Cara Mendirikan Apotek, 4 Langkah yang Tidak Boleh Ditinggalkan

Cara Mendirikan Apotek, 4 Langkah yang Tidak Boleh Ditinggalkan

Cara Mendirikan Apotek, 4 Langkah yang Tidak Boleh Ditinggalkan

  • Oct 30, 2023

Membuka dan mengelola usaha apotek ternyata bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya terbatas pada orang-orang lulusan dari farmasi saja. Kendati demikian, sebagai pebisnis Anda tentu perlu tahu bagaimana cara mendirikan apotek yang baik dan tepat sasaran. Sebab, tanpa perencanaan yang tepat, bisnis apotek Anda tidak bisa berjalan atau bertahan dalam waktu lama.

Dewasa ini, prospek bisnis apotek semakin terbuka lebar karena kebutuhan atau permintaan masyarakat yang meningkat. Oleh karena itu, kini banyak pengusaha yang berusaha untuk membuka bisnis apotek agar mendapatkan keuntungan dan bisa membantu masyarakat dalam waktu bersamaan. Jika ingin memulai bisnis apotek, simak penjelasan di bawah ini.

Beberapa Cara Mendirikan Apotek

Seperti yang sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya, membangun sebuah bisnis pasti membutuhkan perencanaan yang panjang. Apalagi jika berbicara tentang bisnis apotek yang berhubungan erat dengan sediaan farmasi.

Di mana farmasi sangat membutuhkan perhatian yang lebih karena sangat sensitif dan berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan menyediakan sediaan farmasi seperti obat. Berikut adalah beberapa langkah dalam mendirikan apotek yang perlu diketahui:

Pelajari Peluang Usaha Apotek

Apabila Anda bukan lulusan dari pendidikan farmasi, maka sangat penting untuk mempelajari seluk beluk bisnis apotek dan juga peluangnya di Indonesia. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda bisa berkonsultasi atau diskusi dengan orang yang paham akan bisnis, legal, farmasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan survei dan analisis terhadap kompetitor yang mungkin dimiliki pada bisnis apotek. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu bagian dari perencanaan marketing dan lain-lain.

Persiapan Perizinan Apotek

Cara mendirikan apotek yang selanjutnya tentu saja mengetahui dan mencari perizinan untuk apotek apa saja yang dibutuhkan. Adanya izin yang legal bisa membantu brand dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap bisnis apotek Anda.

Anda perlu tahu bahwa mengurus semua perizinan untuk apotek ini bisa membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sebab, perizinan yang dimaksud ini tidak hanya 1 atau 2 jenis izin saja. Segala sesuatu tentang perizinan yang diperlukan untuk bisnis apotek ini sudah diatur pada Permenkes Nomor 9 Tahun 2017. Agar bisnis apotek Anda terbilang aman, jangan sampai ketinggalan 1 perizinan, ya.

Pilih Supplier Terpercaya

Apotek adalah sebuah fasilitas yang menyediakan sediaan farmasi, sehingga memilih pemasok obat yang legal dan aman menjadi cara mendirikan apotek yang selanjutnya. Pastikan Anda memilih supplier atau distributor obat yang memiliki izin legal dan hanya memberikan produk asli serta sesuai standar Kemenkes RI.

Oh iya, memilih supplier ini juga tidak boleh sembarangan dan memerlukan kesabaran, ya. Sebab, Anda perlu survey ke satu tempat ke tempat lainnya untuk mengetahui harga, kualitas produk, benefit yang ditawarkan, dan lain sebagainya.

Siapkan Modal yang Dibutuhkan

Menyiapkan modal tentu saja menjadi cara mendirikan apotek yang sangat penting. Modal adalah dasar utama mengapa Anda bisa memulai sebuah bisnis apotek. Modal untuk apotek ini tidak hanya berbentuk dana saja, ya.

Selain modal dalam bentuk uang, Anda juga butuh tanah, bangunan, peralatan, listrik, lokasi yang strategis, listrik, air, SDM, teknologi, biaya promo, dan lain sebagainya yang bisa mendukung bisnis apotek. Hal ini perlu disiapkan dengan detail, ya, agar tidak ada yang terlupakan dan mengganggu operasi bisnis apotek.

Nah, itu dia beberapa cara mendirikan apotek secara umum yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai sebuah bisnis. Apa Anda tahu bahwa terdapat cara lain untuk mendirikan apotek agar bisa lebih cepat dan sederhana.

Salah satu kuncinya adalah dengan menggunakan franchise Apotek K-24. Melalui sistem franchise ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal awal saja, nanti Apotek K-24 akan menyiapkan semua keperluan yang dibutuhkan ketika membangun sebuah apotek.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Franchise Apotek K-24, cara mendirikan apotek jadi lebih mudah dan efektif!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat