4 Kesalahan dalam Berbisnis, Antisipasi sebelum Terjadi Kerugian

4 Kesalahan dalam Berbisnis, Antisipasi sebelum Terjadi Kerugian

4 Kesalahan dalam Berbisnis, Antisipasi sebelum Terjadi Kerugian

  • Feb 05, 2024

Kesalahan dalam berbisnis bisa dilakukan semua pelaku usaha yang ada di Indonesia. Hal ini tentu saja sebuah perihal yang wajar karena semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik saat mengambil keputusan, salah mencatat, atau lain sebagainya. Namun, kesalahan-kesalahan berbisnis ini dapat Anda minimalisir dengan mengetahui apa saja yang biasanya dilakukan.

Dalam mengelola bisnis tidak hanya satu kepentingan saja yang yang diurus dan harus diperhatikan. Ada beberapa urusan seperti keuangan, operasional, kebutuhan produk/jasa, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan kalau terjadi kesalahan di beberapa bagian. Kesalahan ini bisa bersifat besar atau kecil tapi tetap saja bisa saja akan merugikan bisnis yang dikelola.

4 Kesalahan dalam Berbisnis

Merintis dan mengelola bisnis bisa sangat membingungkan bagi sebagian orang. Apabila Anda tidak memiliki tujuan yang pasti, maka Anda sebagai pelaku bisnis bisa kewalahan dan kebingungan apa yang harus dilakukan.

Alhasil, Anda dapat melakukan banyak kesalahan yang sebenarnya wajar terjadi. Walaupun Anda bisa belajar dari kesalahan yang ada, sebaiknya Anda bisa mengantisipasinya atau menghindarinya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang biasanya terjadi dan dapat merugikan bisnis Anda:

Mengabaikan Pencatatan Keuangan

Pencatatan dalam urusan keuangan merupakan sebuah hal yang sangat esensial dalam keberlangsungan bisnis. Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan dalam berbisnis dengan malas mencatat setiap aktivitas uang masuk atau keluar.

Hal tersebut akan membuat manajemen keuangan Anda terbilang kurang baik. Sebab, tanpa pencatatan Anda tidak bisa memonitor kondisi keuangan bisnis, apakah mengalami kerugian atau keuntungan. Jadi, meskipun bisnis Anda masih bersifat kecil, jangan sampai lupakan pencatatan keuangan.

Tidak Ada Evaluasi Kinerja

Evaluasi kerja sangat penting dilakukan setiap periode. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan pada suatu program yang dilakukan dalam bisnis. Nah, evaluasi ini bisa bersifat evaluasi kinerja pegawai atau evaluasi program kerja.

Ketika Anda tidak melakukan evaluasi kinerja, maka Anda tidak akan mengetahui kesalahan bisnis atau pencapaian apa yang diperoleh. Padahal, dengan evaluasi ini Anda bisa mengembangkan bisnis agar lebih berkembang.

Kurang Mengenal Target Sasaran

Kesalahan dalam berbisnis yang selanjutnya adalah Anda kurang mengenal target sasaran pasar. Ketika Anda tidak mengenal target pasar, maka jumlah penjualan juga tidak akan sesuai dengan target yang diinginkan.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai dan memasarkan produk/jasa, Anda perlu melakukan riset pasar. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui demografi masyarakat sehingga tepat sasaran saat memasarkan produk/jasa.

Tidak Punya Rencana Pengembangan

Bisnis yang berjalan secara stagnan selama berbulan-bulan bisa dinamakan tidak maju. Artinya, tidak ada inovasi dan Anda hanya melakukan kebiasaan yang itu-itu saja. Padahal, bisnis yang stagnan lama-lama bisa mengalami kerugian karena negara mengalami inflasi setiap tahun.

Oleh karena itu, tidak memiliki rencana pengembangan menjadi kesalahan dalam berbisnis yang sering dilakukan. Hal ini bisa terjadi saat pebisnis takut berinovasi atau tidak berani mengambil risiko untuk berkembang.

Berbagai kesalahan dalam berbisnis di atas bisa Anda minimalisir dengan memahami dunia bisnis secara mendalam. Selain itu, Anda juga bisa beralih dengan bisnis franchise yang memudahkan para pelaku bisnis.

Dengan franchise Anda tidak akan merasa sendiri saat mengelola bisnis. Jadi, apabila tertarik dengan bisnis franchise, Anda bisa menggunakan franchise Apotek K-24, lho. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 apabila Anda tidak ingin memulai bisnis dari nol. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat