Financial Check Up Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Financial Check Up Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Financial Check Up Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

  • Sept 23, 2023

Financial check up adalah salah satu cara atau kebiasaan penting ketika Anda mengelola suatu bisnis, apalagi bisnis apotek. Keuangan menjadi bagian yang sangat esensial untuk keberlangsungan bisnis apotek. Sebab, pengelolaan keuangan yang buruk menjadi alasan banyak bisnis yang gulung tikar. Jadi, menerapkan financial check up adalah kewajiban bagi semua pebisnis jika ingin bisnisnya berkembang.

Seperti layaknya kesehatan tubuh, Anda pasti perlu untuk rutin cek kesehatan (medical check up) agar keadaan tubuh bisa termonitor dengan baik. Begitu pula dengan finansial sebuah bisnis, rutin memeriksakan keadaan keuangan adalah sebuah disiplin dan inisiatif yang baik. Meskipun demikian, masih banyak pengusaha yang mungkin lupa atau tidak tahu betapa pentingnya financial check up ini.

Financial Check Up Adalah…

Pada umumnya, setelah selesai mengelola keuangan secara keseluruhan, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi apakah kondisi keuangan tersebut wajar dimiliki. Kebiasaan ini berguna untuk mendapatkan apakah keuangan perusahaan termasuk ideal atau tidak.

Walaupun keuangan terlihat ideal, tapi tidak salah untuk selalu mengecek pengaturan tabungan dan aset yang dimiliki. Sebab, rutin melakukan cek keuangan ini nantinya bertujuan untuk mencapai financial freedom dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

Singkatnya, keuangan yang sehat merupakan kondisi di mana jumlah aset lebih banyak daripada utang perusahaan. Untuk mencapai itu semua, pastinya dibutuhkan financial check up secara berkala.

Menurut Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu), financial check up adalah upaya pemeriksaan keadaan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Financial check up ini sebenarnya bertujuan untuk mengulas keadaan keuangan lebih lanjut dalam kurun waktu 12 bulan.

Selain itu, juga melihat apakah keuangan bisnis Anda masih dalam jalur yang tepat dalam rencana pengelolaan keuangan. Biasanya ada beberapa yang perlu dicek ketika melakukan pemeriksaan keuangan ini, mulai dari pemasukan, pengeluaran, harta, utang, aset, investasi, rasio aset lancar, dan juga rasio menabung.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memastikan bahwa kondisi dana darurat masihlah aman. Kebiasaan financial check up ini sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan jasa dari financial advisor.

Manfaat Financial Check Up

Pada dasarnya, financial check up menjadi kegiatan yang baik untuk dilakukan karena memberikan banyak manfaat pada perkembangan bisnis. Sebab, melalui financial check up, Anda bisa melihat apakah kondisi keuangan sehat atau tidak.

Oleh karena itu, manfaat financial check up adalah sebagai berikut:

  • Mengontrol pengeluaran agar tidak sia-sia.

  • Mengetahui kondisi keuangan secara pasti.

  • Membantu dalam mengambil keputusan terhadap strategi bisnis yang akan dilakukan.

  • Menyiapkan tabungan atau investasi untuk keperluan bisnis di masa depan.

Cara Melakukan Financial Check Up

Melakukan financial check up tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, dalam melakukannya, Anda perlu paham dengan pasti mengenai dasar-dasar keuangan. Pada umumnya, cara melakukan financial check up adalah sebagai berikut ini:

  • Tentukan tujuan atau kebutuhan melakukan financial check up.

  • Cek semua pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

  • Cek jumlah utang dan tanggungan.

  • Periksa jumlah aset dan investasi.

  • Cek penggunaan asuransi.

  • Cek ketersediaan dana darurat.

  • Evaluasi keuangan dan buat rancangan anggaran.

Melalui penjelasan di atas, bagi Anda yang sedang mengelola bisnis agaknya melakukan financial check up perlu rutin dilakukan. Namun, jika masih bingung dengan financial check up untuk bisnis yang Anda buka, maka pilih untuk menggunakan franchise Apotek K-24 saja.

Sebab, bergabung dengan franchise Apotek K-24, Anda akan mendapatkan edukasi tentang cara-cara pemeriksaan keuangan yang baik. Jadi, Anda tidak dalam mengelola bisnis dan melakukan financial check up.

Caranya mudah sekali, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang financial check up adalah dan apa saja manfaatnya, semoga bermanfaat.  

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat