4 Cara Mengatasi Kecurangan Kasir guna Menghindari Kerugian Besar

4 Cara Mengatasi Kecurangan Kasir guna Menghindari Kerugian Besar

4 Cara Mengatasi Kecurangan Kasir guna Menghindari Kerugian Besar

  • Feb 19, 2024

Kasir merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah bisnis apotek tapi juga rentan terjadi kecurangan. Sebab, kasir adalah tempat utama untuk keluar-masuk uang yang berasal dari transaksi jual-beli. Banyak pebisnis yang mengaku sering mengalami kehilangan uang karena oknum tidak bertanggung jawab. Lalu bagaimana cara mengatasi kecurangan kasir yang bisa terjadi kapan saja?

Kecurangan memang bisa terjadi di mana-mana, baik saat menjalani bisnis atau tidak. Namun, dunia bisnis terbilang banyak terjadi kecurangan karena menjadi tempat di mana uang atau kekayaan berkumpul. Oleh karenanya, tidak heran ketika Anda menjalankan bisnis dengan merekrut orang lain pasti terjadi kecurangan, baik yang disengaja atau tidak.

Cara Mengatasi Kecurangan Kasir

Kecurangan paling banyak terjadi biasanya pada bagian kasir atau persediaan produk. Sebab, dua bagian ini merupakan aset yang sangat terlihat dan paling mudah dimanipulasi. Jika tidak berhati-hati, kondisi ini dapat merugikan Anda sebagai pemilik bisnis, lho.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tata cara mengatasi atau mencegah kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pegawai. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Meningkatkan Keamanan Mesin

Tanpa adanya teknologi, Anda tidak bisa melakukan pemantauan jarak jauh. Jadi, kalau tidak mempunyai teknologi yang mencukupi, Anda hanya bisa memberikan kepercayaan pada karyawan. Berbeda keadaan jika Anda bisa mampu membeli teknologi berupa teknologi atau aplikasi.

Dengan aplikasi atau kamera cctv, Anda dapat melakukan pemantauan transaksi yang masuk dan keluar-masuk persediaan. Alhasil, keamanan akan lebih terjamin.

Rutin Memeriksa Uang Kas

Cara mengatasi kecurangan kasir yang selanjutnya adalah dengan memeriksa uang kas secara rutin. Uang kas merupakan uang yang paling rentan digelapkan, lho. Inilah mengapa penggunaan aplikasi bisa menjadi salah satu solusi agar pencatatan uang bisa dilakukan dengan tepat. Pemeriksaan keuangan pun juga menjadi lebih mudah.

Lakukan Audit Berkala

Selain melihat jumlah uang kas, Anda juga perlu melakukan audit berkala terhadap laporan keuangan dengan keadaan secara nyata. Selain itu, aktivitas transaksi juga perlu diaudit, mulai dari pembatalan transaksi, perubahan harga, perubahan waktu, pelanggaran sistem keamanan, dan penghapusan struk pembelian.

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Dalam upaya untuk cara mengatasi kecurangan kasir, sebagai pemilik bisnis Anda juga harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif. Langkah yang satu ini bisa dimulai dari semua orang, khususnya orang-orang berpengaruh.

Sebab, lingkungan yang sehat dan positif akan menciptakan komunikasi terbuka, kejujuran, juga keadilan. Selain itu, lingkungan positif membuat karyawan lebih nyaman untuk bekerja dan mengurangi rasa ingin berbuat curang.

Nah, berbagai langkah untuk mencegah kecurangan ini sebagian besar sudah diterapkan pada franchise Apotek K-24, lho. Apotek K-24 sudah memiliki teknologi berupa aplikasi yang mengatur semuanya, termasuk transaksi, keluar-masuk produk, laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Jadi, A nda tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi kecurangan kasir. Sebab, franchise Apotek K-24 ada memang untuk mempermudah masyarakat yang ingin berbisnis tapi bingung memulainya.

Apabila Anda tertarik dengan bisnis yang mudah dimulai dan dikelola, segera hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 apabila Anda tidak ingin memulai bisnis dari nol. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat