Apa itu Fixed Cost? Apakah Penting untuk Bisnis?

Apa itu Fixed Cost? Apakah Penting untuk Bisnis?

Apa itu Fixed Cost? Apakah Penting untuk Bisnis?

  • Agust 04, 2023

Pada setiap bentuk usaha, baik bisnis mandiri atau franchise, pasti ada apa yang disebut sebagai variable cost atau fixed cost. Kedua istilah tersebut adalah apa yang dinamakan dengan biaya yang keluar dalam sebuah bisnis yang Anda kelola. Setiap usaha pasti memiliki biaya yang harus dikeluarkan agar dapat berjalan dengan lancar. Jika demikian, apa itu fixed cost?

Dalam dunia akuntansi, fixed cost atau dalam bahasa Indonesia berarti biaya tetap biasanya akan terlihat ketika perusahaan tidak ada kegiatan atau produksi, maupun saat ada kegiatan. Artinya, ada atau tidaknya kegiatan tidak akan memberikan pengaruh pada biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Apa itu Fixed Cost?

Pada umumnya, fixed cost adalah biaya yang nilainya akan tetap dan tidak akan berubah meskipun ada peningkatan atau penurunan produksi barang/jasa. Sementara OJK sendiri mengartikan fixed cost sebagai biaya perusahaan di mana besarannya tidak akan terpengaruh dengan kegiatan di dalamnya.

Artinya, biaya tetap ini bersifat konstan dan tidak akan berubah dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Jadi, biasanya fixed cost ini sudah ditetapkan dengan perjanjian kontrak atau bentuk perjanjian lainnya.

Dalam praktiknya, fixed cost berupa gaji karyawan, pajak properti, sewa bangunan, dan biaya manajemen lainnya yang non-personal penjualan.

Jenis-jenis Fixed Cost

Itu dia penjelasan singkat yang menjawab pertanyaan apa itu fixed cost. Biaya tetap sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa jenis fixed cost:

  • Diskresi, sebuah biaya pada periode tertentu, biasanya juga bisa disebut dengan aset tetap yang bisa dikurangi atau dihilangkan sekaligus. Contoh dari diskresi adalah kampanye iklan, pelatihan karyawan, kegiatan penelitian, hubungan masyarakat, dan lain sebagainya.

  • Committed fixed cost, sebuah biaya yang wajib dikeluarkan dan berperan penting karena berhubungan langsung dengan fasilitas perusahaan. Contoh dari jenis biaya tetap ini adalah sewa bangunan, pajak, asuransi, penyusutan atau pembelian peralatan.

  • Separable fixed cost, merupakan biaya tetap yang biasanya dipisahkan dari satu divisi ke divisi lainnya. Jadi, setiap divisi atau departemen akan mempunyai biaya tetap masing-masing tapi masih berkaitan satu sama lain.

Jadi, mau berbisnis menggunakan franchise atau membentuk bisnis sendiri, Anda pasti mengeluarkan biaya tetap di atas. Sebab, tanpa biaya tetap (fixed cost) perusahaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Artinya, Anda juga akan menemukan biaya tetap ini ketika menggunakan franchise Apotek K-24. Jika ingin melihat berapa besaran fixed cost yang dibutuhkan satu gerai apotek, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI..

 Demikian ulasan tentang apa itu fixed cost, semoga dapat bermanfaat.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat