Bisnis Gagal di Indonesia? Ini 4 Hal yang Perlu Diwaspadai!

Bisnis Gagal di Indonesia? Ini 4 Hal yang Perlu Diwaspadai!

Bisnis Gagal di Indonesia? Ini 4 Hal yang Perlu Diwaspadai!

  • Jan 10, 2024

Tidak semua bisnis yang berjalan di Indonesia pasti berakhir sukses dengan selalu menghasilkan omzet yang diinginkan tiap bulannya. Sebab, ada juga beberapa pebisnis yang harus menghadapi masalah besar lalu berakhir dengan kerugian atau kebangkrutan. Keadaan tersebut bisa terjadi karena banyak hal. Lalu apa saja penyebab bisnis gagal di Indonesia yang harus Anda antisipasi?

Bisnis gagal sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, baik pengusaha pemula atau pebisnis yang sudah berpengalaman sekalipun. Saking banyak terjadinya, kegagalan dalam berbisnis ini menjadi hal yang biasa dan bisa jadi pengalaman dan pelajaran. Sayangnya, tidak semua pebisnis bisa menerima saat bisnisnya tidak berjalan lancar dan sesuai dengan keinginannya.

Penyebab Bisnis Gagal di Indonesia

Meskipun banyak yang menyebutkan kegagalan adalah suatu kesuksesan yang tertunda. Namun. Anda perlu tahu bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa mendorong atau menyebabkan sebuah kegagalan dalam bisnis. Faktor-faktor ini bisa datang dari dalam perusahaan atau luar bisnis.

Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis harus bisa mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Melalui identifikasi sejak dini, Anda dapat membangung langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi tantangan yang ada.

Berikut adalah beberapa penyebab bisnis gagal di Indonesia yang perlu diwaspadai dengan baik:

Manajemen yang Kurang Baik

Inti dari menjalankan bisnis yang sedang berjalan biasanya akan disebut dengan manajemen. Manajemen ini tidak hanya berbicara mengenai keuangan saja, tapi juga pihak-pihak yang merencanakan, mengambil keputusan, dan juga pengatur sumber daya.

Jika manajemen yang mengatur ini tidak efektif dan efisien, maka bisnis yang Anda kelola pasti akan gagal di tengah jalan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tenaga ahli yang berpengalaman dan terpercaya untuk mengatur manajemen bisnis Anda. Selain itu, juga mengembangkan keterampilan dari manajemen itu sendiri.

Lokasi Bisnis Tidak Strategis

Bisnis produk/jasa dapat mengalami kebangkrutan dan kegagalan jika lokasi yang Anda pilih tidak strategis. Lokasi yang tidak strategis ini menjadi penyebab bisnis gagal di Indonesia yang dialami banyak orang. Sebab, lokasi berperan penting dalam bisnis yang mengandalkan interaksi langsung dengan konsumen.

Ketika lokasi tidak strategis, maka Anda tidak akan sulit dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Jadi, sebelum membangun bisnis, Anda harus melakukan analisis yang mendalam dalam memilih lokasi.

Tidak Berani Mengambil Risiko

Mengambil risiko memang menjadi momok yang menakutkan bagi para pebisnis pemula. Sebab, Keputusan yang berisiko dapat berakhir pada kegagalan. Namun, apa Anda tahu bahwa ketika Anda tidak berani bereksperimen dan mengikuti tren, maka bisnis akan tertinggal dan daya saing pun berkurang.

Beberapa penelitian yang membuktikan bahwa banyak brand terpaksa gulung tikar atau hilang daya saingnya saat tidak mau beradaptasi. Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan yang berisiko, Anda sebaiknya melakukan riset mendalam terlebih dahulu.

Strategi Marketing yang Kurang Efektif

Penyebab bisnis gagal di Indonesia yang selanjutnya adalah sistem pemasaran yang kurang efektif, bahkan tergolong tidak tepat sasaran. Melakukan pemasaran memang sangat penting untuk sebuah bisnis. Sebab, melalui kegiatan ini Anda bisa mengenalkan bisnis Anda pada masyarakat luas atau calon pelanggan.

Oleh karena itu, Anda harus membuat strategi pemasaran yang menarik, baik secara online maupun offline. Anda bisa memanfaatkan media sosial, website, iklan, dan media lainnya. Jika Anda sebagai pebisnis tidak bisa melakukan pemasaran dengan baik, maka bisnis Anda pasti akan langsung gagal.

Berbagai penyebab bisnis gagal di Indonesia di atas sebenarnya dapat diminimalisir apabila Anda menggunakan bisnis franchise, khususnya franchise Apotek K-24. Sebab, franchise merupakan sistem bisnis yang minim akan risiko tapi terjamin tidak akan gagal atau bangkrut.

Jadi, apabila Anda tertarik berbisnis dengan bisnis yang minim risiko, sebaiknya hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat