6 Indikator Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis yang Lancar dan Maju

6 Indikator Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis yang Lancar dan Maju

6 Indikator Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis yang Lancar dan Maju

  • Sept 19, 2023

Dewasa ini, kepuasan pelanggan sangat penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Sebab, tanpa adanya pelanggan, Anda sebagai pemilik bisnis tidak akan mendapatkan penjualan dan penghasilan yang diinginkan. Oleh karena itu, sebagai pengelola bisnis, Anda perlu tahu apa saja sih indikator kepuasan pelanggan yang nantinya dapat mempengaruhi jumlah penjualan?

Mungkin Anda sering mendengar istilah “Pelanggan adalah raja”. Kalimat tersebut mengindikasikan bahwa sebagai pemilik bisnis, Anda perlu memberikan pelayanan yang maksimal. Sebab, hal ini akan mempengaruhi kelancaran dan kemajuan bisnis Anda. Kepuasan pelanggan ini berlaku pada bisnis apapun, mulai dari bisnis kuliner, bisnis apotek, bisnis jasa pengiriman, dan lain sebagainya.

Macam Indikator Kepuasan Pelanggan

Pada umumnya, kepuasan pelanggan ini sering diukur untuk menjadi tolak ukur keberhasilan bisnis dan pemilihan pemenang dalam sebuah penghargaan. Dalam mengukur hal tersebut tentu saja ada beberapa indikator yang dapat menjadi pengukur dari kepuasan pelanggan.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, Tjiptono (2016) mengatakan bahwa indikator kepuasan pelanggan adalah kesesuaian antara kinerja suatu produk dengan apa yang telah diharapkan pelanggan, minat membeli kembali produk tersebut, dan kesediaan merekomendasikan merek kepada orang lain.

Dalam menentukan hal tersebut, ada beberapa indikator yang bisa berguna untuk mengukur tingkat kepuasan ini, seperti:

Kualitas Produk

Tingkat kualitas produk dapat membuat pelanggan merasakan value dan manfaat saat menggunakan produk. Selain itu, pelanggan biasanya akan mengharapkan kualitas produk sesuai dengan apa yang diiklankan. Jika kualitas ini sesuai dengan yang diharapkan, pelanggan biasanya akan memberikan testimoni positif.

Kualitas Pelayanan

Pengalaman yang positif ketika berbelanja akan membuat pelanggan merasa dihargai dan tidak akan terlupakan. Oleh karena itu, pelayanan pegawai ketika pelanggan datang sangat penting dalam membentuk pengalaman tersebut. Anda harus bisa memberikan pelayanan terbaik agar hubungan dengan pelanggan bisa terbentuk secara baik.

Harga Produk

Indikator kepuasan pelanggan yang selanjutnya adalah harga produk yang ditawarkan. Perbandingan harga dengan toko atau gerai lain bisa menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih produk. Dalam menentukan harga, Anda perlu menyamakannya dengan kualitas produk agar pelanggan bisa puas.

Customer Experience

Experience atau pengalaman pelanggan ketika berhubungan dengan bisnis Anda juga bisa menentukan kepuasan mereka. Pengalaman yang berkesan terhadap produk atau jasa Anda dapat meningkatkan peluang untuk mereka datang kembali, lho. Jadi, bangun pengalaman pelanggan agar mereka memiliki kesan yang baik dan nyaman terhadap bisnis Anda.

Aksesibilitas Produk

Kemudahan akses pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Akses terhadap produk ini contohnya bagaimana mereka dalam mengakses informasi terkait bisnis Anda, seperti harga, spesifikasi, cara membeli, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat website dan media sosial sangat penting dalam keberlangsungan bisnis.

Emosi

Perasaan pelanggan terhadap produk atau jasa Anda juga menjadi salah satu indikator kepuasan pelanggan. Semakin banyak pujian atau testimoni positif, semakin tinggi pula perasaan puas dari pelanggan. Oleh karena itu, bangun emosi yang positif agar pelanggan bisa merasa lebih spesial sehingga mau untuk datang kembali.

Nah, itu dia beberapa faktor yang dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk atau jasa. Tingkat kepuasan ini tentu juga sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Apotek K-24. Melalui kepuasan konsumen ini, Apotek K-24 berhasil memperoleh berbagai penghargaan, seperti Indonesia Original Brand Award, Top Social Media Award, dan lain sebagainya.

Jadi, apakah Anda tertarik berbisnis menggunakan brand yang memiliki reputasi baik di mata masyarakat? Pilih saja franchise Apotek K-24 dengan menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis apotek yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat