5 Dimensi Kualitas Pelayanan, Wajib Diterapkan pada Bisnis Apotek

5 Dimensi Kualitas Pelayanan, Wajib Diterapkan pada Bisnis Apotek

5 Dimensi Kualitas Pelayanan, Wajib Diterapkan pada Bisnis Apotek

  • Oct 27, 2023

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam mempertahankan bisnis agar bisa berjalan dengan lancar. Nah, kepuasan tersebut datangnya dari seberapa bagus kualitas pelayanan yang Anda berikan kepada pelanggan. Ada 5 dimensi kualitas pelayanan yang perlu Anda perhatikan jika ingin meningkatkan kepuasan pelanggan untuk bisnis Anda, baik bisnis apotek, kuliner, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, kualitas pelayanan bisa berbentuk perbandingan ekspektasi pelanggan dengan kinerja dari perusahaan. Ketika Anda sebagai pemilik apotek bisa memberikan kualitas pelayanan yang tinggi, maka kepuasan pelanggan pun juga tinggi. Hal ini biasanya digambarkan dengan Anda yang berhasil memenuhi kebutuhan masyarakat.

5 Dimensi Kualitas Pelayanan

Dalam mendapatkan kualitas pelayanan yang tinggi ada beberapa unsur yang perlu Anda penuhi. Semakin banyak dimensi yang terpenuhi, maka semakin tinggi pula tingkat kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Oleh karena itu, unsur-unsur ini penting untuk Anda ketahui jika ingin mendirikan sebuah bisnis.

Zeithaml, Parasuraman, dan Berry mengatakan setidaknya terdapat lima dimensi yang bisa digunakan untuk mengevaluasi tingkat kualitas pelayanan bisnis. 5 dimensi ini dinamakan sebagai Servqual atau Service Quality.

Apabila Anda sebagai pelaku bisnis mengerti dimensi-dimensi ini, maka Anda akan mudah mendapatkan pelanggan baru dan juga mengubahnya menjadi pelanggan loyal. Berikut adalah 5 dimensi kualitas pelayanan yang perlu diketahui:

Keandalan (Reliability)

Reliability merupakan kemampuan dari perusahaan dalam memberikan pelayanan untuk pelanggan. Dalam bisnis apotek artinya pelayanan kefarmasian yang dilakukan apoteker. Keandalan ini bisa dikatakan kemampuan yang lebih abstrak karena bersinggungan langsung dengan harapan konsumen.

Contoh dari keandalan ini adalah kecepatan dan ketepatan dari apoteker dalam melayani pelanggan. Misalnya saja apakah sikap apoteker terbilang ramah atau tidak saat berkomunikasi. Selain itu, apakah apoteker bisa memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dialami pasien.

Jaminan (Assurance)

Selain sikap, Anda juga bisa harus bisa memberikan jaminan atau kepastian pada pelanggan agar mereka tidak khawatir ketika menggunakan produk/jasa dari bisnis Anda. Salah satu 5 dimensi kualitas pelayanan ini berkaitan dengan sistem mutu dari perusahaan.

Dalam bisnis apotek, jaminan ini mungkin bisa berbentuk keamanan selama menggunakan obat atau alat kesehatan.

Tampilan (Tangible)

Jika keandalan bersifat abstrak, maka dimensi tampilan ini berdasarkan dari kualitas fisik pada produk/jasa yang Anda tawarkan pada pelanggan. Tampilan fisik tidak hanya terbatas pada tempat bisnis saja, tapi juga fisik pekerja, fisik produk, dan apa saja yang bisa dilihat pelanggan.

Oleh karena itu, apotek yang Anda miliki sebaiknya memiliki rak dengan obat tersusun rapi, bersih, dan enak dilihat. Hal ini juga termasuk bagaimana bentuk apoteker ketika melayani hingga harga dan kualitas produk.

Empati

5 dimensi kualitas pelayanan yang selanjutnya adalah empati. Dimensi ini erat dengan perhatian pelayan atau apoteker yang tulus terhadap keadaan pelanggan. Empati biasanya digambarkan dengan mencoba memposisikan diri Anda pada kondisi pelanggan. Apabila apoteker bisa melakukan hal tersebut, maka mereka bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Responsif

Sama dengan namanya, dimensi responsif ini berhubungan langsung dengan ketanggapan dari pihak pelayan atau pekerja. Hal ini bisa terjadi jika pelanggan menemukan kendala saat menggunakan produk, maka bagaimana respon dari Anda.

Misalnya saja, seorang pelanggan tiba-tiba mengalami alergi terhadap obat yang apoteker Anda berikan, maka apoteker harus bisa meresponnya dengan memberikan solusi yang tepat.

Nah, itu dia 5 dimensi kualitas pelayanan yang harus Anda perhatikan jika ingin mendirikan bisnis apotek. Semua dimensi ini sangat berpengaruh tapi tidak semuanya masuk dalam prioritas. Kualitas pelayanan ini tentu juga menjadi perhatian lebih dari bisnis Apotek K-24.

Oleh karena itu, hingga saat ini Apotek K-24 bisa terus berkembang dan tetap dipercaya masyarakat Indonesia meski sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Bagi Anda yang masih bingung dalam mendirikan sebuah bisnis, maka bisa menggunakan franchise Apotek K-24. Selain mudah, Anda akan mendapatkan dukungan penuh untuk mengelola bisnis apotek.

Jadi, segera saja hubungi hotline waralaba Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat