Apa itu Pelanggan? Seberapa Pentingnya untuk Bisnis Apotek?

Apa itu Pelanggan? Seberapa Pentingnya untuk Bisnis Apotek?

Apa itu Pelanggan? Seberapa Pentingnya untuk Bisnis Apotek?

  • Sept 25, 2023

Dalam dunia perbisnisan, mungkin Anda sering mendengar bahwa pelanggan sangatlah penting dan bisa mempengaruhi perkembangan bisnis. Bahkan, dalam menentukan strategi marketing ini, terkadang Anda perlu memperhatikan selera, keinginan, atau kebutuhan pelanggan. Jika demikian, sebenarnya apa itu pelanggan dan seberapa pentingnya pada keberlangsungan sebuah bisnis?

Banyak pihak yang berusaha untuk mengukur bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap suatu bisnis. Bahkan, dalam pelaksanaannya, pihak-pihak yang berhasil mengukur hal tersebut akan menjadikan pengukuran tersebut untuk memberikan sebuah penghargaan. Contohnya saja pada penghargaan Indonesia Original Brand Award 2023.

Apa itu Pelanggan?

Secara umum, pelanggan adalah seseorang, kelompok, instansi, atau organisasi tertentu yang membeli, mengonsumsi, atau menggunakan produk barang/jasa yang ditawarkan orang lain. Oleh karena tujuan dari kebanyakan pebisnis adalah menarik banyak pelanggan dan mendorongnya untuk mau datang kembali untuk membeli produk/jasa.

Artinya, pelanggan dianggap sebagai pihak yang memiliki hubungan dengan penjual dalam proses transaksi jual beli. Saat ada pelanggan datang untuk membeli sesuatu, maka Anda sebagai pemilik bisnis biasanya akan fokus pada produk yang ditawarkan agar pelanggan jadi dan kembali untuk membeli.

Tidak hanya membeli produk atau jasa saja, kini di era digital pelanggan juga berperan aktif dalam memberikan umpan balik dan ulasan melalui berbagai platform digital. Jadi, kini pelanggan memiliki pengaruh dan reputasi yang dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis secara signifikan.

Karakteristik Pelanggan

Selain penjelasan mengenai apa itu pelanggan, ternyata terdapat beberapa karakteristik pelanggan yang mungkin perlu Anda ketahui dengan baik. berikut beberapa jenis pelanggan yang bisa datang ke tempat bisnis Anda:

Pelanggan baru, orang yang baru saja mencoba untuk menggunakan produk/jasa Anda.

  • Pelanggan potensial, orang yang berpeluang besar untuk menggunakan produk/jasa bisnis Anda. Hal ini karena mereka tertarik dengan apa yang ditawarkan.

  • Pelanggan impulsif, orang yang secara mendadak datang ke gerai bisnis Anda untuk membeli produk/jasa.

  • Pelanggan hemat, seseorang yang membeli produk/jasa karena sedang berlangsung promo dari bisnis Anda.

  • Pelanggan loyalitas, orang yang cenderung menggunakan produk/jasa dari satu brand secara terus-menerus.

  • Pelanggan yang berkembang, hampir sama dengan pelanggan loyalitas hanya saja mereka mau dengan sukarela menawarkan produk/jasa Anda kepada orang lain.

Mencari pelanggan baru dan mempertahankan agar mereka mau menjadi pelanggan tetap memang menjadi tugas yang tidak mudah. Sebab, hal ini berkaitan dengan hubungan dan kepercayaan pelanggan terhadap brand yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan pelanggan, sebaiknya Anda rawat dan pertahankan agar bisnis bisa berjalan lancar. Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu pelanggan dan apa saja karakteristik pelanggan yang ada.

Ketika Anda menggunakan bisnis franchise Apotek K-24, urusan mendapatkan pelanggan dan mempertahankannya ini akan dibantu penuh dari pihak franchisor, lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bisnis Anda tidak mendapatkan pelanggan. Yuk, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat