Loyalitas Pelanggan Adalah: Pengertian dan Tips Meningkatkannya

Loyalitas Pelanggan Adalah: Pengertian dan Tips Meningkatkannya

Loyalitas Pelanggan Adalah: Pengertian dan Tips Meningkatkannya

  • Sept 27, 2023

Loyalitas pelanggan adalah salah satu tujuan dari proses meningkatkan kadar kepuasan pelanggan yang memerlukan berbagai strategi. Sebuah bisnis, apalagi bisnis apotek, tidak akan bisa bertahan jika hanya bergantung pada pelanggan-pelanggan baru saja. Sebab, orang yang dianggap sebagai pelanggan loyal juga memiliki peran penting terhadap keberlangsungan dan kemajuan bisnis.

Oleh karena itu, kini banyak bisnis di Indonesia yang menerapkan program untuk pelanggan setia. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis kopi, bisnis laundry, swalayan, hingga bisnis apotek sekalipun berlomba-lomba untuk memberikan program pelanggan setia yang menarik. Hal ini karena pelanggan setiap akan memberikan dampak yang besar untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Loyalitas Pelanggan Adalah…

Pelanggan yang setia (loyal) biasanya akan menjadi aset yang sangat berharga bagi semua bentuk bisnis. Sebab, melalui pelanggan setia inilah, Anda bisa menyebarkan informasi tentang bisnis Anda secara luas dan sukarela.

Hal tersebut lama-kelamaan akan berpengaruh pada tingkat penjualan dan juga meningkatkan reputasi bisnis Anda. Jadi, jangan anggap remeh keberadaan pelanggan-pelanggan setia ini. Dalam membentuk pelanggan setia ini, Anda sebagai pemilik bisnis perlu pintar-pintar dalam menerapkan loyalitas pelanggan.

Jika demikian, sebenarnya apa itu loyalitas pelanggan?

Loyalitas pelanggan adalah sebuah strategi bisnis yang berusaha untuk mempertahankan pelanggan lama agar mereka mau terus memakai produk/jasa yang ditawarkan. Fokus pada mendatangkan pelanggan baru memang bagus untuk sebuah bisnis, tapi begitu pula dengan mempertahankan pelanggan lama.

Adanya pelanggan setia atau loyal ini bisa menjadi bukti bahwa bisnis Anda sangat disukai dan dipercaya oleh masyarakat. Seperti yang Anda tahu, kepercayaan tersebut akan lahir ketika pelanggan merasa puas dan suka dengan layanan dan produk yang Anda tawarkan.

Kepuasan dan kepercayaan dari pelanggan inilah yang akan membantu pertumbuhan bisnis dan mampu bertahan di tengah krisis atau persaingan.

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Melihat pentingnya loyalitas pelanggan, tentu saja Anda memerlukan ide-ide menarik untuk menyusun strategi dalam mendapatkan pelanggan setia ini. Oleh karena itu, tips-tips meningkatkan loyalitas pelanggan adalah sebagai berikut:

Tingkatkan Rasa Nyaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan ketika menggunakan produk/jasa Anda adalah kunci untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, prioritaskan layanan Anda kepada pelanggan, buat mereka merasa nyaman sehingga bisa membentuk pengalaman yang tak terlupakan.

Buat Program Rewards

Dewasa ini, promo dan hadiah (reward) adalah hal-hal yang sangat menarik perhatian pelanggan. Melalui program rewards ini, pelanggan akan lebih antusias untuk berbelanja di tempat Anda. Selain itu, kode referral juga kini menjadi salah satu cara menarik untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Jadi, pastikan untuk membuat sebuah program promo atau reward yang bisa menarik perhatian dan membuat pelanggan senang untuk berbelanja di toko Anda, ya.

Kolaborasikan Bisnis dengan Figur Publik

Bekerja sama atau berkolaborasi dengan public figure juga bisa menjadi kunci dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Kehadiran mereka dapat memberikan kesan bahwa Anda peduli dan ingin berinteraksi dengan konsumen. Interaksi yang lebih intim ini nantinya bisa membangun loyalitas pelanggan.

Melihat penjelasan di atas, meningkatkan loyalitas pelanggan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apabila masih bingung dengan meningkatkan loyalitas ini, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan bisnis dengan brand yang sudah dipercaya masyarakat, contohnya franchise Apotek K-24.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang loyalitas pelanggan adalah dan tips-tips untuk meningkatkannya. Apabila Anda tertarik untuk berbisnis bersama Apotek K-24, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat