Nota Penjualan Apotek: Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis

Nota Penjualan Apotek: Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis

Nota Penjualan Apotek: Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis

  • Jan 24, 2024

Setiap melakukan penjualan, Anda sebagai pemilik bisnis apotek pasti akan memberikan nota penjualan kepada konsumen. Begitu juga ketika Anda melakukan stok persediaan, maka Anda akan mendapatkan nota penjualan dari produsen. Nah, sebenarnya apa itu nota penjualan apotek dan apakah sangat penting untuk keberlangsungan bisnis apotek?

Sebagai pelaku bisnis, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nota penjualan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli sesuatu atau ketika Anda menjual sesuatu pada konsumen. Nota penjualan biasanya berbentuk kecil yang berisikan barang yang laku dan harganya. Meskipun bentuknya kecil, tapi keberadaan nota penjualan ini sangat penting bagi bisnis apotek Anda, lho.

Apa itu Nota Penjualan

Pada dasarnya, nota adalah bukti transaksi yang sah dan biasanya diberikan oleh penjual kepada pembeli setelah melakukan kegiatan jual beli. Nota penjualan apotek ini biasanya berisikan jumlah atau total harga yang dibeli, informasi produk/jasa yang dibeli, keterangan tambahan, dan lain sebagainya.

Umumnya, nota penjualan akan dibuat secara dua rangkap, di mana satu nota akan dipegang oleh konsumen dan satu nota lagi disimpan oleh pihak penjual untuk kebutuhan selanjutnya. Pembuatan nota bisa dibuat secara manual di kertas khusus, bisa juga dengan nota elektronik yang sudah banyak berkembang.

Nota elektronik sudah banyak digunakan karena adanya gerakan besar-besaran tentang pengurangan sampah kertas. Meskipun demikian, baik nota dalam kertas maupun nota dalam bentuk digital sama-sama sudah terbukti ke-sah-annya.

Nota Penjualan Apotek, Apa Pentingnya?

Melihat dari penjelasan nota di atas, agaknya nota pada bisnis apotek juga menjadi sangat penting. Sebab, nota apotek ini nantinya akan menjadi bukti sah, baik untuk konsumen atau Anda sebagai pemilik bisnis apotek.

Selain itu, ada beberapa fungsi dari nota penjualan apotek yang perlu diketahui, seperti:

  • Nota sebagai informasi dari obat atau produk kesehatan lainnya yang sudah terbeli oleh konsumen dan bisa menjadi pendataan untuk apotek sendiri.

  • Riwayat stok barang menjadi lebih jelas sehingga Anda akan lebih mudah membaca dan mencarinya.

  • Sebagai rujukan untuk pembukuan keuangan apotek dan bukti bahwa suatu produk sudah sah terjual.

  • Rujukan untuk pembukuan informasi suatu obat atau produk kesehatan lainnya bahwa stok obat sudah berkurang.

  • Bagi penjual, nota akan disimpan sebagai bukti transaksi apabila dibutuhkan tiba-tiba.

Membuat nota penjualan apotek ini bisa dipermudah jika Anda menggunakan aplikasi khusus untuk apotek Anda. Sayangnya, memilih aplikasi untuk membuat nota tidaklah semudah itu karena terkadang keamanannya tidak terjamin.

Berbeda keadaan jika Anda memilih untuk menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, Apotek K-24 memiliki aplikasi dan sistem teknologinya sendiri untuk mengatur nota dan data penjualan. Hal ini untuk mengantisipasi kebobolan data yang mungkin terjadi.

 Selain itu, Apotek K-24 juga memiliki tim IT sendiri yang bersedia untuk melakukan perbaikan dan perawatan jika diperlukan. Jika Anda tertarik berbisnis dengan Apotek K-24, hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat