4 Perbedaan Konsumen dan Pelanggan yang Wajib Diketahui

4 Perbedaan Konsumen dan Pelanggan yang Wajib Diketahui

4 Perbedaan Konsumen dan Pelanggan yang Wajib Diketahui

  • Sept 26, 2023

Dalam dunia bisnis, penggunaan istilah pelanggan dan konsumen mungkin sudah tidak asing di telinga. Secara sekilas, kedua istilah tersebut terlihat tidak memiliki perbedaan karena sama-sama menjadi pihak yang membeli produk/jasa dalam bisnis Anda. Namun, ternyata terdapat beberapa perbedaan konsumen dan pelanggan yang perlu Anda ketahui jika ingin terjun dalam dunia bisnis.

Bagi masyarakat umum mungkin pelanggan dan konsumen ini dianggap sama karena sama-sama melakukan pembelian. Kedua istilah ini ternyata memiliki makna mendalam yang berbeda dan perlu untuk dibedakan. Buktinya sendiri di Indonesia terdapat Hari Konsumen Nasional dan juga Hari Pelanggan Nasional yang berbeda tanggal dan harinya.

Perbedaan Konsumen dan Pelanggan

Pada umumnya, Hari Konsumen Nasional berfokus pada upaya pemerintah dalam melindungi dan mencerdaskan konsumen. Sedangkan Hari Pelanggan Nasional bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan di mana pelanggan merasa puas, loyal, dan perusahaan menjadi lebih maju.

Untuk melihat perbedaannya lebih lanjut, sima penjelasan berikut ini:

Segi Pengertian

Memahami pengertian dari konsumen dan pelanggan bisa menjadi langkah dasar untuk mengetahui perbedaan keduanya. Menurut KBBI, pelanggan adalah seseorang atau organisasi yang membeli suatu barang/jasa secara konstan atau tetap.

Sedangkan konsumen adalah pengguna dari sebuah produk atau jasa. Jadi, seorang pengguna (konsumen) belum tentu mereka menjadi pelanggan pada brand tertentu. Sementara seorang pelanggan bisa termasuk dalam kelompok konsumen.

Tujuan Pembelian

Perbedaan konsumen dan pelanggan yang selanjutnya ini juga bisa dilihat dari motif pembelian barang/jasa. Umumnya, pelanggan melakukan pembelian tidak hanya untuk digunakan sendiri, tapi juga bisa membeli dalam jumlah besar untuk dijual kembali kepada pihak lainnya.

Sedangkan konsumen biasanya memakai produk untuk kebutuhan personal dan tidak berkeinginan untuk menjualnya kembali.

Kelompok Sasaran

Masih merujuk dari pengertiannya, pelanggan umumnya merupakan entitas dari perusahaan lain tapi juga bisa perorangan saja. Sementara konsumen sendiri bias berupa individu, kelompok, atau bahkan keluarga.

Karena berbeda kelompok sasaran, maka cara perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pasarnya juga akan berbeda. Apabila Anda bisa membedakan kelompok sasarannya, maka Anda bisa menyusun strategi pemasaran dan penjualan yang cocok.

Peran terhadap Perusahaan

Perbedaan konsumen dan pelanggan yang terakhir ini ada pada perannya terhadap bisnis atau perusahaan Anda. Pelanggan dan konsumen ternyata memiliki perannya masing-masing terhadap bisnis Anda.

Contohnya saja konsumen biasanya hanya berperan dalam menggunakan produk/jasa dari bisnis yang Anda tawarkan. Sedangkan pelanggan umumnya bisa memberikan umpan balik (feedback) atau review terhadap produk.jasa, kondisi pasar, dan perubahan permintaan.

Meskipun memiliki peran yang berbeda, konsumen dan pelanggan ini sama-sama sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Begitu pula dengan bisnis Apotek K-24 yang memerlukan pelanggan dan konsumen hingga bisa bertahan lebih dari 20 tahun ini.

Sudah sejak tahun 2002, Apotek K-24 menyediakan dan melayani kebutuhan masyarakat Indonesia, baik pelanggan atau konsumen sekalipun. Alhasil, sampai sekarang Apotek K-24 masih menjadi apotek yang dipercaya masyarakat Indonesia ketika mencari obat, alat kesehatan, vitamin, atau susu.

Apabila Anda tertarik untuk memiliki berbisnis dengan nama Apotek K-24, bisnis apotek yang sudah memiliki banyak pelanggan dan konsumen, maka hubungi saja menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang perbedaan konsumen dan pelanggan, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat