4 Cara Memenangkan Persaingan Bisnis, Vital untuk Cegah Kerugian

4 Cara Memenangkan Persaingan Bisnis, Vital untuk Cegah Kerugian

4 Cara Memenangkan Persaingan Bisnis, Vital untuk Cegah Kerugian

  • Jan 09, 2024

Persaingan bisnis memang tidak bisa dihindari karena jumlah pelaku bisnis di Indonesia ini banyak sekali. Oleh karena itu, tidak heran jika dari persaingan bisnis ini ada pihak yang bisnisnya lancar tapi ada juga pihak yang justru mengalami gulung tikar. Oleh karena itu, dalam menghadapinya Anda memerlukan beberapa cara memenangkan persaingan bisnis yang bisa dilakukan kapan saja.

Tidak peduli bisnis produk atau jasa dan seperti apa keadaan pasar tapi persaingan dalam dunia bisnis pasti selalu ada. Tentu saja dalam menghadapi berbagai halangan ini, Anda perlu mencari pebisnis yang handal. Sebab, tanpa strategi yang baik, Anda bisa saja kehilangan bisnis yang sudah dikelola atau sedang dirintis karena tidak mampu menghadapi persaingan yang ada.

Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis sebenarnya hal yang wajar terjadi, entah dalam bisnis offline atau online sekalipun. Pada satu sisi, persaingan bisnis akan mendorong Anda sebagai pebisnis untuk terus berinovasi dan berkembang. Namun, menghadapi persaingan bisnis juga terasa begitu mengintimidasi.

Jadi, penting rasanya untuk mempertahankan posisi atau justru jauh lebih unggul daripada kompetitor lainnya. Nah, berikut adalah beberapa langkah dalam menghadapi persaingan bisnis dan menjadi pemenangnya:

Menyediakan Pelayanan yang Terbaik

Cara memenangkan persaingan bisnis yang pertama adalah dengan memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Melalui pelayanan inilah konsumen akan mendapatkan pengalaman terhadap bisnis Anda. Ketika konsumen memiliki pengalaman yang baik, mereka akan mengingat bisnis Anda dengan baik pula.

Jadi, kerahkan sumber daya Anda untuk mencari orang yang dapat memberikan pelayanan (customer service) dengan maksimal. Saat tim pelayanan ini mampu memenuhi ekspektasi yang diharapkan, maka citra perusahaan dan kepercayaan masyarakat pun akan meningkat.

Memasang Harga yang Kompetitif

Harga yang Anda tawarkan merupakan salah satu hal penting yang bisa membantu Anda dalam memenangkan persaingan. Sebab, besaran harga ini nantinya menjadi peranan utama pada konsumen untuk memutuskan akan membeli atau tidak.

Oleh karena itu, dalam menentukan harga ini Anda perlu melakukan survey harga produk/jasa milik kompetitor. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengumpulkan berbagai informasi tentang keunggulan/kelemahan masing-masing produk/jasa. Melalui informasi ini, Anda bisa membentuk harga berdasarkan kelebihan atau kekurangan produk/jasa Anda.

Selalu Beradaptasi

Mau beradaptasi dengan tren juga teknologi menjadi cara memenangkan persaingan bisnis yang selanjutnya. Hal ini memaksa Anda harus mau untuk belajar terus agar inovasi yang diciptakan masih sejalan dengan tren masyarakat. Menurut beberapa penelitian, banyak brand yang tersingkir dari pasar karena tidak mampu beradaptasi dalam menghadapi persaingan.

Memenangkan Hati Para Pelanggan

Dalam memenangkan hati konsumen atau pelanggan ini bisa dengan berbagai cara. Selain dengan pelayanan dan kualitas produk/jasa, Anda juga bisa mengajak berkomunikasi secara aktif dengan pelanggan. Cara memenangkan persaingan bisnis yang satu ini terbilang efektif.

Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan berbagai teknologi, seperti website dan media sosial untuk membangun komunikasi. Melalui berbagai media ini, Anda bisa memberikan feedback langsung ketika konsumen memberikan saran atau kritik terhadap bisnis Anda.

Dengan memberikan feedback yang cepat dan membangun komunikasi interaktif, konsumen atau pelanggan akan merasa diperhatikan. Apabila pandangan pelanggan terhadap perusahaan Anda positif, maka citra bisnis Anda pun juga terbilang baik.

Nah, itu dia beberapa cara memenangkan persaingan bisnis yang bisa dilakukan pada jenis usaha apapun, khususnya bisnis apotek. Menghadapi persaingan bisnis memang terlihat menakutkan. Namun, Anda tidak akan sendiri jika menggunakan franchise Apotek K-24.

Saat berbisnis dengan Apotek K-24, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dalam menghadapi persaingan bisnis ini. Selain itu, brand Apotek K-24 juga sudah dikenal masyarakat lebih dari 20 tahun, jadi Anda tidak akan memulai bisnis dari nol.

Banyak sekali memang keuntungan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, tidak perlu ragu-ragu untuk menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat