Brand Positioning Adalah: Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

Brand Positioning Adalah: Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

Brand Positioning Adalah: Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

  • Jun 15, 2023

Brand positioning adalah suatu hal yang penting jika berbicara persoalan seputar brand dan Apotek K-24 yang mendapatkan penghargaan Top Brand 2023. Pentingnya brand atau merek dalam sebuah bisnis franchise membuat Anda sebagai pengusaha perlu merencanakannya dengan matang. Sebab, melalui sebuah brand, Anda bisa mengambil hati dari masyarakat Indonesia.

Brand positioning menjadi salah satu strategi marketing yang kini banyak dilakukan oleh banyak perusahaan. Hal ini merupakan inisiatif dari perusahaan untuk membuat citra merek atau brand image yang kuat di mata masyarakat. Sebab, melalui brand image yang baik, maka penjualan yang berasal dari bran Anda juga akan ikut meningkat secara otomatis.

Brand Positioning Adalah…

Pada hakikatnya, brand positioning merupakan sebuah proses di mana perusahaan berusaha untuk memposisikan brand mereka di benak masyarakat. Strategi tersebut digunakan untuk membedakan suatu brand dari bisnis sejenis atau kompetitor yang ada.

Selain itu, brand positioning ini lebih dari sekadar menyusun logo yang menarik atau pembuatan tagline yang mudah ditangkap. Oleh karenanya, strategi dalam brand positioning ini biasanya melibatkan pembentukan asosiasi brand di benak masyarakat.

Hal tersebut akan merangsang masyarakat untuk memahami brand dengan kesan tertentu. Melalui pembentukan preferensi konsumen ini, brand positioning berhubungan langsung dengan loyalitas konsumen dan aset brand.

Artinya, brand positioning adalah sebuah cara yang digunakan untuk mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat. Singkatnya, cara di mana menciptakan keunikan untuk pelanggan.

Manfaat Penentuan Brand Positioning

Secara umum, tujuan atau manfaat dari brand positioning yaitu untuk menarik perhatian dan minat pelanggan terhadap brand Anda. Namun, tidak hanya itu saja karena brand positioning ternyata memiliki manfaat lainnya, yaitu:

  • Mendorong Anda untuk mau dan bisa dalam menganalisis bisnis sejenis dengan brand atau kompetitor.

  • Membantu dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan loyalitas pelanggan.

  • Anda bisa menentukan kualitas produk dengan harga yang sesuai untuk dipasarkan.

  • Cara yang efektif dalam menyeleksi aspirasi dan apa saja kebutuhan pelanggan.

Itulah beberapa keuntungan dalam melakukan brand positioning. Dalam melakukan brand positioning ini tentu Anda perlu melakukan strategi yang matang dan jelas tujuannya. Terdapat berbagai strategi yang bisa dilakukan, Anda tentu perlu memilih yang cocok dengan brand Anda.

Namun, jika belum yakin dengan melakukan brand positioning dan tetap ingin memulai usaha, maka Anda bisa menggunakan bisnis franchise. Sebab, melalui bisnis dengan sistem franchise ini Anda dapat menggunakan nama brand yang sudah besar dan dipercaya oleh masyarakat.

Salah satu contohnya adalah waralaba Apotek K-24. Dengan menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24, Anda memiliki kesempatan untuk berbisnis dengan nama Apotek K-24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang brand positioning adalah dan apa saja manfaatnya. Yuk, tidak perlu ragu untuk berbisnis dengan Apotek K-24 lagi!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat