4 Cara Mengetahui Kecurangan Karyawan di Apotek, Cegah Kerugian!

4 Cara Mengetahui Kecurangan Karyawan di Apotek, Cegah Kerugian!

4 Cara Mengetahui Kecurangan Karyawan di Apotek, Cegah Kerugian!

  • Jan 29, 2024

Kecurangan karyawan menjadi masalah yang sangat sering dihadapi para pebisnis yang mengelola bisnis di bidang retail, khususnya apotek. Bisnis apotek agaknya rentan kecurangan karena nilai atau harga dari produk-produknya cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jika demikian, kira-kira bagaimana cara mengetahui karyawan di apotek agar tidak selalu rugi?

Menurut sebuah studi, kemungkinan karyawan berbuat kecurangan di toko retail ini mencapai 75%, lebih tinggi daripada orang luar. Hal ini tentu membuat Anda sebagai pebisnis perlu waspada dengan kemungkinan kecurangan yang dilakukan karyawan. Sebab, selain merugikan bisnis di masa sekarang, kecurangan juga dapat mempengaruhi perkembangan bisnis di masa depan.

Cara Mengetahui Kecurangan Karyawan di Apotek

Menurut konsep fraud triangle, ada tiga kondisi yang membuat munculnya kecurangan dalam bisnis, yaitu tekanan beban kerja, peluang, dan pembenaran atau rasionalisasi. Oleh karena itu, munculah beberapa jenis kecurangan, misalnya penyalahgunaan aset, pencurian data, korupsi, dan pembuatan laporan keuangan.

Semua kecurangan tersebut sama-sama merugikan bisnis Anda meski nilainya berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis perlu tahu bagaimana keadaan yang bisa menggambarkan bahwa sedang ada kecurangan di dalam bisnis Anda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Cek Jumlah Uang dan Persediaan Obat di Apotek

Apotek sangat identik dengan obat, alat kesehatan, dan produk kesehatan lainnya. Nilai dari produk-produk ini tentu cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Oleh karena itu, cara mengetahui kecurangan karyawan yang pertama adalah dengan selalu mengecek persediaan dan uang.

Mencuri uang mungkin akan terlalu terlihat karena ada bukti dari nota tapi berbeda keadaan dengan persediaan. Persediaan obat sangat rentan sehingga Anda perlu memadupadankan dengan jumlah penjualan dengan jumlah persediaan yang sebenarnya.

Hilang atau Berkurangnya Struk atau Invoice Penjualan

Nota penjualan biasanya dibuat untuk pembeli dan penjual. Nah, seorang kasir bisa memilih untuk tidak menyerahkan nota kepada pembeli agar pemilik bisnis tidak tahu biaya yang seharusnya dikeluarkan. Apabila suatu hari jumlah invoice tiba-tiba berkurang dalam jumlah banyak, maka kemungkinan ada kecurangan di apotek semakin besar.

Cari Tahu Berkurangnya Persediaan saat Program Promo

Cara mengetahui kecurangan karyawan yang selanjutnya bisa Anda lakukan saat program promo. Kebanyakan modus yang sekarang dilakukan adalah karyawan membeli produk-produk promo di apotek yang kemudian akan mereka jual sendiri pada orang lain.

Memanfaatkan promo yang seharusnya untuk pelanggan merupakan kecurangan yang kadang banyak pebisnis melewatkannya. Oleh karena itu, setiap mengadakan promo, Anda perlu melakukan pengawasan yang ketat.

Tidak Imbangnya Laporan Penjualan dengan Kenyataan

Membuat laporan keuangan yang berupa nilai penjualan dan keadaan sebenarnya terkadang sangat merepotkan. Hal ini membuat banyak pebisnis yang memilih untuk mempercayakan pembuatan laporan pada karyawan.

Padahal kondisi ini bisa menjadi ladang kecurangan dengan karyawan yang mengakali laporan, contohnya menambah jumlah pengeluaran dan mengurangi pemasukan. Oleh karena itu, cara mengetahui kecurangan karyawan yang selanjutnya ini dengan selalu mengecek laporan secara mandiri tanpa bantuan siapapun.

Kecurangan karyawan ini bisa terjadi di bisnis apa saja, baik bisnis kuliner, bisnis apotek, bisnis minimarket, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu bersikap aktif dalam mengelola bisnis agar segala kegiatan di toko bisa Anda awasi.

Dalam memudahkan pengelolaan dan pengawasan, Anda dapat beralih menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, Anda akan mendapatkan dukungan penuh, termasuk teknologi untuk pengawasan dan pihak-pihak yang selalu melaporkan aktivitas apotek.

Apabila tertarik, segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang cara mengetahui kecurangan karyawan, semoga dapat bermanfaat! 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat