Apa yang Dimaksud dengan Pertumbuhan Ekonomi? Cari Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Pertumbuhan Ekonomi? Cari Jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Pertumbuhan Ekonomi? Cari Jawabannya!

  • May 22, 2023

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa franchise ternyata bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bahkan, perkembangan tersebut sangat didukung oleh Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan, dan pemerintah. Jika demikian, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi dan mengapa sangat penting untuk perkembangan negara?

Perkembangannya franchise di Indonesia yang begitu pesat membuat usaha waralaba ini digadang-gadang dapat menembus pasar internasional. Hal ini tentu sangat penting untuk eksistensi negara Indonesia terhadap negara lain. Namun, sebelum sampai pada di situ, Anda sebagai pebisnis perlu tahu mengapa penting untuk memperhatikan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Apa yang Dimaksud dengan Pertumbuhan Ekonomi?

Menurut beberapa sumber, pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan jumlah produksi barang/jasa suatu negara dalam satu periode. Namun, pertumbuhan ekonomi ini juga dapat berarti proses perubahan yang berkesinambungan untuk mencapai keadaan yang lebih baik dalam hal perekonomian negara.

Perekonomian negara dikatakan bertumbuh apabila masyarakatnya produktif dan memiliki pengaruh pada kenaikan produksi barang atau jasa. Melalui pertumbuhan ekonomi ini, pemerintah dapat membuat perencanaan yang melibatkan pembangunan di masa depan.

Sementara bagi para pelaku usaha, tingkat pertumbuhan ekonomi negara dapat menjadi dasar untuk membuat rencana pengembangan produk dan jasanya. Artinya, peran dari angka pertumbuhan ekonomi ini sangat penting karena dapat memperlihatkan bagaimana kemampuan masyarakat.

Ada dua komponen penting yang berfungsi untuk mengukur pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu produk nasional bruto (PNB) dan produk domestik bruto (PDB). PNB ini berdasarkan penghasilan masyarakat secara menyeluruh, sedangkan PDB melalui pendapatan masyarakat daerah tertentu.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara, yaitu sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), kemajuan IPTEK, tingkat inflasi, suku bunga, sosial budaya, dan tenaga manajerial.

Selain itu, beberapa bentuk bisnis juga bisa memberikan pengaruh pada pertumbuhan ekonomi, contohnya usaha waralaba. Sebab, melalui waralaba, secara tidak langsung Anda akan membuka lapangan baru, di mana dapat menambah produktivitas dan mengurangi angka pengangguran.

Ciri-ciri Pertumbuhan Ekonomi

Melihat penjelasan di atas, pertanyaan apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi tentu sudah terjawab. Menurut Prof. Simon Kuznets, ternyata ada 6 ciri-ciri umum yang menandakan negara mengalami pertumbuhan ekonomi.

Berikut adalah 6 ciri-ciri pertumbuhan ekonomi yang dimaksud:

  1. Terdapat laju pertumbuhan penduduk dan produk perkapita yang sangat pesat.

  2. Meningkatnya produktivitas masyarakat.

  3. Ada kenaikan urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.

  4. Meningkatnya aspek struktural di negara.

  5. Adanya ekspansi ke negara maju, baik produk, SDM, atau SDA.

  6. Munculnya arus barang, modal, dan manusia ke berbagai negara.

Tanda-tanda di atas akan terus muncul jika kegiatan ekonomi di Indonesia selalu berjalan dengan baik. Untuk menggerakkan kegiatan ekonomi ini, masyarakat harus terus membuka peluang atau kesempatan kerja untuk orang lain.

Salah satu cara yang mudah adalah dengan membuka sebuah usaha yang nantinya membutuhkan tenaga kerja. Tentu saja Anda dapat memanfaatkan penawaran franchise yang ada di sekitar Anda, contohnya waralaba Apotek K-24.

Selalu berkembang dan memajukan Indonesia, Apotek K-24 berusaha untuk mendekatkan diri ke masyarakat agar mereka mudah untuk mendapatkan obat dan alat kesehatan. Yuk, tingkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesehatan masyarakat dengan menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi, semoga dapat bermanfaat.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat