Apa yang Dimaksud dengan Profit? Cek Faktanya!

Apa yang Dimaksud dengan Profit? Cek Faktanya!

Apa yang Dimaksud dengan Profit? Cek Faktanya!

  • Agust 26, 2023

Ketika membahas soal bisnis pasti tidak akan jauh-jauh dari istilah profit yang akan dihasilkan dari usaha yang dijalankan. Sebab, kata profit ini pasti sering keluar pada perbincangan bisnis karena merupakan salah satu hasil yang dicari-cari oleh banyak pengusaha. Katanya sih melalui profit Anda bisa menilai bagaimana kesuksesan dari bisnis Anda. Lalu apa yang dimaksud dengan profit?

Mungkin tidak hanya orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis saja yang tahu apa arti dari profit. Sebab, istilah ini sudah tidak terdengar asing di telinga orang awam. Namun, kebanyakan memahami profit hanya dalam arti kata yang singkat saja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan penjelasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Profit?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) profit memiliki arti keuntungan. Dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari sendiri, profit bisa Anda artikan sebagai laba yang dihasilkan dari suatu aktivitas. Istilah profit sendiri bisa digunakan dalam dunia bisnis atau selain bisnis sekalipun.

Secara lengkapnya, profit merupakan sebuah keuntungan yang diperoleh dari kegiatan utama perusahaan yang saat itu juga akan digunakan untuk investasi atau mendorong pertumbuhan bisnis lagi.

Laba pada usaha kecil biasanya akan langsung masuk ke dalam kantong atau kas uang pemilik bisnis sendiri. Namun, pada perusahaan yang menggunakan saham sebagai modalnya, maka perusahaan wajib untuk membayarkan profit kepada para pemegang saham juga. Biasanya sih, ini disebut dengan dividen.

Jenis-jenis Profit

Melalui penjelasan di atas, apa yang dimaksud dengan profit ini ternyata memiliki arti yang sangat luas. Tidak hanya itu saja, profit ternyata juga memiliki beberapa jenis yang penting untuk diketahui, yaitu:

  • Operating profit atau laba operasional, merupakan laba yang didapat sebelum pajak. Laba didapatkan dari berbagai bentuk operasional, seperti iklan, gaji, penjualan, komisi, sewa, tunjangan, dan lain-lain.

  • Gross profit atau laba kotor, sebuah keuntungan yang didapatkan perusahaan dan sudah dikurangi oleh biaya produksi atau HPP.

  • Net profit atau laba bersih, merupakan nilai laba yang sudah bersih atau tersisa. Maksudnya adalah pendapatan sudah dikurangi semua beban perusahaan, seperti buang dan pajak.

Nah, itu dia pentingnya profit dalam dunia bisnis, di mana bisa menandakan bagaimana perjalanan dari usaha Anda. Salah satu contoh bisnis yang bisa menghasilkan profit adalah ketika Anda menggunakan franchise Apotek K-24.

Bisnis Apotek K-24 ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun dan artinya sudah terbukti dapat menghasilkan keuntungan. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih.

Pertama, diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional untuk deal MoU di kota/kabupaten yang sudah ada Apotek K-24. Kedua, cashback sebesar 20 juta franchise fee untuk deal MoU di kota/kabupaten yang belum ada Apotek K-24. Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut.

  

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat