Bingung Cari Waralaba? Ini 4 Tips yang Wajib Diketahui

Bingung Cari Waralaba? Ini 4 Tips yang Wajib Diketahui

Bingung Cari Waralaba? Ini 4 Tips yang Wajib Diketahui

  • May 09, 2023

Usaha dengan bentuk waralaba memang kini semakin banyak dan mungkin menyulitkan bagi yang ingin memilihnya. Apalagi jika Anda sebagai pengusaha yang masih pemula atau awam di dunia bisnis, menentukan franchise menjadi suatu tantangan tersendiri. Maka dari itu, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa tips cari waralaba yang aman dan menguntungkan.

Menentukan waralaba yang tepat sasaran akan sangat berpengaruh untuk jalannya usaha di masa depan. Sebab, salah memilih waralaba bisa menyebabkan kegagalan dalam berbisnis atau hanya bertahan sebentar saja. Namun, dengan franchise yang tepat, Anda bisa mendapatkan usaha yang tahan banting, sekalipun negara mengalami krisis ekonomi.

Tips Cari Waralaba yang Tepat

Menentukan franchise yang cocok dengan keadaan pasar dan kebutuhan masyarakat tidaklah boleh sembarangan. Selain lokasi usaha, jenis franchise yang digunakan juga menjadi faktor penting pada kelancaran usaha.

Ketepatan dalam memilih franchise nantinya akan mempengaruhi proses saat mengelola usaha dan juga jumlah penjualan setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting ketika melakukan riset terhadap waralaba.

Berikut beberapa tips dalam mencari franchise agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat:

1. Cari Tahu Manajemen Franchise

Waralaba yang baik dan aman biasanya mempunyai manajemen yang rapi, mulai dari manajemen keuangan, SDM, operasional, dan lain sebagainya. Anda dapat melihat usaha yang bagus dari bagaimana orang-orang di dalamnya mengelolanya.

Oleh karena itu, Anda harus dapat menilai apakah suatu franchise mempunyai manajemen yang baik atau justru amburadul. Hal ini akan menentukan jalannya usaha Anda di masa depan, baik secara operasional atau dalam mengatasi masalah.

2. Kenali Potensi Pasar

Tips cari waralaba yang bagus adalah dengan mengenali segmen pasar dan mengerti lebih dalam potensi pasarnya. Maksud dari potensi pasar ini adalah perkiraan jumlah uang yang akan masuk dari penjualan produk atau jasa Anda.

Potensi pasar akan lebih besar apabila Anda menawarkan produk/jasa yang berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Sebuah penelitian mengatakan bahwa sebuah usaha akan lebih tahan banting jika menyediakan kebutuhan hidup, seperti makanan, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

3. Jangan Lihat Harga, Fokus pada ROI

Menimbang-nimbang franchise berdasarkan franchise fee atau harga awalnya memang penting, apalagi jika hanya memiliki modal yang terbatas. Namun, ternyata melihat ROI sebuah franchise atau usaha menjadi lebih penting daripada harga awal waralaba.

Hal ini dikarenakan analisis ROI bisa melihat bagaimana hasil dari investasi yang dilakukan pada waktu sekarang, masa lalu, dan masa depan. Melalui ROI, Anda juga dapat melihat dengan jelas apakah bisnis dalam keadaan aman, bisa dipertahankan, atau lebih baik dilepas saja.

4. Kenali Pendukung Bisnisnya

Mengenali siapa dan bagaimana dukungan dari sebuah usaha menjadi salah satu tips cari waralaba yang baik. Manajemen utama dalam sebuah bisnis memang sangat penting untuk jalannya usaha. Namun, pendukung bisnis (supporting business) juga dapat menentukan usaha itu baik atau tidak.

Pendukung bisnis merupakan layanan yang menangani tugas perusahaan di luar inti bisnis utama. Supporting business ini sangat membantu franchise untuk dalam mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melihat apa saja pendukung bisnis yang dimiliki oleh sebuah franchise.

4 poin di atas dapat Anda temukan dalam waralaba Apotek K-24. Perjalanannya yang panjang membuat Apotek K-24 sudah memiliki manajemen yang baik, pendukung bisnis yang cakap, dan tentu saja potensi pasar yang besar.

Hal tersebut dibuktikan dengan Apotek K-24 yang sudah berdiri selama lebih dari 20 tahun dan bisa melalui berbagai krisis ekonomi di Indonesia. Tidak perlu bingung-bingung cari waralaba lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan franchise yang menguntungkan ini. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat