Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba, Jadi Bahan Pertimbangan!

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba, Jadi Bahan Pertimbangan!

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba, Jadi Bahan Pertimbangan!

  • Oct 07, 2023

Franchiseatau waralaba kini menjadi salah satu pilihan bisnis yang populer dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena keuntungan yang didapatkan katanya bisa menutupi kekurangan yang mungkin didapat ketika menggunakan sistem waralaba. Jika demikian, apa saja keuntungan dan kerugian bisnis waralaba yang harus Anda ketahui?

Bisnis waralaba sebenarnya sudah sangat populer di negara Amerika karena sebagian besar perusahaan di sana pasti menggunakan sistem ini. Namun, kini nama franchise sudah terkenal di banyak negara dan juga digunakan dalam membangun sebuah bisnis. Tidak tertinggal pula di Indonesia, di mana perkembangan franchise dimulai pada tahun 1950-an.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba

Mempunyai sebuah bisnis yang sukses pastinya menjadi impian semua orang. Sebab, dengan berbisnis, Anda akan memiliki freedom financial, di mana Anda sebagai pemilik bebas dan berhak untuk mengambil keputusan.

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membangun dan mengelola bisnis tidaklah mudah. Belum lagi ketidakpastian apakah bisnis akan untung atau rugi. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk menggunakan sistem waralaba, di mana tingkat kesuksesannya lebih tinggi daripada jika harus membangun bisnis sendiri.

Namun, seperti sistem bisnis lainnya, waralaba tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangan. Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian bisnis waralaba jika Anda memakai salah satunya sebagai franchisee:

Kelebihan Bisnis Waralaba

Pada umumnya, waralaba memungkinkan bagi Anda untuk berbisnis menggunakan brand produk/jasa yang sudah terkenal. Hal ini tentu membuat Anda yang menggunakan franchise bisa selangkah lebih maju daripada bisnis mandiri. Inilah beberapa kelebihan ketika menggunakan franchise:

  • Merek sudah dipercaya di masyarakat sehingga memiliki pelanggan yang loyal terhadap brand franchise.

  • Memiliki sistem manajemen yang sudah terbangun dan rapi, artinya Anda tidak perlu memikirkan SOP, laporan keuangan, dan lain sebagainya. Sebab, aturan berbisnis yang baik sudah diberikan oleh franchisor.

  • Kerja sama dengan pihak lain sudah terbangun sejak awal, mulai dari pemasok bahan baku, pemasaran, periklanan, dan lain sebagainya.

  • Peluang untuk bisnis sukses lebih besar dan cepat daripada bisnis mandiri karena sudah memiliki pasanya sendiri.

  • Manajemen finansial sudah tersusun sempurna sehingga tidak akan ada kesalahan dalam penghitungan keuangan.

Kekurangan Bisnis Waralaba

Itulah keuntungan dan kerugian bisnis waralaba dari segi kelebihan, tentu tidak imbang jika hanya mengulas dari hal positifnya saja. Hal yang harus diingat adalah waralaba memungkinkan Anda untuk menggunakan brand orang lain, jadi Anda juga harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan.

Berikut adalah beberapa kekurangan jika menggunakan waralaba:

  • Kendali Anda sebagai franchisee terhadap bisnis yang dijalankan kurang dari jika bisnis sendiri.

  • Ketergantungan dengan reputasi dari pengguna waralaba lainnya.

  • Biasanya membutuhkan modal awal yang lebih banyak.

  • Terdapat potongan keuntungan yang harus diberikan setiap bulan, biasanya dinamakan royalty fee.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian bisnis waralaba yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin menggunakannya. Salah satu contoh waralaba asli Indonesia yang cocok untuk menjadi pilihan Anda adalah franchise Apotek K-24.

Sebab, Apotek K-24 menjadi salah satu bisnis waralaba yang sudah berjalan selama belasan tahun. Tentu saja hal ini mengartikan bahwa masyarakat sudah percaya dengan Apotek K-24. Bahkan, selama perjalanannya, kini Apotek K-24 sudah berhasil membuka lebih dari 680 gerai di seluruh wilayah Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang sudah dipercaya banyak orang. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat