Kualitas Pelayanan Adalah: Pengertian dan Pengaruh pada Kepuasan

Kualitas Pelayanan Adalah: Pengertian dan Pengaruh pada Kepuasan

Kualitas Pelayanan Adalah: Pengertian dan Pengaruh pada Kepuasan

  • Oct 26, 2023

Kualitas pelayanan adalah suatu hal yang penting diperhatikan jika Anda ingin memulai mendirikan bisnis apotek. Sebab, pelayanan pada apotek ini nantinya akan menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pelanggan. Banyak yang mengatakan bahwa setiap pengalaman akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Kira-kira benar atau tidak, ya?

Apabila Anda ingin memiliki sebuah bisnis, maka pelayanan menjadi kunci dalam keberlangsungan bisnis. Sebab, melalui pelayanan ini, pelanggan bisa menentukan apakah mereka ingin menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Hal ini tidak hanya terbatas pada bisnis offline saja, tapi bisnis online juga memerlukan pelayanan yang baik jika ingin meningkatkan penjualan.

Kualitas Pelayanan Adalah…

Beberapa ahli mengatakan bahwa kualitas pelayanan pada suatu bisnis dapat diartikan sebagai tingkat kepuasan konsumen. Mengapa demikian? Sebab, kualitas pelayanan ini biasanya didapatkan dengan cara membandingkan jenis pelayanan satu dengan pelayanan lainnya yang sejenis.

Melalui hal tersebut, pelanggan atau konsumen bisa mengetahui perbandingan tingkat kualitas pelayanan antara perusahaan satu dengan lainnya. Artinya, jika Anda memiliki bisnis apotek, maka Anda bisa membandingkannya dengan brand apotek lainnya.

Ada 4 karakteristik kualitas pelayanan yang perlu Anda ketahui, yaitu tidak berwujud, tidak terpisahkan, bervariasi, dan mudah dilenyapkan. Meskipun demikian, pelayanan ini sangat penting dan bisa berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

Selain itu, terdapat pula beberapa faktor dari kualitas pelayanan, yaitu: bentuk layanan, orang yang menyediakan layanan, sistem & teknologi, layanan bukti fisik, dan tanggung jawab sosial (perilaku).

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan

Salah satu tujuan dari kualitas pelayanan adalah menjadi sarana dalam mempererat hubungan batin antara pelanggan dengan bisnis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kualitas pelayanan adalah hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Di mana kepuasan pelanggan ini berhubungan erat dengan terpenuhinya ekspektasi pelanggan terhadap produk/jasa yang Anda tawarkan. Ketika harapan dan kebutuhan masyarakat terpenuhi, hal ini bisa membuat mereka merasa lebih dihargai dan penting.

Selain itu, mereka juga akan merasa uang yang dibelanjakan sebanding dengan harapannya (worth it). Sebaliknya, jika Anda tidak sanggup memenuhi kebutuhan dan ekspektasi, maka pelanggan biasanya akan malas untuk datang lagi.

Oleh karena itu, kualitas pelayanan adalah dasar atau landasan utama dalam mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dikatakan baik jika Anda sebagai pemilik bisa bisa menyediakan kebutuhan masyarakat, baik dalam bentuk barang atau jasa.

Namun, pelayanan dapat dikatakan buruk apabila Anda tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik bisnis perlu meningkatkan kualitas layanan bila ingin kepuasan pelanggan tinggi. Hal ini tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti memaksimalkan pengalaman pelanggan dengan membentuk rasa nyaman dan senang.

Jangan sampai Anda membuat pengunjung merasa sebaliknya, seperti merasa tidak dihargai dengan pelayanan yang kurang ramah dan cuek. Hal ini bisa mengurangi kepuasan pelanggan dan mengurangi rasa percaya mereka terhadap apotek Anda.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai kualitas pelayanan adalah dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis Anda. Jadi, apabila ingin mendirikan bisnis apotek, Anda perlu mencari apoteker yang kompeten dan bisa melayani pelanggan dengan baik.

Namun, bila Anda memilih untuk menggunakan franchise Apotek K-24, perihal pencarian apoteker dan bagaimana pelayanan di apotek nantinya akan didukung penuh oleh Apotek K-24. Artinya, Anda tidak perlu khawatir atau repot dalam mencari apoteker yang bertugas melakukan pelayanan kefarmasian.

Selain itu, Apotek K-24 sudah memiliki standar dalam mencari apoteker. Yuk, hubungi hotline waralaba Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat