Digital Marketing

Media sosial kini sudah sangat populer di masyarakat, baik di kalangan anak-anak, orang dewasa, atau orang tua sekalipun. Bahkan, sebagian besar masyarakat dunia sudah menggunakan internet untuk mengakses media sosial, seperti facebook, Instagram, TikTok, X, dan media lainnya.

Jadi, menghadapi persaingan bisnis di era digital tidak lengkap kalau tidak menggunakan media sosial. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai media pemasaran digital. Banyak keuntungan yang didapatkan, seperti murah, mudah, efektif, dan menjangkau banyak orang.

Bentuk Aplikasi atau Software

Selain media sosia, kini sudah banyak bisnis-bisnis yang membangun aplikasi atau software sendiri untuk keperluan pengelolaan. Aplikasi yang dimaksud ini dibuat untuk membantu pekerjaan, mulai dari aplikasi administrasi, aplikasi untuk laporan keuangan, aplikasi untuk menjualkan produk sendiri, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan, Anda sebaiknya membuat aplikasi sendiri yang memiliki identitas perusahaan. Hal ini bisa menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk menggunakan aplikasi Anda.

Berikan Pelayanan dengan Maksimal

Memenangkan persaingan bisnis di era digital tentu harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Pelayanan yang baik merupakan kunci utama dalam memenangkan hati konsumen sehingga mereka mau untuk kembali datang untuk menggunakan bisnis Anda.

Walaupun sudah memasuki era digital dan transaksi dilakukan secara online tapi pelayanan secara online ini tetap penting. Sebab, pelayanan yang baik inilah yang akan membuat para pelanggan memutuskan akan kembali lagi atau tidak.

Memenangkan persaingan bisnis di era digital memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, Anda perlu pintar-pintar membuat strategi dan selalu update dengan perkembangan teknologi juga tren masyarakat.

Jika Anda masih ragu dalam memenangkan persaingan bisnis ini, Anda bisa lho beralih pada sistem bisnis franchise, khususnya franchise Apotek K-24. Bersama franchise Apotek K-24, Anda tidak akan sendirian dalam menghadapi persaingan bisnis.

Jadi hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 apabila Anda ingin memenangkan persaingan bisnis di bidang farmasi di Indonesia. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat