Apa itu Ongkir? Cek Penjelasan Singkat Ini!

Apa itu Ongkir? Cek Penjelasan Singkat Ini!

Apa itu Ongkir? Cek Penjelasan Singkat Ini!

  • Sept 16, 2023

Dalam jual beli online atau layanan online sekalipun pasti terdapat istilah ongkir ketika Anda akan melakukan pembayaran. Istilah ongkir sendiri sudah banyak digunakan, mulai dari anak-anak hingga orang tua mungkin sudah mengenalnya. Anda sebagai pengusaha tentu saja harus mengenal istilah tersebut karena sangat penting dalam sebuah bisnis, bisnis apotek sekalipun. Lalu sebenarnya apa itu ongkir?

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kini istilah ongkir semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Bahkan, dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat, mungkin perbincangan mengenai ongkir ini sampai masuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kini banyak orang yang memilih untuk berbelanja melalui layanan online, entah belanja pakaian, makanan, obat, dan lain sebagainya.

Apa itu Ongkir?

Ongkir sebenarnya merupakan sebuah perpaduan dua kata, yaitu kata “ongkos” dan “kirim”. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ongkos memiliki arti biaya. Sedangkan, kata kirim sendiri berarti menyampaikan pada seseorang yang dituju melalui sebuah perantara.

Artinya, apabila digabungkan, ongkir ini mempunyai arti biaya kirim yang digunakan untuk mengirim suatu barang. Dalam dunia bisnis, ongkir adalah sebuah biaya yang harus dikeluarkan pembeli ketika membeli barang lewat marketplace, toko online, apotek online, dan lain sebagainya.

Biaya ini biasanya akan dibayarkan pada pihak ketiga yang memang menyediakan jasa pengiriman. Kini untuk menarik pelanggan untuk membeli produk, biasanya Anda perlu memberikan beberapa promo menarik, seperti gratis ongkir, diskon ongkir, dan lain-lain.

Sebab, dalam pembelian secara online, besar kecilnya apa itu ongkir ini sangat berpengaruh pada keputusan pembeli untuk membeli atau tidak. Oleh karena itu, jika ingin membuka toko secara online, maka Anda perlu memperhatikan harga produk dan juga besarnya biaya ongkir yang mungkin terjadi.

Istilah ongkir ini bisa Anda temukan jika ingin membeli obat melalui apotek online, seperti K24Klik lho. Jika Anda mengakses aplikasi K24Klik lewat android atau iOS, artinya Anda sudah tidak asing dengan ongkir ini.

Ketika Anda membeli obat melalui K24Klik dan memilih diantar sampai rumah, maka Anda perlu membayar ongkir. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan obat, vitamin, atau alat kesehatan lebih praktis dan tidak perlu repot lagi.

Menarik bukan? Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan online sebagai penjual seperti K24Klik ini, maka Anda hanya perlu menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis apotek yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan singkat tentang apa itu ongkir, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat