Ingin Sukses? Lakukan Jenis-jenis Strategi Pemasaran Ini!

Ingin Sukses? Lakukan Jenis-jenis Strategi Pemasaran Ini!

Ingin Sukses? Lakukan Jenis-jenis Strategi Pemasaran Ini!

  • Feb 15, 2024

Walaupun sudah menjadi seorang pebisnis, tapi ternyata masih banyak pengusaha yang belum tepat dalam melakukan strategi pemasaran, lho. Hal ini karena menyusun strategi pemasaran memang tidak mudah dan membutuhkan modal yang tinggi, apalagi jenis-jenis strategi pemasaran ini banyak sekali. Jadi, Anda sebagai pebisnis lebih baik mengenali strategi pemasaran lebih dalam lagi.

Dengan memahami strategi pemasaran, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi pasar yang sebenarnya. Ini tentu sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda karena penjualan akan tepat sasaran dengan target yang sudah ditentukan. Tanpa adanya strategi pemasaran, bisnis Anda tidak akan dikenal masyarakat dan melakukan pembelian.

Jenis-jenis Strategi Pemasaran

Pada dasarnya, strategi pemasaran adalah sebuah rencana terstruktur yang berisikan tentang bagaimana mengenalkan produk/jasa kepada masyarakat. Strategi ini ada untuk memastikan bahwa produk/jasa yang Anda tawarkan bisa sampai ke target secara efektif.

Oleh karenanya, strategi pemasaran ini sangat penting untuk kesuksesan suatu bisnis, khususnya bisnis apotek dan jenis bisnis lainnya. Selain itu, menyusun strategi pemasaran juga memerlukan kreatif dan keunikan agar bisa menarik perhatian masyarakat.

Sayangnya, kreativitas ini perlu dibagi dalam berbagai bidang pemasaran karena banyak bentuk pemasaran yang bisa digunakan. Berikut adalah jenis-jenis strategi pemasaran yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis Anda:

Social Media Marketing

Di era digital ini, internet sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, melakukan internet marketing menjadi sangat penting, khususnya melalui media sosial. Menurut sebuah data, lebih dari 60% penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial.

Ada banyak situs media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran, seperti Instagram, Facebook, X, TikTok, dan lain sebagainya. Melihat cakupannya yang cukup luas, Anda perlu membangun brand yang kuat terlebih dahulu, ya, agar bisa tepat sasaran.

Search Engine Marketing

Memanfaatkan search engine optimization (SEO) bisa membantu Anda dalam melakukan pemasaran dan branding sekaligus, lho. Mengapa bisa demikian? SEO akan menghasilkan traffic yang bersifat organik. Artinya, konsumen lah yang mencari bisnis Anda bukan Anda yang mencari konsumen.

Melalui SEO ini Anda bisa menyiapkan konten yang sesuai dengan sasaran dan identitas produk/jasa. Namun, sebelumnya Anda perlu membuat konten yang sesuai dengan spesifikasi agar bisa tepat sasaran. Sayangnya, cara ini membutuhkan waktu yang cukup panjang tapi hasilnya bisa bertahan lama.

Iklan Berbayar

Jenis-jenis strategi pemasaran yang selanjutnya ini berupa iklan berbayar yang dapat dipasang di mana saja, entah secara online atau offline. Pemasaran dengan iklan termasuk sangat efektif karena bisa langsung sampai ke masyarakat.

Namun, untuk melakukan iklan, tentu saja Anda membutuhkan biaya yang cukup dalam masa waktu tertentu. Cara yang satu ini sangat efisien untuk meningkatkan nilai penjualan, lho. Jadi, dalam membuat konten untuk iklan ini tidak boleh main-main, ya.

Earned Media

Public relation dengan earned media di Indonesia juga bisa menjadi jenis-jenis strategi pemasaran yang selanjutnya. Contoh dari earned media ini banyak sekali, misalnya testimoni di media sosial, pembicaraan dari mulut ke mulut, pembicaraan lewat tv atau radio, dan lain sebagainya.

Earned media adalah media yang didapatkan secara gratis dan diperoleh secara cuma-cuma, bisa dibilang organik. Hal ini tentu bisa meningkatkan nama baik produk/jasa yang Anda tawarkan.

Program Soft Opening atau Grand Opening

Hanya menggunakan dunia digital saja tidak cukup, lho, dalam melakukan pemasaran. Anda juga perlu mengenalkan produk/jasa dengan cara offline, yaitu membuat acara Soft Opening atau Grand Opening. Melalui acara ini, Anda akan mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat sekitar dengan cara langsung. Jenis-jenis strategi pemasaran ini sangat penting agar masyarakat sekitar sadar bahwa Anda sudah hadir di lingkungan mereka.

Ingat, ya, semua jenis pemasaran di atas sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda. Jadi, Anda perlu membentuk tim yang dapat menangani semuanya secara bersamaan. Hal ini sebenarnya tidak akan menjadi masalah besar jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24.

Sebab, Anda akan mendapatkan dukungan penuh ketika memilih franchise Apotek K-24 sebagai bisnis Anda, salah satunya dalam melakukan strategi pemasaran. Caranya sangat mudah, lho, Anda tinggal menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 apabila Anda tidak ingin memulai bisnis dari nol. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang jenis-jenis strategi pemasaran, semoga dapat bermanfaat! 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat