5 Fungsi Manajemen Keuangan, Vital untuk Bisnis Apotek!

5 Fungsi Manajemen Keuangan, Vital untuk Bisnis Apotek!

5 Fungsi Manajemen Keuangan, Vital untuk Bisnis Apotek!

  • Nov 15, 2023

Membicarakan bisnis apotek pasti tidak akan lepas dari manajemen keuangan yang menjadi pilar utama dalam berjalannya sebuah bisnis. Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis yang sedang Anda jalankan bisa berakhir berantakan, bahkan gulung tikar. Hal ini karena ada 5 fungsi manajemen keuangan yang perlu Anda perhatikan demi berlangsungnya bisnis apotek.

Manajemen keuangan adalah bagian dari perusahaan yang bertugas untuk mengelola, merencanakan, dan mengendalikan sumber daya yang ada di dalam perusahaan. Oleh karena itu, keberadaannya sangat penting karena dapat mempengaruhi keadaan bisnis di masa depan. Selain itu, banyak juga bisnis yang bangkrut karena tidak ada manajemen keuangan yang baik.

5 Fungsi Manajemen Keuangan

Mengelola keuangan memang bukan pekerjaan yang mudah, apalagi bagi Anda yang mungkin masih masuk ke dalam kelompok pebisnis pemula. Saking vitalnya keuangan dalam bisnis, keberadaannya bisa Anda temukan di mana saja, mulai dari modal, penghasilan penjualan, pembelian produk, dan lain sebagainya.

Selain itu, bagian keuangan juga sangat riskan dengan penyelewengan, kecurangan, dan lain sebagainya yang dapat merugikan bisnis Anda. Oleh karena itu, tanggung jawab dari manajemen keuangan ini sangatlah tinggi dan penting dimiliki dalam setiap bisnis.

Jika bisnis Anda belum memiliki manajemen keuangan, maka segera susun agar lebih terarah. Sebab, ada 5 fungsi manajemen keuangan untuk bisnis apotek Anda yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Perencanaan

Fungsi manajemen keuangan yang pertama adalah melakukan perencanaan mengenai semua sumber daya yang dimiliki perusahaan. Perencanaan yang dilakukan tidak hanya terbatas pada sumber internal saja, tapi juga eksternal. Melalui perencanaan ini, penggunaan dalam dalam kegiatan operasional akan semakin maksimal dan sesuai dengan tujuan.

Alokasi Dana

Jika perencanaan sudah berhasil, maka manajemen keuangan perlu memecah satu persatu. Pada bagian ini, manajemen keuangan perlu melakukan alokasi dana sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian. Pada prinsip ekonomi, alokasi dana biasanya dilakukan menggunakan anggaran yang paling sedikit tapi bisa membawa keuntungan yang besar.

Kontrol

5 fungsi manajemen keuangan dalam bisnis apotek yang selanjutnya adalah melakukan kontrol akan seluruh arus keluar masuk kas dengan tegas. Hal ini biasanya diwujudkan dengan pengecekan secara ketat terhadap bagian-bagian yang meminta dana kepada perusahaan.

Pengontrolan dana perlu dilakukan agar perusahaan tidak mengalami pembengkakan. Selain itu, tujuan dari pengontrolan juga untuk memastikan bahwa perusahaan dan bisnis bisa berjalan dalam jangka waktu lama.

Pemeriksaan

Selain kontrol, manajemen keuangan juga berhak untuk melakukan fungsi pemeriksaan. Fungsi yang satu ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengeluaran dana yang dilakukan hanya untuk kepentingan perusahaan atau bisnis saja. Dalam melakukan pemeriksaan, manajemen keuangan perlu menganalisis, menimbang, meninjau ulang, dan menilai pengeluaran yang telah dilakukan selama periode tertentu.

Laporan

Merancang dan memberikan laporan menjadi 5 fungsi manajemen keuangan yang terakhir. Laporan keuangan ini disusun dari semua transaksi yang dilakukan dalam satu periode. Selain itu, manajemen keuangan juga bisa memberikan analisis, penilaian, dan perbandingan dengan periode sebelumnya.

Nah, laporan keuangan ini nantinya bisa menjadi bahan untuk mengambil keputusan terkait kemajuan bisnis, lho. Tentu saja laporan keuangan ini harus dibuat dengan sistematis dan mudah dimengerti oleh semua orang agar setiap pemangku kepentingan dapat mengambil strategi yang terbaik.

Itu dia 5 fungsi manajemen keuangan yang penting dimiliki bagi setiap bisnis. Bagi pebisnis pemula mungkin menyusun laporan keuangan dan mengelola keuangan tidaklah mudah. Sebab, banyak sekali elemen yang harus diperhatikan.

Namun, dalam mengelola keuangan dan pembuatan laporan keuangan ini akan lebih mudah jika Anda berbisnis menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, Anda akan mendapatkan bantuan penuh dalam mengelola bisnis apotek hingga mendapatkan keuntungan dan balik modal, termasuk dalam mengatur keuangan.

Jadi, tunggu apalagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang antiribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat