Apa yang Dimaksud dengan Stock Opname? Pahami agar Bisnis Laris!

Apa yang Dimaksud dengan Stock Opname? Pahami agar Bisnis Laris!

Apa yang Dimaksud dengan Stock Opname? Pahami agar Bisnis Laris!

  • Feb 21, 2024

Orang-orang yang mengelola bisnis dengan menjual produk-produk biasanya akan mengenal istilah stock opname. Kegiatan dari stock opname ini dianggap sangat penting untuk karena dapat mempengaruhi nilai penjualan dan kualitas layanan bisnis Anda. Jika demikian, apa yang dimaksud dengan stock opname? Apakah penting untuk bisnis apotek?

Banyak pihak yang mengatakan bahwa melakukan stock opname secara rutin memberikan dampak besar pada bisnis. Oleh karena itu, seluruh staf yang terlibat dalam bisnis retail biasanya perlu mengerti bagaimana melakukan stock opname secara menyeluruh, mulai dari pengertian hingga tujuan utama melakukannya. Hal ini agar stock opname bisa berjalan lebih optimal.

Apa yang Dimaksud dengan Stock Opname?

Pada dasarnya, stock opname adalah kegiatan untuk menghitung stok barang yang tersedia, baik yang ada di dalam gudang atau di toko. Stok barang ini pastinya jumlahnya tidak sedikit, oleh karenanya harus dilakukan dengan teliti dan cermat.

Mengapa demikian? Agar hasil dari penghitungan stok ini akurat sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar dalam menghasilkan keuntungan. Kegiatan stock opname ini bisa dilakukan secara manual, hanya saja akan membutuhkan biaya dan waktu yang lebih.

Selain itu, terjadi selisih jumlah stok yang merugikan perusahaan juga akan rentan terjadi. Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi dan informasi, kini aktivitas stock opname bisa diterapkan menggunakan aplikasi tersendiri. Namun, tentu saja Anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membuat aplikasi ini.

Tujuan Melakukan Stock Opname dalam Bisnis

Selain memahami apa yang dimaksud dengan stock opname, Anda juga harus tahu kalau aktivitas stock opname memiliki tujuan yang baik dalam bisnis. Tujuan ini tentu saja berhubungan erat dengan mengembangkan bisnis agar bisa terus maju dan tidak stagnan.

Apa saja tujuan-tujuan ini? Simak penjelasan berikut ini:

  • Mengetahui jumlah stok barang, di mana barang dalam gudang dan toko harus sesuai dengan hasil pencatatan sehari-hari.

  • Menghindari terjadinya kesalahan dalam mengelola stok barang.

  • Memastikan data pencatatan stok barang pada gudang sesuai dengan kenyataan dan akurat hasilnya.

  • Mempermudah perusahaan dalam mengetahui jumlah barang yang keluar-masuk karena penjualan atau pembelian.

  • Memastikan stok di toko tidak kehabisan sehingga konsumen bisa nyaman dalam berbelanja.

Oh iya, apapun industri bisnis yang Anda jalankan, melakukan apa yang dimaksud dengan stock opname ini sangat penting dalam mencegah kerugian, lho. Contohnya saja, bisnis apotek, di mana stok obat dan produk kesehatan lainnya sangat rentan terjadi kerusakan.

Dengan melakukan stock opname, Anda yang mengelola bisnis apotek bisa menghindari kerusakan obat dan stok menumpuk yang bisa berakhir pada masa kadaluarsa. Jadi, jangan lewatkan kegiatan stock opname ini, ya, kalau Anda memiliki bisnis apotek.

Melakukan apa yang dimaksud dengan stock opname ini memang tidaklah mudah, tapi kegiatan ini agaknya akan lebih mudah jika menggunakan franchise Apotek K-24. Kok bisa? Apotek K-24 sudah memiliki sistem dan aplikasi yang baik dalam melakukan stock opname di masing-masing gerai.

Apalagi sudah lebih dari 20 tahun Apotek K-24 menjalankan bisnis apotek sehingga Apotek sudah mengerti seluk beluknya. Jika Anda tertarik, langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 karena pada tanggal 23-26 Februari 2024 besok sedang ada promo menarik diskon 50% untuk royalty fee 6 bulan pertama. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang apa yang dimaksud dengan stock opname, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat