Apa yang Dimaksud Digital Marketing? Penting untuk Bisnis Apotek?

Apa yang Dimaksud Digital Marketing? Penting untuk Bisnis Apotek?

Apa yang Dimaksud Digital Marketing? Penting untuk Bisnis Apotek?

  • April 02, 2024

Dewasa ini, banyak pebisnis yang berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja dari digital marketing yang digadang-gadang bisa menyaring banyak konsumen. Bahkan, banyak juga yang hingga menyusun tim sendiri untuk mengelola digital marketing dan memenangkan persaingan pasar. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan digital marketing? Apakah perannya sangat penting?

Semakin hari dunia digital semakin masuk ke dalam aspek-aspek kehidupan masyarakat sehari-hari. Begitu pula dengan dunia bisnis yang kini tidak bisa dipisahkan antara usaha secara offline atau online. Sebab, banyak orang mengatakan Anda akan merugi jika tidak memanfaatkan fitur-fitur dunia digital secara optimal melihat pengguna internet di Indonesia ini sudah lebih dari 77% sendiri.

Apa yang Dimaksud Digital Marketing?

Jadi, tidak heran kalau promosi melalui internet atau yang sering disebut dengan digital marketing bukanlah hal yang aneh lagi di era digital. Seiring dengan perkembangan zaman, digital marketing juga terus berkembang dan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan spesifik.

Oleh karena itu, kini istilah digital marketing sudah sangat umum dan menjadi hal yang sayang kalau ditinggalkan. Bahkan, kini semua lapisan bisnis, baik dari bisnis mikro sampai bisnis besar sekalipun pasti menggunakan digital marketing sebagai bahan promosinya.

Jika demikian, sebenarnya apa yang dimaksud digital marketing?

Pada umumnya, digital marketing adalah kegiatan promosi atau pemasaran produk berupa jasa atau barang yang menggunakan media atau teknologi berbasis digital. Hal ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan yang menerapkan sistem bisnis berbasis internet agar bisa menjangkau pelanggan lebih luas.

Secara konten atau isi, digital marketing sebenarnya tidak beda jauh dengan pemasaran konvensional. Bedanya adalah kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan calon konsumen ini biasanya harus melalui internet.

Jadi, untuk melakukan digital marketing, Anda memerlukan teknologi seperti gadget, internet, dan berbagai aplikasi. Oleh karenanya apabila Anda ingin mengembangkan bisnis dengan cara digital, Anda perlu memahami seluk beluk tentang digital marketing.

Jenis Digital Marketing

Apa yang dimaksud digital marketing ini tentu saja tidak hanya berbicara tentang berjualan di media sosial atau website saja. Sebab, terdapat berbagai jenis digital marketing yang mana memiliki strategi marketing masing-masing. Berikut beberapa jenis digital marketing yang perlu diketahui:

  • Search Engine Marketing (SEM), pemasaran melalui mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan facebook. SEM terbagi menjadi SEO dan Pay-Per-Click di mana tujuannya untuk mengoptimasi konten agar bisa muncul di halaman pertama.

  • Influencer, melibatkan pihak lain untuk membantu memasarkan produk.

  • Content Marketing, yang melibatkan cara membuat, mengelola, dan memposting konten.

  • Email Marketing, dilakukan dengan mengirimkan informasi penting melalui email pelanggan.

  • Social Media Marketing, pemasaran melalui konten di media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, X, dan Youtube.

Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

Penggunaan berbagai jenis dari apa yang dimaksud digital marketing ini tentu saja membawa banyak manfaat untuk kepentingan bisnis. Sebab, seorang pebisnis tidak akan melakukan suatu hal yang tidak memberikan keuntungan bagi mereka. Nah, berikut manfaat dari digital marketing untuk perkembangan bisnis Anda:

  • Dapat melakukan penargetan pasar yang sesuai dengan preferensi pengguna terkait dengan segmen pasar dan produk yang ditawarkan.

  • Bisa melakukan evaluasi dan analisis pemasaran secara mudah.

  • Meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud digital marketing dan seberapa pentingnya untuk bisnis Anda, khususnya bisnis apotek. membangun digital marketing dari nol memanglah tidak mudah karena banyak hal yang perlu Anda pelajari.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berbisnis dengan jangkauan konsumen yang luas hasil dari digital marketing tanpa bersusah payah, maka gunakan saja franchise Apotek K-24. Caranya Anda tinggal menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat