Pelayanan Informasi Obat Adalah: Pengertian dan Cara Melakukannya

Pelayanan Informasi Obat Adalah: Pengertian dan Cara Melakukannya

Pelayanan Informasi Obat Adalah: Pengertian dan Cara Melakukannya

  • Nov 02, 2023

Pelayanan informasi obat adalah suatu hal yang wajib dilakukan dalam bisnis apotek karena sudah diatur dalam Permenkes Nomor 73 Tahun 2016. Memberikan pelayanan berupa informasi obat ini bisa membuat Anda mendapatkan pelanggan loyal, lho. Oleh karena itu, pelayanan kefarmasian di apotek ini perlu Anda maksimalkan agar banyak masyarakat yang percaya pada bisnis apotek Anda.

Pelayanan yang lengkap memang menjadi suatu hal yang dicari-cari oleh para pelanggan. Ketika pelanggan Anda merasa puas dengan pelayanan Anda, maka mereka akan dengan senang hati untuk kembali lagi. Begitu pula dengan pelayanan yang ada di apotek, semakin pelanggan mendapatkan apa yang diharapkan, maka pelanggan mau untuk kembali lagi untuk mendapatkan solusi.

Pelayanan Informasi Obat Adalah…

Pelayanan informasi obat ternyata sudah masuk ke dalam salah satu standar pelayanan kefarmasian yang harus ada di apotek. Kegiatan yang satu ini begitu penting, baik untuk apoteker yang melakukan layanan juga pelanggan yang mendapatkan layanan.

Oleh karena itu, sebagai pemilik apotek, Anda tidak boleh menyepelekan pelayanan yang satu ini. pelayanan informasi obat adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi mengenai obat yang tidak memihak, dievaluasi secara kritis, dan dengan bukti nyata dalam penggunaan obat oleh apoteker langsung.

Pemberian informasi dan saran tentang obat ini tidak hanya kepada pasien saja, lho, tapi juga keluarga pasien, masyarakat umum, dan profesi kesehatan lainnya. Informasi obat yang diberikan ini termasuk semua jenis obat, mulai dari obat bebas, obat keras, obat herbal, suplemen, dan vitamin.

Apoteker pada umumnya harus memberikan informasi obat yang meliputi bentuk sediaan, indikasi, dosis, cara penggunaan obat, keamanan terhadap ibu hamil, cara penyimpanan, interaksi, harga, dan informasi khusus lainnya. Pemberian informasi obat ini juga bisa dilakukan secara luas, seperti dalam penyuluhan.

Cara Memberikan Pelayanan Informasi Obat kepada Pasien

Pelayanan informasi obat adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh apoteker yang bisa dibantu oleh tenaga teknis kefarmasian dan semua staf apotek. Namun, dalam memberikan informasi ini, apoteker tidak boleh sembarangan karena perlu menyiapkan materi untuk pengetahuan.

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh apotek:

  • Persiapan, dengan menyiapkan formulir PIO dan buku terkait kefarmasian.

  • Pelaksanaan, bisa berupa menjawab pertanyaan tentang obat, menyebarkan brosur/leaflet kepada pengunjung, memberikan edukasi kepada pasien, memberikan pelatihan terkait penggunaan obat, dan melakukan program jaminan mutu.

  • Evaluasi, sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan setiap pada akhir periode dengan merangkum jumlah pertanyaan, jenis pertanyaan, dan tujuan. Hal ini untuk melihat bagaimana respon atau feedback dari masyarakat.

Melihat pentingnya kegiatan pelayanan informasi obat di apotek ini, agaknya Anda sebagai pemilik bisnis perlu mencari apoteker yang bisa melakukan pelayanan kefarmasian dengan baik. Selain itu, penting juga melakukan pelatihan kepada apoteker agar siap dalam melayani masyarakat.

Nah, pencarian apoteker yang kompeten dan urusan pelatihan ini akan lebih terjamin ketika Anda menggunakan franchise Apotek K-24. Lewat franchise Apotek K-24 Anda akan mendapatkan dukungan penuh, khususnya SDM yang dibutuhkan untuk jalannya bisnis apotek.

Jadi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang pelayanan informasi obat adalah dan cara melakukan pelayanannya, semoga bermanfaat

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat