5 Usaha yang Aman saat Resesi, Mulai Bisnis dari Sekarang!

5 Usaha yang Aman saat Resesi, Mulai Bisnis dari Sekarang!

5 Usaha yang Aman saat Resesi, Mulai Bisnis dari Sekarang!

  • Jan 16, 2024

Resesi memang menjadi ancaman untuk semua pihak, bahkan bagi para buruh atau ibu rumah tangga sekalipun. Sebab, resesi ekonomi ini membuat sebuah negara mengalami pelemahan ekonomi pasca adanya konflik, politik, adanya ancaman seperti pandemi, dan lain sebagainya. Jika sudah demikian, kira-kira apa saja usaha yang aman saat resesi dan cocok untuk dimanfaatkan untuk masa depan?

Berdasarkan laman OJK (Otoritas Jasa Keuangan), resesi ekonomi adalah memburuknya kondisi ekonomi suatu negara. Hal ini biasanya dilihat dari menurunnya PDB, angka pengangguran meningkat, dan pertumbuhan ekonomi riil yang bernilai negatif selama dua kuartal. Kondisi ini bisa terjadi di berbagai negara di dunia, apalagi ketika mengalami pandemi COVID-19 lalu.

Usaha yang Aman saat Resesi

Resesi ekonomi bisa berbahaya karena akan berimbas pada peningkatan harga-harga kebutuhan masyarakat. Bahkan, pada beberapa keadaan, suatu negara bisa mengalami kelangkaan pangan dan energi. Kondisi ini tentu membuat kondisi perekonomian negara menjadi tidak pasti.

Bahkan, masyarakat bisa saja menjadi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini tentu bisa teratasi bila Anda memiliki sebuah bisnis yang bisa menghasilkan pendapatan dengan stabil. Nah, berikut adalah beberapa jenis usaha yang aman saat resesi:

Jual Produk Digital

Dewasa ini, produk-produk digital sedang naik dan dibutuhkan banyak orang karena perubahan kebiasaan pada masyarakat. Pada dasarnya, produk digital adalah produk yang diperjualbelikan dalam bentuk digital, seperti aplikasi, software, dan produk-produk yang hanya bisa diakses melalui gadget atau alat elektronik.

Meskipun pembuatannya membutuhkan orang yang ahli tapi produk digital sangat laku di pasaran luas. Selain sangat dibutuhkan, produk digital juga memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Buka Warung Kopi (Coffee Shop)

Tren minuman kopi semakin berkembang sejalan dengan kebiasaan minum kopi yang tak pandang umur. Coffee shop di Indonesia selalu ramai oleh pembeli karena kebiasaan masyarakat yang suka bersantai sambil menikmati kopi, bekerja, atau sekadar hangout. Walaupun sangat menjanjikan, Anda perlu berkreasi dan berinovasi agar tidak kalah dalam persaingan.

Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian

Peluang usaha yang aman saat resesi selanjutnya adalah bisnis makanan dan minuman kekinian. Sebab, makanan dan minuman menjadi kebutuhan dasar setiap orang untuk bisa hidup. Jadi, walau konsumen dalam keadaan hemat sekalipun, mereka pasti harus “jajan” agar dapat meneruskan hidup.

Kendati demikian, Anda perlu membuat sebuah bisnis makanan yang unik tapi bisa memenuhi ekspektasi konsumen. Sebab, bisnis kuliner ini memiliki persaingan yang cukup ketat.

Budidaya & Pertanian

Semakin berkembangnya zaman, semakin sedikit anak muda yang tertarik dengan budidaya dan pertanian. Padahal usaha di bidang pertanian dan budidaya sangat dibutuhkan karena bahan-bahan makanan datangnya dari bisnis tersebut, seperti sayuran, ternak ayam, ternak ikan, dan lain-lain. Jika bisnis ini berkembang, maka harga-harga bahan makanan di dalam negeri juga akan terjangkau.

Bisnis Franchise Apotek K-24

Membuka bisnis di bidang apotek tidak akan terlekang oleh waktu dan menjadi usaha yang aman saat resesi. Sebab, kebutuhan untuk sehat pasti dibutuhkan masyarakat di masa lalu, sekarang, atau masa depan. Bahkan, kini perilaku masyarakat saat sedang mengalami keluhan kesehatan, mereka akan pergi ke apotek terlebih dahulu untuk mendapatkan obat.

Jadi, tidak heran jika bisnis apotek di Indonesia ini selalu berkembang setiap tahunnya, termasuk Apotek K-24. Anda sebagai pebisnis sangat bisa bila ingin berbisnis bersama Apotek K-24, lho. Caranya sangat mudah, tinggal hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24  untuk mendapatkan bisnis anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

 Demikian ulasan tentang usaha yang aman saat resesi, semoga dapat bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat