Apa itu WhatsApp Business? Pentingkah untuk Berbisnis?

Apa itu WhatsApp Business? Pentingkah untuk Berbisnis?

Apa itu WhatsApp Business? Pentingkah untuk Berbisnis?

  • March 06, 2024

Dewasa ini, banyak orang sudah menjalankan bisnis dengan dua cara, yaitu offline dan online. Berbisnis dengan cara online ini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah WhatsApp Business atau yang sering disebut dengan WA bisnis oleh orang Indonesia. Apabila banyak digunakan, sebenarnya apa itu WhatsApp Business dan apa saja fitur-fiturnya?

Berbagai inovasi berjalan dengan cepat dalam dunia bisnis dan digital. Kini sudah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk mendukung sebuah bisnis, mulai dari website dan media sosial, seperti Instagram, X, TikTok, hingga WhatsApp Business. Hal ini sangat diusahakan karena bisa menunjang penjualan yang nantinya akan berakhir pada peningkatan omzet bisnis.

Apa itu WhatsApp Business?

Pada dasarnya, WhatsApp Business atau WA Bisnis adalah sebuah aplikasi yang dirancang secara khusus agar perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui platform WhatsApp. Aplikasi yang satu ini dikembangkan pada tahun 2018 dengan beberapa kelebihan.

Salah satunya keunggulan dari WA Bisnis adalah memberikan komunikasi yang lebih efisien dan mudah bagi pemilik bisnis dengan pelanggan. Ini tentu saja akan meningkatkan pelayanan bisnis sehingga pelanggan bisa puas dan mau untuk melakukan pembelian.

Terdapat dua jenis WhatsApp Business yang bisa digunakan. Pertama, WA bisnis standar yang bisa di-download melalui smartphone. Kedua, WA bisnis API yang bisa didapatkan jika Anda sudah bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp.

Banyak sekali yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan apa itu WhatsApp Business ini. Contohnya saja mengirim banyak pesan secara bersamaan ke nomor berbeda, membuat daftar kontak, dan juga memperluas jangkauan bisnis Anda dengan lebih efektif. Kendati demikian, tetap ada kelebihan dan kekurangan dari WA Bisnis yang perlu Anda waspadai, lho.

Fitur dalam Whatsapp Business

Keunggulan dari apa itu WhatsApp Business ini tentu saja hadir dari berbagai fitur yang ditawarkan. Fitur WA bisnis yang lebih lengkap ini akan Anda dapatkan jika Anda sudah memiliki WhatsApp Business API. Berikut beberapa fitur WhatsApp Business yang bisa menguntungkan bisnis Anda:

  • Centang hijau WhatsApp, yang bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen.

  • Chatbot Autoresponder, sebuah balas pesan otomatis di luar jam kerja.

  • WhatsApp Multi User, di mana satu nomor WA bisa diakses beberapa orang sekaligus sehingga respon bisa lebih cepat.

  • Broadcast (Blast WhatsApp), mengirim ribuan pesan secara serentak.

  • Personalisasi pesan, untuk menambah kedekatan dengan pelanggan.

  • Terintegrasi CRM, membangun hubungan dengan pelanggan dan mengelola semua informasi.

  • Alokasi agen, memberikan pesan masuk kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.

  • Laporan analitik, yang bisa menampilkan pencapaian kerja tim dan data konsumen.

  • Katalog, membantu dalam menampilkan produk-produk yang Anda tawarkan sehingga pelanggan mudah untuk memilihnya.

Melihat penjelasan singkat mengenai apa itu WhatsApp Business dan fitur-fitur di dalamnya, agaknya membuat aplikasi ini sayang kalau ditinggalkan. Anda sebagai pebisnis tentu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan aplikasi ini.

Contohnya saja Apotek K-24, di mana setiap gerai yang ada di Indonesia pasti menggunakan WA Bisnis untuk meningkatkan pelayanan. Dengan WA Bisnis ini, konsumen bisa memesan produk-produk yang ada di Apotek K-24, lho. Jadi, pelanggan tidak perlu datang ke Apotek K-24 langsung.

Hal ini tentu membuat pelayanan kefarmasian dan pemenuhan kebutuhan konsumen menjadi lebih cepat. Nah, keunggulan-keunggulan ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma kalau Anda berbisnis menggunakan franchise Apotek K-24, lho.

Sebuah bisnis yang memudahkan franchisee dengan memberikan dukungan penuh, seperti strategi marketing, IT, rekrutmen pegawai, perizinan, pembangunan gerai, stok obat, dan lain-lain. Kalau tertarik, langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang apa itu WhatsApp Business dan fitur-fitur lengkap di dalamnya, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat