Pemantauan Terapi Obat di Apotek, Bagaimana Cara Melakukannya?

Pemantauan Terapi Obat di Apotek, Bagaimana Cara Melakukannya?

Pemantauan Terapi Obat di Apotek, Bagaimana Cara Melakukannya?

  • Oct 20, 2023

Pemantauan Terapi Obat di Apotek adalah suatu kegiatan untuk memastikan pemakaian obat yang aman, efektif, dan rasional bagi pasien. Keberadaan apoteker di apotek sangatlah penting dalam proses kegiatan tersebut karena berhubungan erat dengan sediaan farmasi. Selain itu, dengan adanya terapi obat ini nantinya bisa menjadi salah satu poin penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kegiatan pemantauan terapi obat menjadi salah satu bentuk dari pelayanan kefarmasian yang sudah diatur dalam Permenkes Nomor 73 Tahun 2016. Aktivitas yang satu ini menjadi proses yang komprehensif sehingga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pemantauan terapi obat hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki ilmu penunjang.

Cara Melakukan Pemantauan Terapi Obat di Apotek

Salah satu tujuan dari melakukan pemantauan terapi obat adalah untuk mengoptimalkan efektivitas obat dan meminimalkan efek samping yang mungkin terjadi. Namun, dalam pengadaannya, proses pemantauan terapi obat ini bisa memberikan manfaat yang baik, seperti:

  • Menangani masalah yang berhubungan dengan obat kepada pasien.

  • Membantu pasien untuk menggunakan obat dengan efektif dan sesuai aturan hingga proses penyembuhan berjalan lancar.

  • Menghambat progresivitas penyakit pada pasien.

  • Meningkatkan nilai atau value apotek sehingga kepuasan pelanggan bisa meningkat. Selain meningkatkan penjualan, citra apotek pun menjadi lebih baik.

Ada beberapa langkah dalam pemantauan terapi obat di apotek yang perlu diperhatikan, yaitu:

Mengumpulkan Data Pasien

Meskipun bisa dilakukan untuk semua pasien, tapi apotek perlu menentukan prioritas pasien yang akan dipantau. Dalam menyeleksi ini, Anda bisa melihat kondisi pasien, seperti pasien mempunyai banyak penyakit, pasien kanker, pasien dengan gangguan fungsi hati & ginjal, pasien hamil & menyusui pasien geriatri & pediatri, dan pasien dengan perawatan intensif.

Identifikasi Masalah yang Berhubungan dengan Obat

Ada pasien yang mungkin mengalami permasalahan terkait obat yang dipakai, misalnya:

  • Pemberian obat yang tanpa adanya indikasi.

  • Pemilihan obat yang kurang tepat dengan kondisi pasien.

  • Dosis obat yang diberikan tidak sesuai.

  • Adanya reaksi obat terhadap kesehatan tubuh.

  • Muncul interaksi obat karena penggunaannya yang terlalu banyak.

  • Obat tidak bisa digunakan pasien karena suatu alasan.

Membuat Rencana Pemantauan

Langkah pemantauan terapi obat di apotek yang selanjutnya adalah pembuatan rencana pemantauan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat rencana, seperti:

  • Mempertimbangkan karakteristik obat, efikasi dan efek merugikan dari regimen, perubahan fisiologi pasien, dan efisiensi pemeriksaan laboratorium.

  • Selain memperhatikan pedoman terapi, apoteker juga perlu mempertimbangkan faktor pasien seperti usia, penyakit, dan karakteristik obat.

  • Tingkat keparahan penyakit, kebutuhan khusus pasien, karakteristik obat, biaya, dan kepraktisan pemantauan.

Penilaian PTO

Proses penilaian terhadap PTO, apakah berhasil atau gagal, menjadi langkah dari pemantauan terapi obat di apotek yang selanjutnya. Penilaian ini bisa memutuskan apakah sasaran terapi ini bersifat gagal atau berhasil dalam pengukuran parameter klinis.

Tindak Lanjut

Apabila identifikasi terkait masalah obat di atas sudah selesai dan didapatkan kesimpulan dari apoteker, maka mereka harus menginformasikan kepada tenaga kesehatan yang berkaitan. Tidak hanya itu saja, apoteker juga perlu memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi dengan tepat agar pasien tidak ragu dalam penggunaan obat.

Melihat penjelasan di atas, peran dari apoteker ini sangat penting, ya. Oleh karena itu, ketika ingin mendirikan apotek, Anda perlu mencari apoteker yang profesional dan cakap dalam melayani pasien. Jangan sampai salah mencari orang untuk mengelola apotek Anda.

Nah, itu dia beberapa langkah dalam pemantauan terapi obat di apotek yang perlu diperhatikan. Apabila Anda tertarik mendirikan bisnis apotek, Anda bisa menggunakan franchise Apotek K-24, lho. Caranya tinggal menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat