4 Tujuan Melakukan Riset Pasar, Vital untuk Keberhasilan Bisnis

4 Tujuan Melakukan Riset Pasar, Vital untuk Keberhasilan Bisnis

4 Tujuan Melakukan Riset Pasar, Vital untuk Keberhasilan Bisnis

  • Jan 11, 2024

Sebagai seorang pebisnis atau orang yang ingin memasuki dunia bisnis mungkin Anda sudah sering mendengar kata “riset pasar”. Kata tersebut sangat sering disebutkan dan disarankan ketika Anda ingin merintis sebuah bisnis atau mengeluarkan produk baru. Jika demikian, apa sebenarnya riset pasar dan apa sih tujuan melakukan riset pasar untuk kebutuhan bisnis?

Ketika Anda memulai sebuah bisnis tanpa melakukan riset terlebih dahulu, maka kemungkinan besar Anda tidak akan berhasil. Sebab, Anda tidak melihat keadaan pasar terlebih dahulu sehingga produk/jasa yang Anda produksi bisa saja tidak cocok dengan kebutuhan masyarakat. Hal inilah yang membuat kegiatan riset sangat penting karena dapat mempengaruhi keberhasilan Anda di masa depan.

Tujuan Melakukan Riset Pasar

Pada dasarnya, riset pasar adalah sebuah kegiatan untuk mencari tahu atau informasi tentang bagaimana perilaku konsumen terhadap produk/jasa yang direncanakan. Melalui riset pasar ini, Anda akan mampu untuk memproyeksikan apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen di masa sekarang ada masa depan.

Riset pasar tidak hanya dilakukan sebanyak satu kali atau satu hari saja. Walaupun Anda sudah memiliki bisnis yang berjalan lancar, Anda tetap harus melakukan riset pasar pada periode tertentu. Sebab, melalui riset inilah Anda akan mengetahui keadaan nyata di lapangan.

Oh iya, terdapat beberapa tujuan melakukan riset pasar yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Melihat Apakah Produk sesuai Kebutuhan

Untuk mengetahui kecocokan produk dengan kebutuhan atau keinginan masyarakat, maka riset pasar jalan keluarnya. Kebutuhan atau keinginan masyarakat tidak selalu sama setiap masa, pasti bisa mengalami perubahan.

Nah, perubahan inilah yang membuat Anda perlu beradaptasi dan berinovasi agar bisnis Anda masih tetap relevan dengan tren dan kebutuhan. Jika produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan, nilai penjualan pun akan meningkat dengan mudah.

Menentukan Strategi Pemasaran

Menurut sebuah buku, riset pasar adalah salah satu teknik pemasaran yang berfokus pada kapasitas pesaing, tren ekonomi, teknologi, struktur pasar, dan lain-lain. Oleh karena itu, tujuan melakukan riset pasar yang selanjutnya adalah menentukan atau meningkatkan strategi pemasaran yang cocok.

Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menarik perhatian konsumen, apalagi jika Anda masih menjadi pemain baru di dunia bisnis. Sebab, hasil riset pasar dapat menjadi bahan untuk mengambil keputusan dalam menentukan strategi pemasaran.

Menentukan Harga Jual yang Kompetitif

Harga jual yang kompetitif tentu menjadi hal yang disukai konsumen. Jika Anda menjual produk dengan harga yang terlalu murah, konsumen bisa saja curiga. Sebaliknya, ketika Anda menjual produk dengan harga yang terlalu tinggi, maka konsumen bisa malas atau terintimidasi dan tidak jadi membeli.

Melalui riset pasar yang dilakukan, Anda bisa melihat bagaimana daya beli masyarakat terhadap produk/jasa. Alhasil, Anda akan lebih mudah dalam menentukan harga jual.

Mengidentifikasi Masalah di Lapangan

Tujuan melakukan riset pasar yang selanjutnya adalah mengetahui apa saja permasalahan yang sedang atau bisa terjadi di lapangan. Pada dasarnya, riset adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penyajian data secara sistematis.

Artinya, melalui riset pasar Anda akan mengetahui bagaimana keadaan lapangan yang sebenarnya. Tidak hanya perubahan perilaku masyarakat tapi Anda juga akan menemukan berbagai masalah yang ada di lapangan.

Nah, itu dia beberapa tujuan melakukan riset pasar yang harus diketahui. Melakukan riset pasar harus dilakukan jika Anda ingin membangun bisnis apa saja, termasuk bisnis apotek. Apabila Anda menganggap riset pasar ini membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar, maka Anda bisa beralih pada bisnis franchise, khususnya franchise Apotek K-24.

Umumnya, bisnis franchise menawarkan brand yang sudah besar dan memiliki pasarnya sendiri. Bahkan, sudah ada tim pendukung yang akan melakukan riset pasar untuk bisnis Anda seperti halnya Apotek K-24.

Nah, bila Anda penasaran dengan bisnis franchise Apotek K-24 ini, Anda bisa langsung menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat