Software untuk Apotek, Apa Saja Manfaatnya untuk Bisnis?

Software untuk Apotek, Apa Saja Manfaatnya untuk Bisnis?

Software untuk Apotek, Apa Saja Manfaatnya untuk Bisnis?

  • Nov 03, 2023

Mengelola apotek ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, Anda tidak hanya mengurus stok obat saja, tapi juga pencatatan penjualan dan lain sebagainya. Saking banyaknya yang dikelola, terkadang banyak pegawai yang lalai dalam mengurusnya. Jika demikian, software untuk apotek mungkin sangat dibutuhkan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Memanfaatkan teknologi dan informasi untuk mendorong perkembangan bisnis menjadi suatu hal yang sudah biasa di era digital. Dewasa ini, banyak bisnis-bisnis yang mengembangkan aplikasi atau software-nya sendiri untuk keberlangsungan bisnisnya. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis apotek, bisnis fashion, dan lain sebagainya kini mempunyai software-nya sendiri.

Software untuk Apotek, Apa Manfaatnya?

Mengelola apotek secara manual memang tidak ada salahnya, asal karyawannya mau dan sudah ahli. Namun, pengelolaan yang dilakukan secara manual kadang kala memiliki banyak risiko, seperti tidak rapi, tidak akurat, terjadi kesalahan data, dan juga memusingkan untuk yang mengaturnya.

Jika hal tersebut terjadi terus-menerus nantinya bisa mempengaruhi pelayanan di apotek dan perkembangan bisnis. Oleh karena itu, kini sudah ada perkembangan teknologi yang bisa membantu dalam mencari jalan keluar tersebut.

Contohnya saja software khusus yang ada pada komputer di apotek untuk memudahkan pengelolaan apotek. Berikut adalah beberapa manfaat software untuk apotek yang tidak boleh Anda lewatkan:

Transaksi Pasti Tercatat

Setiap hari pada sebuah bisnis pasti tidak hanya terjadi 1 atau dua transaksi saja. Oleh karena itu, Anda perlu alat untuk bisa mencatat semua transaksi yang terjadi. Anda bisa memanfaatkan software untuk mencatat semua transaksi dengan rapi, mulai dari pembelian, penjualan, perpindahan stok, dan jenis transaksi lainnya.

Pemantauan Performa Apotek Lebih Mudah

Ketika Anda memiliki pencatatan penjualan, perpindahan stok, pembelian stok, dan lain-lainnya, maka Anda akan memiliki data yang jelas juga akurat. Anda sebagai pebisnis pun bisa memantau performa apotek dengan mudah. Pengecekan jumlah omzet, profit, hingga status persediaan bisa Anda lakukan secara realtime jika menggunakan software.

Pengelolaan Stok Lebih Efektif

Manfaat software untuk apotek yang selanjutnya ini ada di bagian pengelolaan persediaan obat atau alat kesehatan. Pengendalian dan pengadaan produk kadang kala menjadi permasalahan yang paling utama dalam bisnis apotek, padahal sediaan obat adalah produk utama dalam bisnis apotek.

Menggunakan sebuah software, Anda bisa melakukan perencanaan, menilai siklus penjualan, mendeteksi produk yang dekat ED. Alhasil, persediaan apotek bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Laporan Menjadi Rapi dan Akurat

Jika pencatatan penjualan dan pergerakan produk bisa dilakukan dengan rapi, maka pembuatan laporan pun menjadi lebih mudah dan akurat. Adanya software membuat laporan lebih mudah karena akan terintegrasi langsung dengan transaksi setiap hari. Jadi perhitungan dan pengumpulan data tidak perlu manual untuk membuat sebuah laporan.

Menyusun Strategi Lebih Mudah

Keberadaan software untuk apotek ini juga bisa digunakan ketika menyusun strategi bisnis di masa depan. Jika pencatatan hingga laporan bisa dibuat secara otomatis, maka Anda sebagai pebisnis mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan analisis dan pembuatan strategi bisnis.

Data-data yang dibuat menggunakan software tadi bisa menjadi bahan dan dasar dalam menyusun strategi. Artinya, pengambilan keputusan terkait bisnis pun bisa dilakukan dengan cepat.

Melihat penjelasan di atas, keberadaan software untuk apotek ini ternyata sangat penting ya untuk keberlangsungan bisnis apotek. Sayangnya membuat software untuk bisnis sendiri ini lumayan sulit karena Anda membutuhkan seseorang yang ahli di bidang IT.

Namun, jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24, maka Anda akan mendapat dukungan penuh, termasuk IT, software, dan komputer di dalamnya. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing untuk membuat software sendiri. Sebab, Apotek K-24 sudah memiliki software sendiri yang bisa mempermudah Anda dalam mengelola bisnis Apotek.

Apotek K-24 memiliki software yang bernama OKSOFT di mana sudah terintegrasi pada seluruh komputer yang ada di setiap gerai apotek. Jadi, tidak usah ragu-ragu lagi untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat