Usaha Apotek untuk Pemula? Buka Saja dengan Franchise Apotek K-24!

Usaha Apotek untuk Pemula? Buka Saja dengan Franchise Apotek K-24!

  • Feb 16, 2023

Membuka usaha memang bisa menjadi sebuah investasi yang bisa dimanfaatkan di masa mendatang. Namun, dalam memilih sebuah usaha sendiri sebaiknya memilih pasar yang tidak mengikuti tren tapi selalu dibutuhkan, apotek contohnya. Namun, bagaimana sih memulai usaha apotek untuk pemula?

Bagi pemula di bidang bisnis mungkin merasakan banyak kekhawatiran ketika ingin membuka suatu usaha. Beberapa pertanyaan seperti apakah usahanya akan laku, bisa untung atau rugi, hingga apakah usaha akan bertahan lama lah ini menjadi momok yang menakutkan. Namun, di lain pihak memulai usaha bisa membuka pintu pendapatan yang tak terkira.

Tips Sukses Memulai Usaha Apotek untuk Pemula

Seperti yang kita tahu, kesehatan sudah masuk ke dalam kebutuhan primer masyarakat. Hal ini karena kesadaran masyarakat terhadap kesehatan yang semakin tinggi. Oleh karena itu, usaha dalam bidang apotek bukanlah usaha yang mengikuti tren tapi memang suatu kebutuhan.

Selain itu, adanya BPJS dari pemerintah membuat pasar farmasi lebih terbuka peluangnya. Sebab, dengan adanya asuransi, masyarakat menjadi lebih terbantu untuk membeli kebutuhan kesehatan.

Namun, tidak mudah, lho, untuk memulai usaha sejak awal. Banyak sekali hal yang perlu disiapkan matang-matang. Berikut adalah beberapa tips bagi para pemula jika ingin membuka usaha dalam bentuk apotek:

a. Konsultasi dengan Banyak Ahli

Tidak hanya ahli farmasi saja, Anda juga harus berkonsultasi dengan ahli bisnis dan hukum jika ingin membuka usaha apotek. Sebab, bidang farmasi ini terikat oleh banyak peraturan perundang-undangan, mulai dari perizinan pembangunan hingga praktek para apoteker.

Selain itu, berdiskusi dengan pemilik apotek yang sudah sukses bisa menjadi wawasan baru. Lewat hal ini, Anda bisa mengetahui apa saja tantangan dalam mengelola usaha apotek.

b. Melakukan Riset

Tips memulai usaha apotek untuk pemula yang selanjutnya adalah melakukan riset dalam-dalam. Cara yang satu ini dapat meminimalisir kemungkinan kerugian ketika memulai usaha. Terdapat beberapa poin yang harus Anda riset, yaitu:

  • Segmen pasar, seperti demografi dan membuat analisis SWOT.

  • Visualisasi yang menarik pelanggan.

  • Proyeksi anggaran atau modal pertama untuk membuka apotek.

  • Berbagai persyaratan untuk mendirikan usaha apotek.

  • Rekrutmen staf ahli dalam bidang farmasi.

c. Membuat Rencana Bisnis

Ketika berbagai riset di atas sudah dilakukan dengan pasti dan datanya pun benar adanya, maka Anda bisa membuat perencanaan bisnis. Perencanaan yang baik biasanya menggabungkan pengetahuan secara teoritis, riset lapangan, dan hasil konsultasi bersama para ahli.

Rencana bisnis apotek ini sangat penting karena bisa memberikan panduan dan menjaga keamanan apotek, baik dalam segi finansial atau hukum. Pada umumnya, rencana bisnis ini berisikan strategi pemasaran, rencana keuangan, analisis kompetitif, hingga rencana operasional dan manajemen.

d. Strategi Penyediaan Produk Obat dan Alat kesehatan

Apotek merupakan usaha di bidang farmasi, yang artinya Anda harus menyediakan obat dan alat kesehatan untuk masyarakat. Oleh karena itu, memilih supplier yang aman dan bagaimana menyimpannya bisa menjadi tips untuk membuka usaha apotek untuk pemula.

Hal tersebut bukan perkara yang mudah karena membutuhkan strategi khusus. Pembelian dan penyimpanan persediaan harus seimbang dengan pengeluaran anggaran dan hasil penjualan. Banyak yang menggunakan teknologi atau aplikasi untuk memudahkan dan menghindari kesalahan.

Membuka Usaha Apotek untuk Pemula Bersama Apotek K-24

Melihat penjelasan di atas, membuka usaha apotek untuk pemula ini memang membutuhkan langkah dan perencanaan yang panjang. Apabila masih kurang yakin untuk melakukan itu semua, Anda bisa memilih waralaba Apotek K-24 untuk memulai usaha.

Waralaba atau franchise merupakan sistem bisnis yang sedang populer di kalangan masyarakat. Selain itu, sistem ini juga cocok bagi orang-orang yang ingin memulai usaha tapi masih bingung untuk mengawalinya.

Dengan waralaba Apotek K-24, Anda dapat memulai usaha dengan brand yang kuat sehingga sudah dipercaya banyak orang. Tidak hanya itu saja, berbagai dukungan juga diberikan oleh Apotek K-24, mulai dari perizinan, rekrutmen staf, strategi pemasaran, hingga IT software.

Yuk, bergabung dengan apoteknya Indonesia, Apotek K-24 lewat:

Website: https://franchisek24.com/

Instagram: @franchisek24 atau @k24sobatsehatkitakita

Tiktok: @apotekk24official

 Hotline waralaba: 081212012424

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat