5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan, Penting Dilakukan!

5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan, Penting Dilakukan!

5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan, Penting Dilakukan!

  • Nov 14, 2023

Dalam mengelola sebuah bisnis apotek, pasti Anda tidak akan jauh-jauh dari membuat laporan keuangan setiap periodenya. Melalui laporan keuangan yang jelas, maka bisnis Anda bisa maju dan berani mengambil keputusan. Selain itu, banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak mampu membuat laporan keuangan yang baik. Jadi apa manfaat laporan keuangan bagi perusahaan?

Laporan keuangan bagi perusahaan memiliki peranan yang sangat penting untuk jalannya bisnis apotek. Saking pentingnya, laporan keuangan bisa mempengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu, setiap perusahaan besar pasti memiliki orang atau divisi sendiri yang hanya mengatur keuangan saja. Hal ini karena penyusunan laporan keuangan membutuhkan orang yang ahli.

Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Pada dasarnya, laporan keuangan adalah sejumlah catatan informasi yang berisikan tentang semua transaksi penjualan, investasi, pajak, saham, dan lain sebagainya. Nah, laporan keuangan ini dibuat untuk menunjukkan hasil dari proses pencatatan tersebut dalam satu periode tertentu.

Melalui laporan keuangan ini, Anda bisa melihat informasi finansial yang sedang dialami perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki bisnis apotek, jangan lupa untuk selalu membuat atau mengecek laporan keuangannya, ya.

Berikut beberapa manfaat laporan keuangan bagi perusahaan yang perlu Anda ketahui:

Bahan Evaluasi

Seperti yang telah dijelaskan, laporan keuangan berisi informasi finansial dari perusahaan. Nah, melalui laporan tersebut, Anda sebagai pemilik bisnis bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan selama periode tersebut.

Evaluasi ini bisa dilakukan secara menyeluruh, mulai dari aset, utang, hingga biaya operasional dari perusahaan. Selain itu, laporan keuangan juga bisa menjadi bahan pembanding mengenai kinerja antara periode sebelumnya dengan periode sekarang.

Menyusun Rencana Anggaran

Laporan keuangan juga bisa membantu Anda untuk untuk menyusun rencana anggaran untuk operasional selanjutnya, lho. Sebab, perencanaan anggaran ini perlu menyesuaikan kebutuhan dan tujuan dari bisnis apotek berjalan. Dari laporan keuangan ini, Anda bisa mengevaluasi biaya mana yang perlu dikurangi atau perlu ditambah agar bisa mendapatkan keuntungan.

Dasar Pengambilan Keputusan

Manfaat laporan keuangan bagi perusahaan yang selanjutnya adalah bisa menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Setiap saat manajemen pasti diharuskan mengambil sebuah keputusan yang strategis agar bisnis maju.

Dalam menilai dampak kebijakan atau keputusan ini, Anda memerlukan alat penilaian. Nah, di situlah laporan keuangan bekerja karena Anda bisa menganalisanya dan mencari potensi, menilai dampak, dan membandingkannya.

Informasi Kemampuan Keuangan

Laporan keuangan bisnis biasanya dibuat dengan sistematis sehingga memungkinkan untuk Anda melihat kemampuan finansial dari perusahaan. Misalnya saja Anda bisa melihat bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, baik tinggi atau rendah. Hal ini sangat membantu Anda dalam memprediksi tingkat stabilitas bisnis di masa depan.

Informasi Perhitungan Pajak

Setiap bisnis yang ada di Indonesia pasti diwajibkan untuk membayar pajak jika sudah masuk ke dalam kelompok wajib. Nah, manfaat laporan keuangan bagi perusahaan ini bisa digunakan untuk menghitung pajak yang perlu untuk dibayarkan kepada pihak berwajib.

Sebab, besaran pajak ini nanti akan ditentukan berdasarkan catatan finansial yang perusahaan Anda miliki. Selain itu, laporan keuangan juga bisa menjadi bukti bahwa bisnis Anda sudah taat pajak. Jangan sampai Anda memiliki permasalahan di pajak, ya, karena bisa mengganggu berlangsungnya bisnis apotek.

Melihat pentingnya laporan keuangan dalam bisnis apotek, tentu saja membuat Anda perlu merancangnya dengan baik dan sistematis. Hal ini agar manfaat laporan keuangan bagi perusahaan bisa terpakai dengan maksimal. Sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan dalam menyusun laporan keuangan.

Oleh karena itu, franchise Apotek K-24 hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mempermudah Anda dalam berbisnis. Apotek K-24 akan membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan yang baik. Bahkan, kini franchise Apotek K-24 memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek laporan keuangan secara real-time, lho.

Jadi, jangan lupa untuk menguhubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang antiribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat