6 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Penting Dipraktikkan!

6 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Penting Dipraktikkan!

6 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Penting Dipraktikkan!

  • Oct 03, 2023

Loyalitas yang diberikan pelanggan kepada produk/jasa Anda memang penting bagi keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Sebab, melalui loyalitas ini, Anda akan terus memiliki orang yang sukarela menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Namun, masih banyak pebisnis yang mungkin belum tahu bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang baik dan bisa bertahan lama?

Pada ulasan sebelumnya, disebutkan bahwa pelanggan menjadi aset yang sangat penting untuk Anda miliki sebagai pemilik sebuah bisnis. Selain itu, membuat pelanggan agar lebih loyal ini ternyata lebih sulit daripada menemukan pelanggan baru. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan orang yang datang dan menjadi pelanggan, jika bisa ubah mereka menjadi lebih loyal pada bisnis Anda.

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan akan berpengaruh pada sebuah bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Selain membantu untuk mendapatkan nilai penjualan, loyalitas ini juga mampu untuk menekan biaya promosi dan juga menciptakan reputasi brand yang baik di mata masyarakat.

Banyak perusahaan yang berlomba-lomba memperluas pasar dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Sebab, mendapatkan dan meningkatkan loyalitas pelanggan ini bukan perkara yang mudah dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Berikut beberapa cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang perlu Anda tahu.

Kemudahan Transaksi

Pada era digital ini, metode pembayaran kini lebih berkembang dan banyak sekali jenisnya, mulai dari pembelian online, transfer bank, pembayaran langsung, hingga pembayaran dengan QRIS. Oleh karena itu, untuk membuat pembeli nyaman, Anda perlu menciptakan transaksi yang semudah mungkin dan bisa dilakukan dengan cara apapun.

Sediakan berbagai metode pembayaran agar pembeli memiliki banyak pilihan dan tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana untuk membayarnya.

Berikan Penawaran yang Menarik

Memberikan penawaran juga bisa menjadi kunci untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Penawaran ini sebenarnya tidak hanya berbentuk produk/jasa saja. Jadi, selain menawarkan produk/jasa yang limited edition, Anda juga dapat membuat sebuah promo, bonus, atau jaminan terhadap produk/jasa yang ditawarkan.

Perhatian yang Baik

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang selanjutnya adalah dengan memberikan perhatian kepada pelanggan. Hal ini bisa dimulai dengan menanyakan sebenarnya apa kebutuhan mereka dan apa yang diinginkan.

Melalui perhatian-perhatian kecil ini, pelanggan akan merasa dihargai dan mereka bisa memiliki kesan yang baik terhadap bisnis Anda.

Timbal Baik yang Sepadan

Untuk mendapatkan pelanggan setia, Anda perlu menempatkan pikiran bahwa berbisnis bukan untuk mencari keuntungan bagi diri sendiri saja tapi juga memberikan keuntungan kepada konsumen. Ketika kedua belah pihak mendapatkan keuntungan, maka pelanggan akan sulit untuk meninggalkan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Jalin Komunikasi yang Baik

Menjalin komunikasi yang baik dan bersifat dua arah menjadi salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa menggunakan berbagai media, mulai dari media sosial, website, email, chat, telepon, dan lain sebagainya untuk menjalin komunikasi yang interaktif.

Dengarkan dan Berikan Solusi

Keluhan dan pujian dari pelanggan menjadi salah satu feedback yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Sebab, melalui keluhan dan pujian ini Anda bisa meningkatkan apa yang kurang sehingga bisnis bisa berkembang. Selain itu, jika pelanggan memiliki keluhan dan pertanyaan terhadap bisnis Anda, coba untuk dengarkan mereka, tampung keluhan, dan jika bisa berikan solusi dari kekhawatiran mereka.

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang penting untuk dilakukan pada bisnis Anda. Apotek K-24 sebagai salah satu bisnis apotek di Indonesia juga sudah melakukan semua langkah-langkah di atas dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk berbisnis dengan usaha yang memiliki banyak pelanggan setia, pilih saja franchise Apotek K-24. Cepat-cepat hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang sudah dipercaya banyak orang. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat